MATERI
Kelas/Semester : II (Dua)/ 2
Tema : Pengalamanku
Sub Tema : Pengalamanku ditempat sekolah
Pembelajaran : 3 & 4
Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!
Before we come to our lesson Let's say Basmallah..
BIsmillahirrohmannirrohiim.
Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..
FOKUS PEMBELAJARAN : PPkn, dan Bahasa Indonesia,
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar Siti meminta maaf kepada Udin, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan benar.
2. Dengan menulis teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
3. Dengan mengamati gambar Beni dan Dayu sedang mengukur 4 batang bambu, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dengan tepat.
4. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
5. Denganmengamatigambarberbagaigerakan yang dilakukan Dayu, siswadapatmengidentifikasigerakbagiananggotatubuhdalambentuktarianmenggunakanpolalantaidenganbenar.
6. Dengan mengamati berbagai gambar alat ukur, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
7. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
8. Dengan mengamati berbagai gambar yang berkaitan dengan gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan musiknya benar.
9. Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk latihan menggunakan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan musiknya benar.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.5. Mencermatipuisianakdalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Daerah melaluitekstulis dan lisan
4.5. Membacakantekspuisianaktentangalam dan lingkungandalam Bahasa Indonesia denganlafal, intonasi, dan ekspresi yang tepatsebagaibentukungkapandiri.
3.6. Mencermatiungkapanmaaf dan tolongmelaluiteksdenganbudayasantunsebagaigambaransikaphiduprukundalamkemajemukanmasyarakat Indonesia
4.6. Menyampaikanungkapanungkapansantun( menggunakan kata maafatautolong) untukhidprukundalamkemajemukan.
Matematika
3.6. Menjelaskan dan menentukan Panjang (termasukjarak)berat dan waktudalamsatuanbaku, yang berkaitandengankehidupanseharihari.
4.6. Melakukanpengukuran Panjang (termasukjarak)berat dan waktudalamsatuanbaku, yang berkaitandengankehidupanseharihari.
Sbdp
3.3. mengenalgerakkeseharian dan alamdalam tari
4.3. Meragakangerakkeseharian dan alamdalam tari
APERSEPSI
Anak Sholeh dan sholehah, kemarin kita sudah belajar menceritakan kegiatan gotong royong. manfaat dari gotong royong antara lain pekerjaan yang berat akan terasa ringan. selain itu gotong royong dapat mempererat tali persatuan dan persaudaraan.
untuk hari ini, anak -anak akan belajar mengenai gerak bunga dan alat ukur baku dan tak baku.
Selamat belajar anak sholeh dan sholehah
VIDEO PEMBELAJARAN
https://www.youtube.com/watch?v=OLtcNaz24sg
Ringkasan Materi
Dapatkah kalian menuliscontohpermintaanmaaf.
Misalnya
Dayu :Maafkansaya Beni, sayatidaksengajamengotoribukumu.
Beni :tidakapaapa Dayu lain kali lebihhatihatilagiya.
Beni, Dayu, dan teman lain akan bermain. Mainan rangku alu. Permainan ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Secara nasional rangku alu disebut tongkat bambu. Untuk bermain rangku alu, membutuhkan empat batang tongkat bambu. Ukurannya sama panjang.
Beni pun mengukur panjang bambu. Panjang bambu diukur dengan meteran atau penggaris.
Meteran dan penggaris adalah alat ukur panjang benda. Meteran dan penggaris adalah ukuran baku.
Dayu membantu Beni mengukur panjang.
soal:
1. Untuk mengukur panjang benda digunakan? (Penggaris dan meteran)
2. 200 cm= .....m (200:100= 2 m)
Mencontohkan gerakan pohon cemara
Cobalahmembacapuisidibawahini
Memperagakangerakbungamawarditaman
TUGAS
Peragakan gerak bunga mawar di taman seperti gambar di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar