About

Jumat, 12 Mei 2023

Selasa

 Hari/Tanggal               : Selasa 23 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Pembelajaran              : Mereview tema 9

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Tujuan Pembelajaran

2.  Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulia!n

Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya 

Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi  dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....

A. Bahasa Indonesia

A.1. Wawancara

Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi


Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara


Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber


Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H


What (Apa): menanyakan kejadian


Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)


Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian


When (Kapan): menanyakan waktu kejadian


Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu


How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:


1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber


2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber


3. Fokus pada topik yang dibahas


4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara


Langkah Pelaksanaan Wawancara:


1. Menentukan topik yang akan dibahas


2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik


3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H


4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber


5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan

Langkah Menarasikan Wawancara:


1. Baca teks wawancara dengan cermat


2. Catat pokok-pokok isi wawancara


3. Buat pengantar ke arah isi wawancara


4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara


5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup


Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:


1. Sikap badan tegak dan percaya diri


2. Menguasai materi laporan hasil wawancara


3. Pelafalan kata tepat dan jelas


4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna


A.2. Teks Petunjuk


Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar


Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:


1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya


2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan


3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis


4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk


C. PPKN

Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban


Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab


Hak Anak di Rumah:


Mendapat kasih sayang dari orang tua

Mendapat perlindungan

Mendapat perhatian

Kewajiban Anak di Rumah:


Menjaga kebersihan rumah

Mematuhi nasihat orang tua

Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga

Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah

Hak Anak di Sekolah:


Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa

Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami

Mendapatkan nilai hasil belajar



Kewajiban Anak di Sekolah:



Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal

Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur

Menyerahkan SPP tepat waktu



14 komentar:

  1. Assalammualaikum
    Hafidz Alhabsyi Kusuma M
    Kelas 4B SD Al Azhar 3
    Hadir

    BalasHapus
  2. Daftar kumpul tugas:
    1. Hafidz 7.29

    BalasHapus
  3. M. Fazlie Rabbi
    Kls. 4.B
    SD Al - Azhar 3
    Hadir

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum bu
    Alfharis Adi Saputra
    4B
    SD Al Azhar 3
    Hadir

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Evelin Allura Rivan
    Kelas 4B SD AL AZHAR 3
    Hadir

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum buk
    Air Nakhla Ozora
    4B
    SD 3
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Alfisya Shafira Vinanda
    4B
    SD3
    Hadir

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum,
    Nama: Syauqi Hafuza Zahwan
    Kelas:4B

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum
    Nama : Alifah Nur Afifah
    kelas : 4B
    hadir ibu

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama: M. faeyza Ashari
    Kelas: 4B
    SD Al-Azhar 3
    Hadir

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama: Pelangi filzah rori
    Kelas: 4B
    SD Al-Azhar 3
    Hadir

    BalasHapus
  12. M anando Dwi rafisky
    Hadir buk

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum ibu
    Barraq Oemar El- Jundi

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Nama : M.Favio Fausta Sandi
    Kelas : 4 B
    Al azhar 3
    Hadir bu🙏

    BalasHapus

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...