About

Kamis, 04 September 2025

Kamis, 4 September 2025

MATEMATIKA


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 4 September 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 1 "penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat membilang menggunakan benda konkret untuk menjumlahakan dan mengurangkan bilangan cacah
- melalui soal cerita murid dapat membuat penjumlahan menurun dan sebaris

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "penjumlahan menurun "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio dan flashcard

*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu dan menghitung jumlahnya?

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!

Soal cerita penjumlahan dan pengurangan adalah soal cerita matematika yang melibatkan operasi penambahan atau pengurangan berdasarkan skenario kehidupan nyata. Untuk menyelesaikannya, baca soal dengan cermat, identifikasi informasi penting, kenali kata kunci

 seperti "total" (penjumlahan) atau "sisa" (pengurangan), dan terapkan operasi matematika yang sesuai untuk menemukan jawaban. 

  • Soal: Pak Ari memanen 720 jeruk pada hari pertama dan 812 jeruk pada hari kedua. Berapa jumlah total jeruk yang telah dipanen Pak Ari? 
  • Kata Kunci: "jumlah total", "semua" (menunjukkan penjumlahan). 
  • Penyelesaian: 720 (jeruk hari pertama) + 812 (jeruk hari kedua) = 1532 jeruk. 
  • Soal: Icha memiliki 380 boneka. Jika 200 boneka habis terjual, berapa jumlah boneka Icha yang belum terjual? 
  • Kata Kunci: "sisa", "habis terjual" (menunjukkan pengurangan). 
  • Penyelesaian: 380 (total boneka) - 200 (boneka terjual) = 180 boneka. 
  • Soal:
    Budi mempunyai 10 manggis. Ia memakan 2, kemudian 3 lagi. Lalu, ia membeli 5 buah lagi. Akan tetapi, 2 buah busuk dan harus dibuang. Berapa sisa buah manggis Budi sekarang? 
  • Penyelesaian:
    • Awal: 10 manggis 
    • Dimakan: 10 - 2 - 3 = 5 manggis 
    • Ditambah: 5 + 5 = 10 manggis 
    • Dibuang: 10 - 2 = 8 manggis 
    • Jadi, Budi memiliki 8 buah manggis. 
  • Baca dengan Cermat: Pahami setiap kalimat dan informasi yang diberikan. 
  • Pilih Kata Kunci: Identifikasi kata seperti "ditambah", "total", "gabungan", "sisa", "kurang", atau "selisih" untuk menentukan operasi yang akan digunakan. 
  • Pilah Informasi: Pisahkan angka-angka yang relevan dengan pertanyaan. 
  • Buat Catatan: Tuliskan informasi penting atau buat skema untuk mempermudah pemahaman. 
  • Gunakan Logika: Gunakan pemahaman sehari-hari untuk memecahkan masalah yang disajikan

    

  Let’s check this video 







Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 29 Oktober 2025

  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 29 oktober 2025 Sekolah                   : SD al azhar 3 Mata Pelajara...