MATEMATIKA"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 31 juli 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
📚Bab 1 "ayo membilang sampai 50"
*Capaian Pembelajaran Matematika :
Tujuan jam ke-1:
1.1. Membandingkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan
Alur Tujuan Pembelajaran Unit :
v Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
§ Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
§ Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
§ Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika:
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran 1 ini, diantaranya:
*pertanyaan pemantaik
-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?
-bagaimana cara menuliskan angka dua puluh?
-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?
let's go!!
Membilang dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi ratusan.
Berapa banyaknya semua kue?
§ Jenis penghitungan apa yang dapat digunakan?
selanjutnya👇🏻
👉🏻Membandingkan bilangan adalah menentukan apakah suatu bilangan lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan lainnya. Untuk membandingkan bilangan, kita perlu memperhatikan nilai tempat dari setiap digit dalam bilangan tersebut.
Langkah-langkah membandingkan bilangan:
1. Perhatikan jumlah digit:
Bilangan dengan lebih banyak digit akan selalu lebih besar daripada bilangan dengan digit lebih sedikit.
2. Jika jumlah digit sama:
Mulai dari digit paling kiri (nilai tempat terbesar): Bandingkan digit pada nilai tempat tertinggi. Jika digitnya berbeda, bilangan dengan digit yang lebih besar adalah yang lebih besar.
Jika digit sama: Lanjutkan membandingkan digit pada nilai tempat berikutnya (di sebelah kanan) hingga Anda menemukan perbedaan
3. Gunakan simbol perbandingan:
>: (lebih dari):** Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih besar dari bilangan di sebelah kanan.
<: (kurang dari):** Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih kecil dari bilangan di sebelah kanan.
= (sama dengan):** Menunjukkan bahwa kedua bilangan memiliki nilai yang sama.
Contoh: 10 > 5 (10 lebih besar dari 5), 3 < 7 (3 lebih kecil dari 7), 8 = 8 (8 sama dengan 8

Kegiatan Penutup
· Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar