About

Senin, 28 Juli 2025

PKN materi Ajar Senin, 28 juli 2025

 

    

Pkn"

Hari/Tanggal         : Senin, 27 juli 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : PKN

 
Capaian Pembelajaran :

PKN :
* Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila. 


Tujuan Pembelajaran : 
PKN :
*
Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon Pancasila, bermain peran dan diskusi kelompok tentang nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat memutuskan nilai-nilai yang sesuai Pancasila sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

* Apersepsi.   
good morning my lovely student🥰
bagaimana kabarnya hari ini, semoga selalu dalam lindungan allah swt😇

* Media ajar: gambar dan vidio

* Metode Pembelajaran : Diskusi dan Kerja kelompok


* Video Pembelajaran




* Materi Ajar
PKN

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

- pembukaan
- guru bersama murid bersiap untuk berdoa
- guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran murid
- guru menyampaikan tujuan pembalajaran, materi dan media ajar

-kagiatan inti:

 1)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok belajar;

2)   Peserta didik mengamati gambar Garuda Pancasila, yang diperlihatkan guru;

3)   Peserta didik diberikan pertanyaan, “Apa yang kalian ketahui dengan gambar ini?”

4)   Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;

5)   Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Lima Simbol Garuda Pancasila.”



6)   Peserta didik menyebutkan isi bacaan lima simbol “Garuda Pancasila”;

7)   Peserta didik menyimak tayangan berupa video, film, atau animasi yang bersumber dari youtube, atau sumber lainnya dengan kata kunci pencarian: “Simbol Pancasila.”

8)   Peserta didik menanggapi tayangan video, film atau animasi penjelasan lima simbol Garuda Pancasila;

9)   Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan penjelasan lima simbol “Garuda Pancasila”

10)  Peserta didik dapat menceritakan kembali isi video, film, atau animasi dengan bahasa sendiri mengenai simbol Pancasila;

11)  Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal lima simbol dalam lambang Garuda Pancasila, peserta didik mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan teman sekelompoknya, melalui games menggunakan puzzle simbol Pancasila dipandu oleh guru;

12)  Peserta didik dapat mencari sumber atau referensi dalam mengerjakan LKPD melalui pengamatan lingkungan sekolah, buku, internet dan lainnya;

13)  Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas. Jika tidak memungkinkan, guru dapat berkeliling ke tiap kelompok untuk melihat hasil diskusinya;

15)  Peserta didik mendapatkan feedback atau umpan balik atas pekerjaaannya dari guru dan etman. Contoh feedback dari guru:

16)  Contoh feedback dari teman:

17)  Peserta didik juga mendapatkan penguatan (reinforcement) dari guru tentang lima simbol dalam lambang negara burung Garuda Pancasila.









* Evaluasi
PKN

1) bagaimana bentuk simbol pancasila sila ke-1
2).sebutkan simbol pancasila apa saja yang kamu ketahui?
3) padi dan kapas adalah simbol pancasila ke?



* Kesimpulan
Dari materi PKN dan B.Indonesia yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 18 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...