About

Kamis, 21 Januari 2021

Jum'at, 22 Januari 2021

 MATERI

Hari / Tanggal         : Rabu, 20 Januari  2021
Kelas/Semester      : II (Dua)/ 2
Tema                      : Pengalamanku
Sub Tema               : Pengalamanku ditempat sekolah
Pembelajaran         : 6









Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!
Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Fokus Pembelajaran

PPKn(3.1, 4.1), Bahasa Indonesia(3.5, 4.5), dan Matematika(3.6, 4.6)

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan menggunakan teks puisi “Nyiur Hijau”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi) dengan tepat.

2.      Dengan mendengarkan pembacaan puisi anak tentang lingkungan, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.

3.      Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan dengan benar.

4.      Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan dengan tepat.

5.      Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.

6.      Dengan membaca teks pendek tentang panjang ukuran kaki Beni, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.

7.      Dengan membentuk sebuah kelompok, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.

8.      Dengan membaca teks tentang sikap yang sesuai dengan sila kelima Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.

Apersepsi

anak sholeh dan sholehah, kemarin kita sudah belajar mengenai demokrasi sebagai cerminan sila keempat pancasila. dalam demokrasi kita harus mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. 

hari ini kita akan belajar mengenai kosa kata dalam puisi "nyiur hijau", membandingkan panjang benda dan sila kelima Pancasila. semangat belajar anak sholeh dan sholehah 

Ringkasan Materi

Beni anak yang rajin. Beni suka membuat puisi. Kali ini, Beni menulis puisi. Puisinya berjudul “Nyiur Hijau.” Pada jam istirahat, puisi tersebut dibaca Beni. Puisinya dibaca di depan teman-temannya.

 

VIDEO PEMBELAJARAN

https://www.youtube.com/watch?v=tytS-RcW574


Buatlah pertanyaan sesuai puisi di atas! Tukarkan pertanyaanmu dengan temanmu! Kemudian, jawablah secara bergantian.

Baca kembali puisi di atas! Carilah kosakata baru dalam puisi. Tuliskan kosakata baru terebut.


 Contoh soal|:

Beni dan temannya selesai belajar Bahasa Indonesia. Kemudian, dilanjutkan belajar Matematika. Cermati cerita berikut! Panjang kaki Beni 22 cm. Panjang kaki Edo 24 cm. Panjang kaki Siti 20 cm. Kaki Edo lebih panjang dari kaki Beni.


Kaki Beni lebih panjang dari kaki Siti. Urutan panjang kaki dari yang terpanjang ke terpendek adalah Edo, Beni, dan Siti.

 


Sebutkan sila kelima Pancasila! Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima dilambangkan padi dan kapas.

Sila ini hubungannya dengan sikap adil. Adil terhadap semua orang. Contoh sikap adil adalah

1. Hormat kepada anggota keluarga.

2. Senang dengan buatan teman.

3. Baik kepada semua teman sekelas.

4. Ingin selalu maju bersama teman dan adil kepada semua teman.

5. Saling menolong kepada semua orang.

 

Untuk Latihan silahkan buka modul Tematik halaman 20-21 kerjakan bagian 2 nomor 1-10. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar Jum'at, 20 September 2024        Welcome to Grade VIA   day / Date:                    : Jumat, 20  September  2024   Less...