About

Selasa, 19 Januari 2021

Selasa, 19 Januari 2021

MATERI AJAR


Hari/ tanggal : Selasa, 19 Januari 2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Pengalamanku

Sub Tema 3 :  Pengalaman di Tempat bermain

Pembelajaran :  2




FOKUS PEMBELAJARAN :   PPkn, dan Bahasa Indonesia, 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan benar.

Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan benar.

Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.

Dengan mengamati gambar Beni dan teman-temannya berdiskusi sebelum bermain, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan tepat.

Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah dengan baik.

Dengan mengamati gambar variasi berpindah, siswa dapat menjelaskan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dengan benar.

Dengan mengamati gambar variasi melompat di atas kotak, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.




KOMPETENSI DASAR

PPkn

Menerimahubungangambarbintang, rantai, pohonberingin, kepalabanteng, dan padikapas dan silasila Pancasila sebagaianugrah Tuhan Yang Maha Esa

2.1 Bersikapbekerjasama, disiplin dan perduli, sesuaidenagsilasilaPancasila,dalam lambing negara Garuda Pancasila dalamkehidupanseharihari

3.1 Mengidentifikasihubunganantara symbol, dan silasila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasil”

4.1 Menjelaskanhubungangambar pada lambang negara dengansilasila Pancasila


Bahasa Indonesia

3.6 Mencermatiungkapanpermintaanmaaf dan tolongmelaluitekstentangbudayasantunsebagaigambaransikaphiduprukundalamkemajemukanmasyarakat Indonesia.

4.6 Mencapaiungkapanungkapansantun( menggunakan kata maaftolonguntukhiduprukundalamkemajemukan.



VIDEO PEMBELAJARAN


https://www.youtube.com/watch?v=RguQLKLMMwg

Ringkasan Materi

Sekarang adalah jam pelajaran olahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan ini dilakukan di lapangan.

Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.


Beni : “Lani, ayo tangkap bola operanku.”

Lani : “Aduh!” (operan Beni terlalu kuat. Akhirnya, mengenai kepala Lani)

Beni : “Maaf Lani, saya terlalu kuat melemparnya.”

Lani : “Tidak apa-apa Beni. Aku juga kurang siap menangkap operanmu.”

Beni : “Terima kasih Lani. Aku berjanji lain kali akan lebih hati-hati saat mengoper bola.”

Lani : “Ya... Beni. Ayo, lanjutkan permainan ini.”


Percakapandiatasadalahpercakapanpermintaanmaaf Beni terhadap Lani


Bacalah percakapan berikut dengan nyaring!


Beni : “Dayu, bolehkah saya pinjam penggarismu? sebentar saja.”

Dayu : “Maaf, Beni. Penggarisku sedang digunakan Lani. Coba saja pinjam ke Lani.”

Beni : “Baiklah, aku akan coba pinjam ke Lani.

Terima kasih Dayu.” Dayu :  “Sama-sama Beni.”



Beni, Edo, Udin, Lani, dan Dayu satu kelas.

Sebelum bermain, kelompok ini selalu bermusyawarah.

Seperti memilih permainan yang akan dilakukan.

Ayo mengamati


Beni senangbekerjabakti. Kerjabaktimerupakan gotong royong 

Setiapbulan Beni ikutkerjabakti. 

Kerjabakti Bersama warga di lingkunganrumahnya.

Jadi, setiapbulan Beni ikut gotong royong. 


Pernahkahkamumelakukan gotong royong?


TUGAS 

Menceritakan pengalamanmu bergotong royong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...