MATERI AJAR
Hari/ tanggal : Senin, 18 Januari 2021
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema : Pengalamanku
Sub Tema 3 : Pengalaman di Tempatbermain
Pembelajaran : 1
FOKUS PEMBELAJARAN : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
Denganmembacatekspercakapan, siswadapatbermainperandalammelatihungkapandenganmenggunakan kata “maaf” untukhiduprukundalamkemajemukandenganbenar
Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dengan tepat.
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m) dengan tepat.
Dengan mengamati gambar Beni melambaikan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan Panjang (termasukjarak)berat dan waktudalamsatuanbaku, yang berkaitandengankehidupanseharihari.
4.6 Melakukanpengukuran Panjang (termasukjarak)berat dan waktudalamsatuanbaku yang berkaitandengankehidupanseharihari.
SBdP
Mengenalgerakkeseharian dan alamdalam tari
4.3 Meragakangerakkeseharian dan alamdalam tari
VIDEO PEMBELAJARAN
https://www.youtube.com/watch?v=f3BMPUh1HUY
Ringkasan Materi
Perhatikangambarberikut
Beni Menyenggol Udin
Ketika bermain,Benitidaksengajamenyenggol Udin. Beni punmemintamaafkepada Udin.
Beni : “Maafkansaya, Udin. Saya tidaksengajamenyenggolmuketikabermaintadi.”
Udin : “Tidak apa-apa Beni, sayasudahmemaafkan.
Lain kali, hati-hati ya.”
Beni : “Lain kali sayaakanberhati-hati. Oh ya, bagaimanamenurutmupermainantadi?”
Udin : “Wah! Sangat menyenangkansekali Ben.
kelompokdapatmenang 2 kali.”
Beni : “Semogabesokdapatbermainlagi, ya.”
Lani mempunyaipensil. Kemudian Lani mengukurnyadenganpenggaris. Panjang pensilnyaadalah 8 cm
Selanjutnya, Lani mengukurtepimejabelajarnya. Lani mengukurnyadenganmeteran.Panjangtepimejabelajarnyaadalah.
Perhatikan penjelasan gambar dibawah ini
Benda bendadiatasadalahcontohbenda yang dapatdiukurmenggunakanpenggaris .
Beni dan Udin biasa main gobak sodor. Permainan tersebut dilakukan ketika jam istirahat.
Beni selalu berhasil memenangkan permainan. Beni mengekspresikannya dengan gerakan berikut
TUGAS
1. Panjang pintu kamar 2 m, 2 m sama dengan ……. cm.
2.Panjang bambu 400 cm, Panjang bambu tersebut sama dengan ……. m
3.Panjang Halaman rumah 1000cm. 1000cm ……….m
4.Sebutkan sebuah kesalahan yang pernah kamu perbuat?
5.Setelah melakukan sebuah kesalahan apa yang kamu lakukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar