MATERI
Kelas/Semester : II (Dua)/ 2
Tema : Pengalamanku
Sub Tema : Pengalamanku disekolah
Pembelajaran : 6
Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!
Before we come to our lesson Let's say Basmallah..
BIsmillahirrohmannirrohiim.
Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..
FOKUS
PEMBELAJARAN : PPKn, Bahasa Indonesia, dan
Matematika
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati teks puisi, “Kunang-Kunang”, siswa
dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat) dengan benar.
2. Dengan mendengarkan teman membaca puisi, siswa dapat
mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari
lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
3. Dengan mengamati kata yang belum dipahami, siswa dapat
mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan
yang diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan mengamati kolom huruf, siswa dapat mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar tentang suasana malam, siswa
dapat melihat kunang-kunang dengan baik.
6. Dengan mengamati berbagai gambar yang berkaitan dengan
sila ketiga Pancasila, siswa dapat menentukan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
7. Dengan menentukan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang
pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di sekolah dengan baik.
8. Dengan mengamati benda disekitarnya, siswa dapat
mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm
dan m) dengan benar.
9. Dengan mengukur benda disekitarnya, siswa dapat
menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.1 Mengidentifikasi
hubunganantara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati puisi
anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
4.5 Membacakan teks
puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan
menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
VIDEO PEMBELAJARAN :
https://www.youtube.com/watch?v=yGt60l2A8Zc
Ringkasan Materi
Beni anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah mengikuti lomba. Lomba
tingkat nasional. Beni mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca puisi dengan
tema “Alam.” Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!
Kunang-Kunang
Karya: A.T. Mahmud
Kunang-kunang, hendak ke mana
Kelap-kelip indah sekali
Gemerlap, bersinar
seperti bintang di malam hari
Kunang-kunang, terbang ke sini
Ke tempatku singgah dahulu
Kemari, kemari
Hinggaplah di telapak tanganku
Akhirnya, Beni mengikuti lomba. Beni sebagai wakil
dari sekolah. Peserta lomba dari berbagai sekolah.
Sekolah-sekolah dari seluruh daerah di Indonesia.
Warna kulit peserta berbeda.
Agama peserta juga berbeda.
Bahasa peserta juga berbeda.
Latihan:
Amati lima jari mu
Ukur panjang jarimu!
Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom
yang tersedia.
Hasil pengukuran panjang jari
No |
Nama Jari |
Panjang (cm) |
1 |
Ibu jari |
|
2 |
Jari telunjuk |
|
3 |
Jari tengah |
|
4 |
Jari manis |
|
5 |
Jari kelingking |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar