About

Rabu, 10 September 2025

Rabu, 10 September 2025

 

Bahasa Indonesia dan SBDP"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 9 agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 2 "kesehatanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan kalimat tanya dengan kata tanya.

-menyebutkan 7 kata tanya, "apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana, berapa"


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati cerita murid dapat menuliskan kalimat tanya dengan kata tanya

-Melalui mengamati puisi kesehatanku murid dapat menggunakan dan mempraktekkan kata tanya sesuai konteks

📚Bab 2 "garis geometris"

*capaian pembalajaran SBDP

murid dapat mengenal dan menggunakan berbagai elemen garis geometris

*Tujuan pemebalajaran SBDP

melalui menggambar berbagai bentuk garis geometris murid dapat menyebutkan jenis garis, horizontal, vertikal, diagonal dll

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card kesehatanku dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

  • Pernahkah kalian mendengar nama kota?
  • bagaimana penulisan nama sebuah kota yang benar?

materi pembelajaran

bahasa indonesia


Penilaian harian BAB 2 "Menjaga kesehatanku"

1. Kosa kata Gawai artinya...

2. Bagaimana cara menjaga kesehatan tunuh di lingkungan rumah....

3. Kata tanya untuk menanayak tempat....

4. Sebutkan 3 kata tanya yang kamu ketahui...

5. jumlah anak kelas 2A SD AL AZHAR 3

6. Olahraga kesukaanmu adalah.....

7. Wayan menendang bola, subjek dalam kalimat tersebut adalah....

8. Sebutkan 2 predikat yang kamu ketahui...


Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.

Kunci Jawaban

1. Pindah

2. Berpisah


*contoh latihan soal:

1. sebutkan judul puisi yang sudah kuta bacakan

jawaban: alah indahku

2. bagaimana peradaanmu setelah mendenger atau mebacakan puisi?

jawaban: senang, bahagia

3. apakah mimik wajah digunakan dalam membaca puisi?

jawaban: iyaa digunakan

      Let’s check this video 


 


SBDP



fokus pada pembelajaran tentang berbagai jenis garis seperti garis lengkung, lurus (vertikal, horizontal, diagonal), dan patah-patah, serta bagaimana garis-garis tersebut digunakan dalam karya seni rupa seperti membuat kolase dari potongan kertas berbentuk geometris, menggambar, dan melipat. 
Jenis-jenis Garis Geometris 
Dalam SBDP kelas 2, kamu akan belajar tentang beberapa jenis garis, yaitu: 
  • Garis Lengkung: Garis yang arahnya membelok dan memberikan kesan lembut, luwes, serta elastis. 
  • Garis Lurus: Garis yang menghubungkan dua titik dengan jarak terdekat, memberikan kesan tegas. 
    • Garis Vertikal: Garis tegak lurus dari atas ke bawah. 
    • Garis Horizontal: Garis tegak lurus dari kiri ke kanan. 
    • Garis Diagonal: Garis miring, bisa ke kanan atau ke kiri. 
  • Garis Patah-patah: Garis yang terbentuk dari beberapa segmen lurus yang saling menyambung. 
Aktivitas dengan Garis Geometris 
Kamu bisa menggunakan jenis-jenis garis ini dalam kegiatan prakarya dan seni rupa, seperti:
  • Menggunting dan Menempel Kolase:
    Menggunting kertas menjadi bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga, atau bujur sangkar, lalu menempelkannya di kertas dasar. 
  • Menggambar:
    Membuat gambar dengan berbagai jenis garis, misalnya menggambar pola atau objek di sekitar yang terbentuk dari garis-garis geometris. 
  • Melipat Kertas:
    Melipat kertas untuk membentuk berbagai objek atau pola menggunakan prinsip garis. 
Pentingnya Garis dalam Seni Rupa 
Garis adalah salah satu unsur dasar dalam karya seni rupa dua dimensi. Dengan memahami dan menggunakan berbagai jenis garis, kamu bisa menciptakan karya seni yang lebih bervariasi dan ekspresif

5.  Evaluasi  


Kegiatan Penutup 

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...