About

Rabu, 30 Juli 2025

Bahasa Indonesia materi Ajar Rabu, 30 Juli 2025

 

Bahasa Indonesia dan SBDP"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 29 juli 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 1 "Perasaanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan informasi dalam puisi


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat menemukan informasi dalam bacaan dan penggunaan hutuf kapital

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi

📚Bab 1 "mengenal warna"

*capaian pembalajaran SBDP

murid dapat mengenal dan menggunakan berbagai warna yaang belum pernah di kenali (tosca, mint, dll)

*Tujuan pemebalajaran SBDP

melalui mencampur warna murid dapat mengenal dan menggunakan berbagai warna yaang belum pernah di kenali (tosca, mint, dll)

* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card perasaanku dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

  • Pernahkah kalian mendengar nama kota?
  • bagaimana penulisan nama sebuah kota yang benar?

materi pembelajaran

bahasa indonesia

pemggunaan dan penulisan huruf kapital:


·         Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini.

·         bantulah peserta didik memahami teks tersebut

      Kemudian, jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik:

 Dalam sistem alfabet, umumnya terdapat dua kelompok huruf yang digunakan, yaitu huruf kapital dan huruf kecil. Huruf kapital atau huruf besar adalah suatu huruf yang berukuran lebih besar dan berbentuk khusus. Dalam sistem alfabet Latin, huruf-huruf tersebut adalah A hingga Z

·   Minta peserta didik berpasangan untuk berlatih tanya-jawab.



cobtoh puisi


·       

Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.

Kunci Jawaban

1. Pindah

2. Berpisah


*contoh latihan soal:

1. sebutkan judul puisi yang sudah kuta bacakan

jawaban: alah indahku

2. bagaimana peradaanmu setelah mendenger atau mebacakan puisi?

jawaban: senang, bahagia

3. apakah mimik wajah digunakan dalam membaca puisi?

jawaban: iyaa digunakan

      Let’s check this video 


 



SBDP



pengenalan warna primer, sekunder, dan cara mencampurnya untuk menghasilkan warna baru. Siswa juga belajar tentang berbagai jenis garis dan bagaimana mereka dapat digunakan untuk membuat karya seni yang menarik

Berikut adalah rincian materi warna untuk kelas 2:

1. Warna Primer:
Warna primer adalah warna dasar yang tidak dapat dibuat dari campuran warna lain.
Contoh warna primer: merah, kuning, dan biru.
Warna-warna ini menjadi dasar untuk menciptakan semua warna lain. 

2. Warna Sekunder:
Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer.
Contoh warna sekunder:
Hijau (kuning + biru)
Ungu (merah + biru)
Oranye (merah + kuning) 

3. Mencampur Warna:
Siswa diajak untuk bereksperimen mencampur warna primer untuk menghasilkan warna sekunder dan warna lain yang lebih beragam. 
Mencampur warna dengan takaran yang berbeda akan menghasilkan warna yang berbeda pula. 

4. Penggunaan Warna dalam Karya Seni:
Warna adalah salah satu unsur penting dalam karya seni. 
Warna dapat memberikan kesan dan suasana yang berbeda pada sebuah gambar atau karya seni. 
Siswa belajar mengenali warna-warna yang ada di sekitar mereka dan bagaimana warna tersebut dapat digunakan dalam karya sen

5.  Evaluasi  


Kegiatan Penutup 

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...