Pkn" |
Hari/Tanggal : Senin, 27 juli 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : PKN
1) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok belajar;
2) Peserta didik mengamati gambar Garuda Pancasila, yang diperlihatkan guru;
3) Peserta didik diberikan pertanyaan, “Apa yang kalian ketahui dengan gambar ini?”
4) Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;
5) Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Lima Simbol Garuda Pancasila.”
6) Peserta didik menyebutkan isi bacaan lima simbol “Garuda Pancasila”;
7) Peserta didik menyimak tayangan berupa video, film, atau animasi yang bersumber dari youtube, atau sumber lainnya dengan kata kunci pencarian: “Simbol Pancasila.”
8) Peserta didik menanggapi tayangan video, film atau animasi penjelasan lima simbol Garuda Pancasila;
9) Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan penjelasan lima simbol “Garuda Pancasila”
10) Peserta didik dapat menceritakan kembali isi video, film, atau animasi dengan bahasa sendiri mengenai simbol Pancasila;
11) Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal lima simbol dalam lambang Garuda Pancasila, peserta didik mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan teman sekelompoknya, melalui games menggunakan puzzle simbol Pancasila dipandu oleh guru;
12) Peserta didik dapat mencari sumber atau referensi dalam mengerjakan LKPD melalui pengamatan lingkungan sekolah, buku, internet dan lainnya;
13) Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas. Jika tidak memungkinkan, guru dapat berkeliling ke tiap kelompok untuk melihat hasil diskusinya;
15) Peserta didik mendapatkan feedback atau umpan balik atas pekerjaaannya dari guru dan etman. Contoh feedback dari guru:
16) Contoh feedback dari teman:
17) Peserta didik juga mendapatkan penguatan (reinforcement) dari guru tentang lima simbol dalam lambang negara burung Garuda Pancasila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar