Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya
Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
A. Bahasa Indonesia
A.1. Wawancara
Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi
Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara
Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber
Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H
What (Apa): menanyakan kejadian
Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)
Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian
When (Kapan): menanyakan waktu kejadian
Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu
How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:
1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber
2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber
3. Fokus pada topik yang dibahas
4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara
Langkah Pelaksanaan Wawancara:
1. Menentukan topik yang akan dibahas
2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik
3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H
4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber
5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan
Langkah Menarasikan Wawancara:
1. Baca teks wawancara dengan cermat
2. Catat pokok-pokok isi wawancara
3. Buat pengantar ke arah isi wawancara
4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara
5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:
1. Sikap badan tegak dan percaya diri
2. Menguasai materi laporan hasil wawancara
3. Pelafalan kata tepat dan jelas
4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna
A.2. Teks Petunjuk
Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar
Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:
1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya
2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan
3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis
4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk
C. PPKN
Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban
Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab
Hak Anak di Rumah:
Mendapat kasih sayang dari orang tua
Mendapat perlindungan
Mendapat perhatian
Kewajiban Anak di Rumah:
Menjaga kebersihan rumah
Mematuhi nasihat orang tua
Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah
Hak Anak di Sekolah:
Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
Mendapatkan nilai hasil belajar
Kewajiban Anak di Sekolah:
Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
Menyerahkan SPP tepat waktu
Assalammualaikum
BalasHapusHafidz Alhabsyi Kusuma M
Kelas 4B SD Al Azhar 3
Hadir
Daftar kumpul tugas:
BalasHapus1. Hafidz 7.29
M. Fazlie Rabbi
BalasHapusKls. 4.B
SD Al - Azhar 3
Hadir
Assalamu'alaikum bu
BalasHapusAlfharis Adi Saputra
4B
SD Al Azhar 3
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusEvelin Allura Rivan
Kelas 4B SD AL AZHAR 3
Hadir
Assalamu'alaikum buk
BalasHapusAir Nakhla Ozora
4B
SD 3
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusAlfisya Shafira Vinanda
4B
SD3
Hadir
Assalamu'alaikum,
BalasHapusNama: Syauqi Hafuza Zahwan
Kelas:4B
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama : Alifah Nur Afifah
kelas : 4B
hadir ibu
Assalamualaikum
BalasHapusNama: M. faeyza Ashari
Kelas: 4B
SD Al-Azhar 3
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusNama: Pelangi filzah rori
Kelas: 4B
SD Al-Azhar 3
Hadir
M anando Dwi rafisky
BalasHapusHadir buk
Assalamualaikum ibu
BalasHapusBarraq Oemar El- Jundi
Assalamualaikum
BalasHapusNama : M.Favio Fausta Sandi
Kelas : 4 B
Al azhar 3
Hadir bu🙏