MATEMATIKA
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 4 September 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
📚Bab 1 "penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah"
*Capaian Pembelajaran Matematika :
Tujuan jam ke-1:
1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan
Alur Tujuan Pembelajaran Unit :
v Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
§ Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
§ Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
§ Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar (Matematika) :
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran 1 ini, diantaranya:
*pertanyaan pemantik
-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu dan menghitung jumlahnya?
-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?
-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?
let's go!!
seperti "total" (penjumlahan) atau "sisa" (pengurangan), dan terapkan operasi matematika yang sesuai untuk menemukan jawaban.
- Soal: Pak Ari memanen 720 jeruk pada hari pertama dan 812 jeruk pada hari kedua. Berapa jumlah total jeruk yang telah dipanen Pak Ari?
- Kata Kunci: "jumlah total", "semua" (menunjukkan penjumlahan).
- Penyelesaian: 720 (jeruk hari pertama) + 812 (jeruk hari kedua) = 1532 jeruk.
- Soal: Icha memiliki 380 boneka. Jika 200 boneka habis terjual, berapa jumlah boneka Icha yang belum terjual?
- Kata Kunci: "sisa", "habis terjual" (menunjukkan pengurangan).
- Penyelesaian: 380 (total boneka) - 200 (boneka terjual) = 180 boneka.
- Budi mempunyai 10 manggis. Ia memakan 2, kemudian 3 lagi. Lalu, ia membeli 5 buah lagi. Akan tetapi, 2 buah busuk dan harus dibuang. Berapa sisa buah manggis Budi sekarang?
- Awal: 10 manggis
- Dimakan: 10 - 2 - 3 = 5 manggis
- Ditambah: 5 + 5 = 10 manggis
- Dibuang: 10 - 2 = 8 manggis
- Jadi, Budi memiliki 8 buah manggis.
- Baca dengan Cermat: Pahami setiap kalimat dan informasi yang diberikan.
- Pilih Kata Kunci: Identifikasi kata seperti "ditambah", "total", "gabungan", "sisa", "kurang", atau "selisih" untuk menentukan operasi yang akan digunakan.
- Pilah Informasi: Pisahkan angka-angka yang relevan dengan pertanyaan.
- Buat Catatan: Tuliskan informasi penting atau buat skema untuk mempermudah pemahaman.
- Gunakan Logika: Gunakan pemahaman sehari-hari untuk memecahkan masalah yang disajikan
Let’s check this video Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan) · Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. *REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah |






Tidak ada komentar:
Posting Komentar