About

Rabu, 03 September 2025

Rabu, 3 September 2025

 

Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 3 september 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 2 "kesehatanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan kalimat tanya dengan kata tanya.

-menyebutkan 7 kata tanya, "apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana, berapa"


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati cerita murid dapat menuliskan kalimat tanya dengan kata tanya

-Melalui mengamati puisi kesehatanku murid dapat menggunakan dan mempraktekkan kata tanya sesuai konteks


*Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card cerita bergambar cara menjaga kesehatan dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

*alat peraga: kartu kata tanya dan tanda tanya

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

Siswa memiliki pemahaman mengenal cara menjaga kesehatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan

kesehtana diri sehari-hari serta memahami kalimat dengan unsur subjek, predikat dan objek.

membuat kalimat tanya dengan kata tanya dan tanda tanya yang tepat.


Kata-kata ini digunakan untuk membentuk pertanyaan tentang berbagai hal, misalnya untuk menanyakan benda, orang, waktu, tempat, sebab, cara, dan jumlah. 
Berikut adalah penjelasan dan contoh penggunaan kata tanya untuk Kelas 2: 

  1. Apa: Digunakan untuk menanyakan benda, hewan, atau tumbuhan. 
    • Contoh: Apa yang kamu makan? 
  2. Siapa: Digunakan untuk menanyakan orang. 
    • Contoh: Siapa namamu? 
  3. Kapan: Digunakan untuk menanyakan waktu. 
    • Contoh: Kapan kamu akan pergi? 
  4. Di mana: Digunakan untuk menanyakan tempat. 
    • Contoh: Di mana rumahmu? 
  5. Mengapa/Kenapa: Digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan. 
    • Contoh: Mengapa kamu tidak masuk sekolah? 
  6. Bagaimana: Digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan. 
    • Contoh: Bagaimana cara membuat kue? 
  7. Berapa: Digunakan untuk menanyakan jumlah atau harga. 

    • Contoh: Berapa harga buku ini?

lembar kegiatan



.



Let’s check this video 




Evaluasi /refleksi (Kegiatan Penutup)

    Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan

     Guru memberikan tugas rumah sederhana berupa tulisan dengan bantuan buku paket.

     Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

: Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 29 Oktober 2025

  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 29 oktober 2025 Sekolah                   : SD al azhar 3 Mata Pelajara...