MATERI AJAR
Hari/ tanggal : Kamis, 21 Januari 2021
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema : Pengalamanku
Sub Tema 3 : Pengalamanku di tempat bermain
Pembelajaran : 5
FOKUS PEMBELAJARAN
PPKn dan Bahasa Indonesia
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati teks puisi “Paman Datang”, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan berdiskusi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan mengamati teks puisi “Paman Datang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi 8dengan tepat).
Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.
Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat dengan baik.
APERSEPSI
Anak Sholeh dan sholehah, kemarin kita sudah belajar tentang alat ukur baku dan gerakan bunga mawar di taman. Disana anak anak juga bisa membuat tarian dari gerakan bunga mawar
untuk hari ini, anak -anak akan belajar mengenai puisi dan mengetahui kosakatanya
Selamat belajar anak sholeh dan sholehah
VIDEO PEMBELAJARAN :
https://www.youtube.com/watch?v=-94lvUjhAIo
Ringkasan Materi
Beni anak yang pandai. Beni selalu ditunjuk oleh guru. Sekarang, Beni ditunjuk oleh Ibu guru. Beni diminta membacakan puisi. Puisi dibacakan di depan kelas. Judul puisinya adalah “Paman Datang”
Perhatikan puisi di atas! Tuliskan kosakata baru. Kosakata yang kamu temukan diskusikan bersama temanmu. Carilah arti kosakata tersebut.
Beni dan temannya akan belajar PPKn. Satu kelas Beni akan belajar musyawarah. Musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Beni dan temannya perlu semangat kekeluargaan. Ternyata, musyawarah untuk memilih ketua kelas.
Bacalah teks berikut! Kamu baca dengan percaya diri.
Pemilihan Ketua Kelas
Pada hari ini kelas Beni bermusyawarah. Beni dan temannya musyawarah untuk menentukan ketua kelas. Musyawarah didampingi guru kelas. Berdasarkan hasil musyawarah, didapatkan dua orang siswa calon ketua kelas. Kedua orang siswa tersebut adalah Udin dan Edo. Selanjutnya, Beni dan temannya memilih ketua dan wakil ketua. Caranya dengan musyawarah lagi. Akhirnya yang terpilih Udin. Udin sebagai ketua kelas. Edo menerima dengan legowo.
Jawablah pertanyaan berikut!
Apa yang dilakukan Beni dan temannya?
Sebutkan nama calon ketua kelas yang terpilih!
Bagaimana hasil musyawarah yang dilakukan?
Apakah Edo menerima hasil pemilihan ketua kelas?
Mengapa kegiatan musyawarah perlu dilakukan? Berikan alasanmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar