About

Selasa, 09 Maret 2021

Selasa, 9 Maret 2021

 APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai pecahan setengah, sepertiga dan seperempat. Kita juga belajar mengenai bunyi kuat dan bunyi lemah.

Hari/ tanggal : Selasa/ 09 Maret 2021

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 2 Kebersamaan di sekolah

Pembelajaran : 2


Tujuan Pembelajaran

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah. 

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di sekolah. 

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks dongeng. 

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari.

Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=nNL1ngtP4ug

Ringkasan Materi

Berikut ini adalah nama-nama teman Siti. Coba kamu bentuk kelompok sesuai dengan jenis kelaminnya!




Jawaban: 

Siswa mengelompokkan teman-teman di kelas sesuai jenis kelaminnya. 

Kelompok Putra: 1. Edo 2. Beni  3. Budi  4. Aldo  5. Reno 

 Kelompok Putri: 1. Siti  2. Dayu  3. Lani  4. Ita  5. Ayu


Setelah melakukan kegiatan olahraga, Siti dan teman-temannya membaca dongeng di buku mereka.

(cerita dapat dibaca di BUKU TEMATIK HALAMAN 73-75)




Latihan Soal

Berdasarkan dongeng di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang sering bangun pagi? ____________________________________________

2. Siapakah yang malas bangun pagi? ___________________________________________

3. Apa yang dilakukan Kiki ketika bangun pagi? ____________________________________

4. Apa akibat dari tidak bangun pagi? ____________________________________________ 

5. Sebutkan manfaat dari bangun pagi! __________________l



Senin, 08 Maret 2021

Senin, 8 Maret 2021

     

APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai pecahan setengah, sepertiga dan seperempat. Kita juga belajar mengenai bunyi kuat dan bunyi lemah.

Hari/ tanggal : Senin/ 08 Maret 2021

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 2 Kebersamaan di sekolah

Pembelajaran : 1


Tujuan Pembelajaran

Dengan mendengarkan dan mengamati gambar yang disajikan, siswa mampu memahami isi dongeng dengan jujur. 

 Dengan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun dengan jujur. 

Dengan kegiatan menceritakan kembali dongeng, siswa mampu menemukan isi dongeng dengan percaya diri.

 Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat memahami pecahan merupakan bagian dari keseluruhan dengan tepat. 

 Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menentukan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat dengan tepat. 

 Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak kepala dengan percaya diri. 

 Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak tangan dengan percaya diri. 

Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak kaki dengan percaya diri. 



Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=bB-B7oz0Nu0Ringkasan Materi

Kebersamaan di sekolah




Siti adalah siswa kelas 2 SDN Nusantara 01. Siswa-siswi kelas 2 hidup rukun. Mereka setiap hari belajar di sekolah bersama. Teman Siti di sekolah berasal dari berbagai daerah. Teman Siti berasal dari beragam suku. Mereka juga menganut beragam agama. Mereka belajar dengan giat dan rukun. Siswa kelas 2 dapat hidup bersama.

Upacara Bendera




Setiap hari Senin SDN Nusantara 01 melaksanakan upacara bendera. Siswa berbaris sesuai kelas masing-masing. Kelas dua berbaris satu barisan dipimpin seorang siswa. Siti menjadi pimpinan barisan.

Siti dan teman-temannya sangat senang mengikuti upacara bendera. Seusai kegiatan upacara bendera, ibu guru akan menyampaikan cerita. Ibu guru akan mendongeng. Siti dan teman-temannya bergegas masuk kelas.

Simak dan dengarkan dongeng yang akan disampaikan guru! Ayo, baca cerita fabel “Ikan dan Burung”!



Ikan dan Burung Di sebuah hutan, hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah Burung dan Ikan. Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. 

Ketika itu, Ikan sedang beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya. “Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan,” kata Ikan dalam hati. Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya. Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu. Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh seekor Burung yang berterbangan ke sanakemari. “Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku bisa meraih biji-bijian itu?“ kata si Ikan dalam hati. 

Kita tinggalkan si Ikan dan beralih ke Burung. Setelah beterbangan, Burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat. Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan. “Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan,” Kata Burung dalam hati. Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap cacing-cacing itu. Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang. Ia hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada Ikan yang sedang berenang di dalam air. “Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor dan sirip untuk berenang agar aku bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si Burung dalam hati. Akhirnya Ikan dan Burung saling tahu kesulitan masing-masing. 

Berkalikali si Ikan melihat Burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacingDemikian pun si Burung berkali-kali melihat Ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan. “Hei Ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini?” kata Burung. “Benar, tetapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu,” jawab si Ikan. “Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tetapi aku tidak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu,” balas si Burung. “Bagaimana jika kau membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai,” ajak si Ikan. “Wow ide bagus, aku setuju,” sahut si Burung. Akhirnya, Ikan dan Burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Siapakah tokoh dongeng yang disampaikan guru?

Ikan dan Burung

 2. Di manakah tempat dari cerita tersebut? 

Di pinggiran sungai

3. Di manakah tempat hidup Cacing yang akan di makan oleh burung? 

Di dasar sungai

4. Burung ingin membantu Ikan dengan cara … 

mengambil biji-bijian

5. Ikan ingin membantu Burung dengan cara … 

menangkap cacing dasar sungai

 6. Setelah Ikan dan Burung berkenalan, maka mereka … 

menjadi sahabat dan saling membantu


Membuat Kartu Pecahan Siti dan teman-teman diberi tugas membuat kartu pecahan. 

Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan. 

Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat. 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 

Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!



 Banyak bangun di atas adalah 2

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/2


Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut! 


Banyak bangun di atas adalah 3 

Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/3



Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut! 



Banyak bangun tersebut adalah 4

Bangun warna biru dapat dinyatakan pecahan 1/4

Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini 

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1. Upacara bendera disekolah biasanya dilaksanakan pada hari ....

2. Pesan moral yang didapatkan dari cerita fabel “ikan dan burung “ adalah..













Jumat, 05 Maret 2021

Jum'at, 5 Maret 2021

    

APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai  pecahan seperempat dan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk menciptakan kerukunan. Selamat belajar anak Sholeh dan Sholehah.

Hari/ tanggal : Jumat/ 

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 5 dan 6


Tujuan Pembelajaran

1.Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu memahami isi dongeng dengan baik.

2. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan dongeng, siswa dapat menentukan isi dongeng dengan tepat.

3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan sikap terhadap sahabat atau teman.

4. Dengan mengamati teks yang disajikan, siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi.

5. Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memainkan bunyi birama dua.


Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=QTFHGJxhIhU https://www.youtube.com/watch?v=7Q2Q9ebLJ9o


Ringkasan Materi

Bacalah dongeng fabel berjudul “Bebek Selalu Hidup Rukun” yang ada di Buku Tematik BOS Tema 7 Halaman 45.

Berilah tanda centang (_) untuk perilaku yang  menggambarkan kerukunan atau berilah tanda silang (x) untuk perilaku yang tidak menggambarkan kerukunan!



Di rumah Siti terdapat jam beker.

Jam tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk bangun pagi.

Jam beker memiliki bunyi panjang.

Membandingkan Bunyi Panjang dan Pendek






Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini dengan jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1. Dari gambar dibawah ini, manakah bunyi yang paling kuat........ 



    a. 1     b. 2     c. 3

2. Kentungan yang dibunyikan menghasilkan bunyi ....

a. keras

b. panjang

c. pendek

3.Edi dan Ida suka menyukai makanan yang berbeda maka sikap meraka harus....

a. Mengolok

b. menghormati

c. rukun

4.Siapakah tokoh yang ada dalam cerita “Bebek Selalu Hidup Rukun”?

5. Bebek tidak mau bertengkar karena mereka ….

Rabu, 03 Maret 2021

Kamis, 4 Maret 2021

    

APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai pecahan sepertiga dan kerukunan bersama keluarga. Hari ini kita akan membahas pecahan seperempat dan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk menciptakan kerukunan. Selamat belajar anak Sholeh dan Sholehah.


Hari/ tanggal : Kamis/ 

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 4


Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati gambar kegiatan di rumah Siti, siswa mengetahui kegiatan keagamaan Siti di rumah.

Dengan menyebut kegiatan masing-masing siswa, siswa memahami perbedaan kegiatan keagamaan masing-masing di rumah.

Dengan mengamati gambar kue, siswa dapat menyebutkan nilai pecahan 1/4  dengan cermat.

Dengan mengamati contoh dan uraian gambar pecahan, siswa dapat mengerjakan latihan pecahan dengan percaya diri.

Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=M44vuTF-hKc

Ringkasan Materi

Kegiatan Keagamaan  Bersama Keluarga








Setelah mengaji dan belajar, Siti dan keluarga menikmati kue.

Ibu menyiapkan kue martabak.

Ibu memotong setiap kue menjadi empat bagian yang sama besar.




Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini dengan jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1.Yudi sedang bermain di rumah Doni. Yuan dan Doni berbeda agama. Doni akan melaksanakan salat asar bersama keluarga di rumah. Sikap Yuan yang tepat adalah ....

a. melarang Doni melaksanakan ibadah bersama keluarga

b. mempersilakan Doni melaksanakan ibadah bersama keluarga

c. ribut saat Doni dan keluarga melaksanakan ibadah

2.Tiap orang memiliki keberagaman sendiri-sendiri yang harus selalu… .

a. Ditolak

b. Dibenci

c. Disyukuri

3. ¼ dibaca ….

4. Lani memiliki sebuah donat. Ia ingin mendapatkan 1/3 bagian. Lani membagi menjadi_______ bagian sama besar.

5. Arsirlah seperempat bagian dari gambar berikut!


Rabu, 3 Maret 2021

    

APERSEPSI

Kemarin


Hari/ tanggal : Rabu/ 

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 3


Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati gambar kegiatan silaturahmi di rumah Siti, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan di rumah.

Dengan mengisi tabel warna kesukaan, siswa dapat membedakan warna kesukaan dengan cermat.

Dengan kegiatan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat menemukan isi dongeng.

Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan pecahan 1/3 dengan cermat.

Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat menemukan konsep pecahan 1/3 dengan tepat.

Dengan melakukan kegiatan Ayo Berlatih, siswa dapat menentukan pecahan 1/3 dengan tepat.

Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan konsep pecahan 1/3 dengan cermat.



Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=zva8dJnZJl8

Ringkasan Materi

Silaturahmi Keluarga



Di rumah Siti sedang diadakan acara silaturahmi keluarga.

Silaturahmi keluarga diadakan setiap bulan.

Suasana silaturahmi menandakan kebersamaan dalam keluarga.

Semua hidup rukun.

Siti membantu Ibu menyiapkan kue.

Ibu membuat kue puding.

Ibu mencetak kue dengan ukuran kecil.

Ada yang diberi warna cokelat.

Ada yang berwarna putih.

Ada yang diberi warna hijau.

Ada yang diberi warna merah.

Semua menggunakan pewarna alami.

Anak-anak bermain sambil menikmati kue puding.

Mereka bergembira mendengarkan cerita teman.

Ayo, cari tahu warna kesukaan Siti dan temantemannya!




Sambil menikmati kue puding, Siti dan saudaranya bertukar cerita.

Siti dengan antusias menceritakan dongeng “Ular dan Tikus”.

Siti mendapat cerita tersebut dari Ali.

Siti memotong kue pudingnya menjadi tiga bagian sama besar.


Puding dipotong menjadi 3 bagian sama besar. 1 potongan dapat dinyatakan dengan pecahan sepertiga.



Terdapat tiga potongan sama besar. Masing-masing potongan  bagian. Ada  potongan sebanyak 3 buah.


Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini dengan jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1. Kerukunan dapat diciptakan dengan cara… 

saling menghargai

saling memusuhi       

saling mencela

2. Sikap kita kepada teman yang memiliki kegemaran berbeda adalah ....

a. saling mencemooh   

b. saling mengejek  

c. saling menghormati

3. Perhatikan angka di samping ini! 


Angka di samping dapat dibaca.... 


4.Sebuah kue dibagi menjadi 2 bagian yang sama.1 bagian menyatakan  pecahan...

5.Bentuk  pecahan yang sesuai dengan gambar di samping adalah ….



Selasa, 02 Maret 2021

Selasa, 2 Maret 2021

    

APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar jenis jenis tumbuhan

Hari ini kita akan belajar mengenai cara merawat tumbuhan dengan menerapkan tata tertib di sekolah dan belajar mengenai kata tanya dalam kalimat

Hari/ tanggal : Selasa/ 

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 2


Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca dongeng, siswa dapat memahami isi dongeng dengan cermat.

Dengan mencermati isi teks, siswa dapat mengelompokkan jenis karakteristik siswa.

