About

Kamis, 18 September 2025

Kamis, 18 September 2025

 

MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 18 September 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 2 "pengukuran"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat menggunakan pengukuran dan menyebutkan alat pengukur (panjang dan berat)
- melalui soal cerita murid dapat membuat alat ukur sederhana

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "penjumlahan menurun "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio dan flashcard

*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu dan menghitung uukurannnya?

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!




Pengukuran
Konsep pengukuran akan diperkenalkan kepada siswa. Mereka akan belajar tentang:
Satuan panjang: Menggunakan satuan seperti sentimeter dan meter untuk mengukur panjang benda.
Membandingkan ukuran: Membandingkan panjang, lebar, atau tinggi dari dua benda.
Bab II: Pengukuran
Pada bab II, peserta didik belajar pengukuran waktu, panjang, dan berat. Berikut ini beberapa contoh soal untuk menambah pemahaman materi ini.
1. Jarum jam di bawah ini menunjukkan pukul berapa?
Jawaban: pukul setengah tujuh

2. Ani mulai belajar di sekolah pukul 8.00. Ani selesai belajar di sekolah pukul 10.00. Ani belajar di sekolah selama berapa jam?
Jawaban: 2 jam.

3. Bandingkan panjang dasi di bawah, gunakan kata lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang.
Jawaban: lebih panjang.

4. Mana yang lebih berat antara satu buah semangka dan satu buah apel?
Jawaban: satu buah semangka.

5 .Berapa berat telur di bawah ini?
Latihan soal kelas 2 SD. Foto: Asyiknya Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas II terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Latihan soal kelas 2 SD. Foto: Asyiknya Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas II terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Jawaban: 3 kg.


    

  Let’s check this video 








Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 18 September 2025

  MATEMATIKA" بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Kamis, 18 September 2025 Sekolah                        : SD...