About

Rabu, 31 Maret 2021

Rabu, 31 Maret 2021

 MATERI AJAR


Hari/ tanggal : Rabu, 31 Maret 2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Kebersamaan

Sub Tema 4 :  Kebersamaan di tempat wisata

Pembelajaran : 4


TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mengamati gambar yang disajikan, siswa mampu mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.

Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menentukan sikap terhadap keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Dengan mengamati gambar yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam kalimat dengan ejaan yang benar.

Dengan mengamati gambar yang disajikan, siswa mampu mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis.

Video pembelajaran


MATERI AJAR


TUGAS SISWA
lingkari gambar sesuai pecahan.



Selasa, 30 Maret 2021

Selasa, 30 Maret 2021

 MATERI AJAR


Hari/ tanggal : Selasa, April  2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Kebersamaan

Sub Tema 4 :  Kebersamaan di tempat wisata

Pembelajaran : 2  dan 3



TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mencermati gambar dan mencari data, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik masing-masing teman sekolah.

Dengan mencermati gambar dan hasil data, siswa mampu menyajikan data karakteristik masing-masing teman sekolah.

Dengan kegiatan menyelesaikan  soal, siswa mampu menemukan kata sapaan dalam dialog.

Dengan kegiatan menyelesaikan  soal, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam dongeng dengan bahasa lisan.


Bahasa Indonesia,(3.9,4.9) PPKn(3.3,4.3) MTK ( 3.7, 4.7)


Vidio Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=qkP7LM3guLA

https://www.youtube.com/watch?v=knXMwMj-f9Y







Siti dan teman-temannya berkunjung ke kebun binatang. Mereka suka cita mengikuti kunjungan. Banyak binatang di kebun binatang. Seluruh siswa mengikuti kunjungan. Mereka belajar bersama di kebun binatang. Rasa kebersamaan mereka menambah semangat belajar.

Mereka mengunjungi semua hewan yang ada di kebun binatang. Siti membeli makanan hewan yang dijual di sana. Sambil berkeliling, sesekali ia memberi makanan sehingga hewan pun mendekat.




Siti memberi empat wortel kepada seekor rusa jantan dan seekor rusa betina. Rusa jantan diberi dua wortel, rusa betina diberi dua wortel. Rusa jantan mendapat setengah bagian. Rusa betina mendapat setengah bagian.




Tugas:

Carilah kata sapaan dari kalimat dongeng di bawah ini !






Senin, 29 Maret 2021

Senin, 29 Maret 2021

 MATERI AJAR


Hari/ tanggal : Senin, April  2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Kebersamaan

Sub Tema 4 :  Kebersamaan di tempat wisata

Pembelajaran : 1


TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu memahami sikap hidup rukun.

Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng dengan percaya diri.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/2  sebagai bagian dari keseluruhan.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/3 sebagai bagian dari keseluruhan.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/4 sebagai bagian dari keseluruhan.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/2 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/3 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.

Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.

Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alam.

Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan bahan alam dan alat untuk membuat karya hiasan.

Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alam.

Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu membuat karya hiasan dengan bahan alam

Vidio Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=GX10eAlVbr0


Materi Ajar




Dahulu, di lautan luas sering terjadi perkelahian antara Ikan Hiu Sura dengan Buaya.

 Mereka berkelahi hanya karena berebut mangsa. 

 Keduanya sama-sama kuat, sama-sama tangkas, sama-sama cerdik, sama-sama ganas, dan sama-sama rakus. 

Sudah berkali-kali mereka berkelahi, namun belum pernah ada yang menang ataupun yang kalah. Akhirnya mereka mengadakan kesepakatan. 


Sura : "Aku bosan terus-menerus berkelahi, Buaya." 

Buaya : "Aku juga,

 Sura. Apa yang harus kita lakukan agar kita tidak lagi berkelahi?" 