Video Pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=XN3Y37GXhu8

Ringkasan Materi

Bacalah dongeng fabel Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan (Ada di Buku BOS Tema 7 halaman 17) 

dengan membagi tiga peran, yaitu sebagai Pencerita, Ular, dan Tikus! Lakukan bersama anggota keluargamu ya!

Kamu juga dapat mengelompokkan teman-temanmu berdasarkan siswa yang menggunakan kacamata dan tidak menggunakan kacamata.




Kamu juga dapat mengelompokkan teman-temanmu berdasarkan siswa yang berbeda jenis rambut.



Selain pengelompokan berdasarkan perbedaan tersebut, dapatkah kamu melakukan pengelompokan berdasarkan perbedaan yang lain?


Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1.Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keluarga di rumah....

a. berdoa bersama sebelum makan

b. rekreasi bersama keluarga ke pantai

c. berkunjung ke rumah nenek di kampung

2.Kebersamaan di rumah dapat menciptakan ....

a. dendam

b. permusuhan

c. kerukunan

3. Ketika bermain, kakak dan adik tidak boleh ....

a. bersama

b. bertengkar

c. rukun

4. Berikut yang merupakan contoh fabel adalah ....

a. upin dan ipin

b. cinderella

c. angsa dan telur emas

5. Tokoh dalam cerita fabel adalah ....

a. manusia

b. hewan

c. orang

Senin, 01 Maret 2021

Senin, 1 Maret 2021

       


APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai hewan dan tumbuhan serta cara merawatnya. 

Hari ini kita akan belajar mengenai kebersamaan yang ada di rumah.

Hari/ tanggal : Senin/ 

Kelas : 2

Tema : 7 Kebersamaan

Subtema : 1 Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran : 1


Tujuan Pembelajaran

Dengan mendengarkan dongeng dan mengamati teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi dongeng fabel dengan percaya diri.

Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat memahami isi dongeng dengan percaya diri.

Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan pecahan 1/2 dengan percaya diri.

Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menuliskan pecahan 1/2  secara cermat.

Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menentukan pecahan 1/2  secara cermat.

Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.

Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.

Video Pembelajaran

https://youtu.be/RgdVQ-6BJbM

Ringkasan Materi

Kebersamaan di Rumah



Suasana kebersamaan di rumah Siti pada hari Minggu. 

Ayah, Ibu, Siti, dan Ali berada di depan rumah.

Siti dan Ali sedang memberi makan ayam.

Ayah membersihkan selokan.

Ibu menyapu halaman belakang rumah.

Seusai bekerja, mereka makan bersama.





Kebersamaan di Rumah Siti



Ayah Siti pandai mendongeng.

Siti sangat suka dengan dongeng.

Hampir setiap minggu ayah Siti mendongeng.

Seusai mendongeng, ayah Siti menceritakan isi dongeng. 

Banyak sekali contoh yang baik dalam dongeng.

Dongeng atau cerita yang menceritakan kehidupan hewan disebut fabel.

Yuk, kita baca dongeng berjudul “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”






Ibu menghidangkan 3 buah kue donat.

Setiap kue dipotong menjadi dua potongan sama besar.

Siti, Ali, dan Ayah mengambil masing-masing 1 potong.

Siti sangat senang bersama keluarga di rumah.

Mengenal Pecahan







Di dekat rumah Siti terdapat Pos Penjagaan.

Di sana terdapat kentongan.

Kita dapat membuat bunyi kentongan bervariasi.

Bunyi yang teratur berulang disebut birama.

Membedakan Bunyi Kuat dan Bunyi Lemah



Jika dua bunyi di atas dibandingkan maka bunyi 1 lebih kuat daripada bunyi 2.

Coba kamu menyanyikan lagu "Cicak" dengan iringan bunyi kuat dan bunyi lemah, bunyi kuat di bagian depan!



Latihan Soal

Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat!

Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa.

1. Dongeng yang menceritakan kehidupan hewan yang memiliki perilaku seperti manusia adalah ....

a. novel

b. wayang

c. fabel

2.Biasanya cerita fabel banyak mengandung pesan ....

a. moral

b. utama

c. sponsor

 3. 1/2 dibaca ....

a. satu per dua

b. satu per tiga

c. satu dibagi dua

4.Satu buah donat dibagi menjadi dua bagian sama besar. Satu bagiannya sama dengan ....

a. seperdua

b. sepertiga

c. satu

5.Bunyi yang teratur dan berulang disebut ....

a. irama

b. birama

c. ketukan

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...