About

Selasa, 22 Juli 2025

B.INDONESIA Materi Ajar Selasa 22 Juli 2025

 

Materi Ajar Selasa, 22 Juli 2025

 


 Materi Ajar Selasa, 22 Juli 2025

 

 

Hari/Tanggal         : Selasa, 22 juli 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B.INDONESIA

Kelas / Fase.           : 2/A

📚Bab 1 "Perasaanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu mengenali berbagai jenis perasaan


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat menemukenali berbagai jenis perasaan dengan tepat

-Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card perasaanku dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

  • Pernahkah kalian merasa sedih?
  • Apakah menurut kamu merasa senang hari ini?
  • mengapa seseorng bisa merasa sedih dan senang?

 Kegiatan Inti



Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini.

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang jumlah anak dalam gambar dan kegiatan yang sedang mereka lakukan.

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama perasaan yang terlihat pada gambar (tahu atau tidak tahu).

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang penyebab dari perasaan yang dialami anak-anak pada gambar tersebut. 

      Dampingi peserta didik saat membaca nama-nama perasaan yang ada di halaman ini.

      Minta peserta didik menjelaskan definisi perasaan-perasaan tersebut. 

      Kemudian, jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik:

senang  : puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira

takut     : merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir

sedih     : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

marah   : sangat tidak senang; berang; gusar

kaget     : terkejut

malu      : segan melakukan sesuatu karena agak takut

bangga  : besar hati karena mempunyai keunggulan


 

·         Ajak peserta didik untuk mengamati gambar sekali lagi.

·         Minta peserta didik untuk menjelaskan mimik tiap-tiap perasaan.

·         Minta peserta didik berpasangan untuk berlatih tanya-jawab.

·         Ajaklah para peserta didik untuk bermain “Perasaankuk Hari Ini”.

·         Mintalah mereka membentuk lingkaran besar. Sesuaikan jumlah pemain dengan ruang yang tersedia.

·         Sebutkan kalimat “Hari ini aku merasa ….”.

·         Jika Anda menyebutkan kata “sedih”, peserta didik harus menunjukkan wajah sedih. Variasikan permainan ini. Peserta didik boleh menunjukkan bahasa tubuh yang lain. Misalnya menutup wajah untuk menunjukkan “sedih” atau mengentakkan kaki untuk menunjukkan “marah”.

·         Sebutkan juga nama-nama perasaan yang lain. Misalnya menutup wajah untuk menunjukkan “sedih” atau mengentakkan kaki untuk menunjukkan “marah”.

·         Sebutkan juga nama-nama perasaan yang lain.

·         Mainkan permainan ini selama 5 menit.

 


 

Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.

Kunci Jawaban

1. Pindah

2. Berpisah

      Let’s check 





5.  Evaluasi  


Kegiatan Penutup 

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...