Sura : "Untuk mencegah perkelahian di antara kita, sebaiknya kita membagi daerah kekuasaan menjadi dua. Aku berkuasa sepenuhnya di dalam air dan harus mencari mangsa di dalam air, sedangkan kamu barkuasa di daratan dan mangsamu harus yang berada di daratan. Sebagai batas antara daratan dan air, kita tentukan batasnya, yaitu tempat yang dicapai oleh air laut pada waktu pasang surut!"

 Buaya : "Baik, aku setujui gagasanmu itu!" Dengan adanya pembagian wilayah kekuasaan, maka tidak ada lagi perkelahian antara Sura dan Buaya. Keduanya telah sepakat untuk menghormati wilayah masing-masing. 

 Namun pada suatu hari, Ikan Hiu Sura mencari mangsa di sungai. Hal ini dilakukan dengan sembunyi-sembunyi agar Buaya tidak mengetahui. Mula-mula hal ini memang tidak ketahuan. Tetapi pada suatu hari, Buaya memergoki perbuatan Ikan Hiu Sura ini. Tentu saja Buaya sangat marah melihat Hiu Sura melanggar janjinya.


 Buaya : "Hai Sura, mengapa kamu melanggar peraturan yang telah kita sepakati berdua? Mengapa kamu berani memasuki sungai yang merupakan wilayah kekuasaanku?" Sura : "Aku melanggar kesepakatan? Bukankah sungai ini berair. Bukankah aku sudah bilang, bahwa aku adalah penguasa di air?" 

Buaya : "Apa? Sungai itu tempatnya di darat, sedangkan daerah kekuasaanmu ada di laut, berarti sungai itu adalah daerah kekuasaanku!" 

Sura : "Tidak bisa! Aku kan tidak pernah bilang kalau di air itu hanya air laut, tetapi juga air sungai"

 Buaya : "Kau sengaja mencari gara-gara, Sura." 

Sura : "Tidak! kukira alasanku cukup kuat dan aku memang di pihak yang benar!" 

Buaya : "Kau sengaja mengakaliku. Aku tidak sebodoh yang kau kira!" 

Sura : "Aku tidak peduli kau bodoh atau pintar, yang penting air sungai dan air laut adalah kekuasaanku!"


 Karena tidak ada yang mau mengalah, maka pertempuran sengit antara Ikan Hiu Sura dan Buaya terjadi lagi. Pertarungan kali ini semakin seru dan dahsyat. Buaya mendapat gigitan Hiu Sura di pangkal ekornya sebelah kanan. Selanjutnya, ekornya itu terpaksa selalu membengkok ke kiri. Sementara ikan Sura juga tergigit ekornya hingga hampir putus, lalu ikan Sura kembali ke lautan. Buaya puas telah dapat mempertahankan daerahnya.

 Pertarungan antara ikan Hiu yang bernama Sura dan Buaya ini sangat berkesan di hati masyarakat Surabaya. Oleh karena itu, nama Surabaya selalu dikait-kaitkan dengan peristiwa ini. Dari peristiwa inilah kemudian dibuat lambang Kota Surabaya, yaitu gambar "ikan sura dan buaya





Setiap siswa harus mengenal makhluk lain. Siti melihat banyak hewan di kebun binatang. 

Setiap siswa harus menyayangi hewan. 

Hari ini siswa mengerjakan tugas secara berkelompok. Setiap kelompok harus bekerja sama. Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami. 

Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan. 

Bahan-bahan yang digunakan adalah tanah liat dan pewarna. 

Siswa membeli bahan dari pasar.




Rapikan dengan tangan dan lumasi minyak goreng agar tidak lengket. 

Jemur selama 1-2 hari supaya tidak pecah-pecah. 

Ampelas permukaannya supaya halus.

 Cat sesuai keinginan dan keringkan.

Jumat, 26 Maret 2021

Jum'at, 26 Maret 2021

 Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 3 Kebersamaan di Tempat Bermain

Pembelajaran : 5 dan 6


Tujuan Pembelajaran

Dengan mencermati gambar dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami karakteristik teman sekolah berdasarkan agama.

Dengan mencermati gambar dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menentukan sikap terhadap teman sekolah yang berbeda agama.

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan kata sapaan dalam dongeng.

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat

menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam dongeng.

Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam kalimat.

Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyatakan pecahan ( ½, 1/3 dan 1/4) sebagai bagian dari keseluruhan.

Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif dengan bahan alami.

Video Pembelajaran 5

https://www.youtube.com/watch?v=I3nQJPlEvHM

Video Pembelajaran 6

https://www.youtube.com/watch?v=eWwdok54F7s

Ringkasan Materi

Siti bersama teman-temannya membawa Dayu ke

ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Siti disambut petugas dari dokter kecil dan

didampingi Ibu guru.

Dayu segera diobati, kemudian siswa sebagai

dokter kecil berbincang dengan Siti.



Setiap siswa memiliki ciri dan sifat sendiri.

Ada yang menyukai warna kuning, ada siswa yang

menyukai biru.

Sikap yang baik dapat diungkapkan dengan sapaan

yang baik.

Membuat Patung Hewan

Proses pembuatan patung:

1. Siapkan tanah liat atau plastisin.

2. Siapkan alat bantu dan air.

3. Siapkan meja putar (jika ada).

4. Siapkan gambar rancangan patung.

5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.

6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.

7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.

8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.


Tugas :




 

Rabu, 24 Maret 2021

Kamis, 25 Maret 2021

 

Hari/ tanggal               :Kamis, 25 Maret 2021

Kelas                           : 2

Tema                           : 7 Kebersamaan

Subtema                      : 3 Kebersamaan di tempat bermain

Pembelajaran               : 4

 

Tujuan Pembelajaran

1.      1. Dengan mengamati gambar kegiatan bermain di halaman yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan.

2.      2. Denganmencermati informasi permainan kesukaan dari teman.

3.      3. Dengan mendiskusikan sikap terhadap teman yang memiliki perbedaan permainan kesukaan.

4.      4. Dengan mengamati teks dongeng untuk menemukan kata sapaan dalam dongeng.

5.      5. Dengan mengamati gambar perilaku siswa, siswa memahami perilaku toleransi antar teman.

6.      6. Dengan mengamati gambar semut untuk menentukan nilai pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

 

Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=QsVg1MvRXDw 

 

Ringkasan Materi

Bacalah dongeng "Semut dan Belalang" berikut ini!

 

Semut dan Belalang

Lala : “Kamu mau ke mana, Mumut?”

Mumut : “Aku sedang jalan-jalan sambil mencari makanan, Lala”.

Lala : “Hati-hati di jalan Mut, semoga kamu mendapat makanan yang banyak. Aku pergi dulu, ya”.

Mumut : “Iya Lala, kamu juga hati-hati di jalan”.

Mumut bertemu dengan Kribo.

Mumut : “Ada yang bisa saya bantu, Teman?”

Kribo : “Emang kami teman kamu! Jangan sok jadi teman lah, sekarang cepat serahkan makanan itu”.

Mumut : “Aku tidak akan menyerahkan makanan ini, aku mencarinya dengan susah payah”.

Kribo : “Hei, kamu mau ke mana Semut kurus?”

Mumut tak memedulikannya, ia terus berjalan cepat menghindari Kribo dan teman-temannya.

 

Menentukan Kata Sapaan dari teks percakapan diatas adalah

“Kamu mau ke mana, Mumut?” tanya Lala.               

Kata Sapaan : Mumut

 

TUGAS

Ayo, warnai gambar di bawah sehingga menunjukkan pecahan! 

 


 

Warnai bangun yang menunjukkan 1 bagian utuh dengan warna biru!

Warnai bangun yang menunjukkan pecahan satu per dua dengan warna merah!

Warnai bangun yang menunjukkan pecahan satu per tiga dengan warna hijau!

Warnai bangun yang menunjukkan pecahan satu per empat dengan warna kuning!

 

Rabu, 24 Maret 2021

     

Materi Ajar

Hari/ tanggal               : Rabu, 24 Maret 2021

Kelas                             : 2A

Tema                              : 7 Kebersamaan

Subtema                        : 3 Kebersamaan di Tempat Bermain

Pembelajaran               : 3


 Tujuan Pembelajaran

1.      siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan.

2.       siswa mampu menemukan isi dongeng.

3.      Siswa mengamati gambar untuk menentukan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

Apersepsi

Kemarin kita sudah mempelajari tema 7 subtema 2 pembelajaran 1- 6 dimana kita sudah mengetahui tentang kebersamaan di sekolah. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 7 subtema 3 pembelajaran 3

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out!

Video Pembelajaran


Ringkasan Materi

Bermain di Kebun Sekolah

Saat istirahat, Siti dan teman-temannya bermain di kebun sekolah.Di kebun sekolah terdapat tanaman obat keluarga (toga).Siti duduk di kursi di sekitar kebun sekolah.Mereka membaca buku cerita sambil menikmati keindahan kebun.Di kebun tampak kupu-kupu sedang terbang di antara tanaman.Dayu menyukai buku cerita binatang.

"Kupu-kupu Berhati Mulia"

Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor Semut berjalan-jalan di kebun sekolah.Ia sangat senang karena bisa berjalan-jalan melihat kebun sekolah yang sangat indah. Sang Semut berkeliling kebun sekolah sambil menyapa binatang-binatang yang berada di kebun sekolah itu.

Ia melihat sebuah Kepompong yang menggantung di ranting. Sang Semut mengejek bentuk Kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. "Hai Kepompong, alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya bisa terdiam dan tergantung di situ.Ayo jalan-jalan, lihat kebun sekolah yang luas dan indah ini.Bagaimana nasibmu bila ranting itu patah?"Kepompong itu hanya terdiam.

Hingga pada suatu hari, Semut berjalan-jalan di kebun sekolah itu.Karena hujan, kebun sekolah itu dipenuhi lumpur sehingga Semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur, Semut itu jatuh.Semut itu berteriak minta tolong sekencang mungkin."Tolong bantu aku, aku mau tenggelam, tolong ... tolong ... tolong aku!"

Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu terbang melintas, kemudian Kupu-kupu itu menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut."Semut, peganglah erat-erat ranting itu, nanti aku akan mengangkat ranting itu".Lalu si Semut memegang erat-erat ranting itu.

Dengan sekuat tenaga, Kupu-kupu mengangkat ranting tersebut, kemudian Kupu-kupu menurunkannya di tempat yang aman.Semut berterima kasih kepada Kupu-kupu karena telah menolong nyawanya."Aku adalah Kepompong yang pernah kau ejek", kata si Kupu-kupu.

Ternyata Kepompong yang dulu diejek Semut sudah menyelamatkannya. Akhirnya sang Semut pun berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di kebun sekolah itu.

 

TUGAS

Kerjakan soal PKn dan Bahasa Indonesia di modul tematik halaman 69-70


Selasa, 23 Maret 2021

Selasa, 23 Maret 2021

 Assalamualaikum 🤗🤗

Selamat pagi anak Sholeh dan sholehah kelas 2A 

Alhamdulillah Penilaian Tengah Semester sudah kita lalui.

Semoga hasilnya memuaskan ya nak 😍😍

Untuk hari ini kita akan memulai kembali pembelajaran seperti biasa.

Untuk tugas hari ini silahkan ananda menggambar pecahan 1/2 , 1/3  , dan 1/4 

Pola gambar boleh berbentuk lingkaran atau  segi empat. 



Jika yang belum paham boleh menghubungi buguru via WA ya nak 😊😊

Terimakasih, semangat belajar 🤗🤗🤗

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...