About

Selasa, 20 September 2022

Selasa

 Hari/Tanggal         : Selasa , 20 September 2021

Kelas                        : IV
Tema                        : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                  : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran        : 2

 

Tujuan Pembelajaran

3.     1. Siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.

4.      2. Siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari  Tema 3 Subtema 3 pembelajaran 1 yaitu tentang urutan wawancara dan membuat laporan tentang tumbuhan yang sudah kalian amati. tDan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 2 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN 2

PKn

Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli terhadap lingkungan.

Berikut ini adalah contoh sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita lakukan :

1.      Tidak berburu hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.

2.      Melakukan tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan)

3.      Melakukan reboisisasi (penghijauan kembali)

4.      Melakukan peremajaan tanaman

5.      Melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian tumbuhan dan hewan

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)



 

Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru.

Perbedaan antara montase dan mozaik, yaitu montase adalah menyusun ulang sesuatu (gambar) yang sudah ada dengan sesuatu (gambar) lainnya. Sedangkan mozaik itu membuat gambar dengan cara membentuk potongan – potongan kecil sehingga menjadi suatu gambar.   

Cara Membuat Montase

1.      Alat : gunting

2.      Bahan-bahan : majalah, koran , gambar-gambar yang akan dijadikan montase , kertas HVS atau karton dan lem.

3.      Langkah –langkah

a.      Potonglah gambar-gambar yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda.

b.      Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok.

c.   Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.

d.      Lihat hasil montase yang dibuat




 


Minggu, 18 September 2022

Materi Ajar T3 ST 3 PB 1

Hari/Tanggal        : Senin , 19 September 2022

Kelas                       : IV

Tema                       : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                 : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran       : 1

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.      1.Siswa mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

2.    2. siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat

3.    

Assalamu'alaikum, 

Welcome back to my blog.  How are you today ? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari  Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku, keberagaman tentang macam hewan dilihat dari bagian tubuhnya Dan juga habitat tempat tinggalnya. Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.


Let’s check this video.

VIDEO PEMBELAJARAN 1






IPS

Pemanfaatn sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan. Sebagai sumber daya alam, hewan dan tumbuhan di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bentuk pemanfaatn sumber daya alam hayati sebagai berikut :

a.       Pertanian

Dalam bidang pertanian meliputi tanaman pangan seperti padi, jangung, ketela pohon dan ubi.

b.      Perkebunan

Tanaman yang yang diusahakan dalam kegiatan perkebunan antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, kelapa sawit dan karet.

 

c.       Kehutanan

Kegiatan ini melestarikan hutan untuk kepentiangan manusia. Hasil dari kehutanan antara lain kayu, getah, obat-obatan  dan madu

d.      Peternakan

Kegiatan ini mengembangbiakkan hewan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat. Peternakan dibagi menjadi 3 yaitu peternakan besar meliputi, sapi, kerbau dan kuda. Peternakan kecil, meliputi kambing dan domba. Dan peternakan unggas antara lain, ayam, itik dan burung.

e.       Perikanan

Kegiatan ini menafaatkan sumber daya hayati perairan. Perikanan dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan budidaya dilakukan dengan cara memelihara seperti nila, lele, udang, bandeng, kerang dan rumput laut. Sedangkan perikanan tangkap dilakukan dengan cara mengambil langsung dari alam misalnya dengan cara memancing, menjaringg dan menjala.

 

 IPA 




Dari gambar di atas ada hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat. Si kap atau upaya yag dapat kita lakukan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut yaitu dengan cara merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah cara merawat hewan sebagai berikut :

a.       Menempatkan hewan di dalam kandang yang sesuai.

b.      Memberi makan dan minum secukupnya.

c.       Menempatkan kandang di tempat yang cukup sinar matahari.

d.      Membersihkan kandang setiap hari

e.       Mengobati hewan jika sakit.

Selain hewan peliharaan dan hewan ternak yang kita rawat dan jaga, hewan liar juga perlu dijaga dengan cara tidak melakukan perburuan liar. Karena perburuan liar dapat menyebabkan hewan liar berkurang dan punah.

Selanjutnya cara merawat tumbuhan sebagai berikut :

1.      Menyirami dengan air secara teratur.

2.      Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.

3.      Menyingai rumput yang tumbuh di sekitarnya.

4.      Memangkas tanaman yang sudah besar dan lebat.

5.      Melindungi dari serangan hama dan penyakit.

Senin, 19 September 2022

Senin

 Hari/Tanggal        : Senin , 19 September 2022

Kelas                       : IV

Tema                       : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Subtema                 : 3  Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran       : 1

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.      1.Siswa mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

2.    2. siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat

3.    

Assalamu'alaikum, 

Welcome back to my blog.  How are you today ? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari  Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku, keberagaman tentang macam hewan dilihat dari bagian tubuhnya Dan juga habitat tempat tinggalnya. Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.


Let’s check this video.

VIDEO PEMBELAJARAN 1






IPS

Pemanfaatn sumber daya alam hayati

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan. Sebagai sumber daya alam, hewan dan tumbuhan di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bentuk pemanfaatn sumber daya alam hayati sebagai berikut :

a.       Pertanian

Dalam bidang pertanian meliputi tanaman pangan seperti padi, jangung, ketela pohon dan ubi.

b.      Perkebunan

Tanaman yang yang diusahakan dalam kegiatan perkebunan antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, kelapa sawit dan karet.

 

c.       Kehutanan

Kegiatan ini melestarikan hutan untuk kepentiangan manusia. Hasil dari kehutanan antara lain kayu, getah, obat-obatan  dan madu

d.      Peternakan

Kegiatan ini mengembangbiakkan hewan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat. Peternakan dibagi menjadi 3 yaitu peternakan besar meliputi, sapi, kerbau dan kuda. Peternakan kecil, meliputi kambing dan domba. Dan peternakan unggas antara lain, ayam, itik dan burung.

e.       Perikanan

Kegiatan ini menafaatkan sumber daya hayati perairan. Perikanan dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan budidaya dilakukan dengan cara memelihara seperti nila, lele, udang, bandeng, kerang dan rumput laut. Sedangkan perikanan tangkap dilakukan dengan cara mengambil langsung dari alam misalnya dengan cara memancing, menjaringg dan menjala.

 

 IPA 




Dari gambar di atas ada hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat. Si kap atau upaya yag dapat kita lakukan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut yaitu dengan cara merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah cara merawat hewan sebagai berikut :

a.       Menempatkan hewan di dalam kandang yang sesuai.

b.      Memberi makan dan minum secukupnya.

c.       Menempatkan kandang di tempat yang cukup sinar matahari.

d.      Membersihkan kandang setiap hari

e.       Mengobati hewan jika sakit.

Selain hewan peliharaan dan hewan ternak yang kita rawat dan jaga, hewan liar juga perlu dijaga dengan cara tidak melakukan perburuan liar. Karena perburuan liar dapat menyebabkan hewan liar berkurang dan punah.

Selanjutnya cara merawat tumbuhan sebagai berikut :

1.      Menyirami dengan air secara teratur.

2.      Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.

3.      Menyingai rumput yang tumbuh di sekitarnya.

4.      Memangkas tanaman yang sudah besar dan lebat.

5.      Melindungi dari serangan hama dan penyakit.

Rabu, 14 September 2022

Rabu

 Hari/tanggal    : Rabu, 14 September  2022

Kelas                : IV

Tema                : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup) 

Sub tema         : 2 (keberagaman Makhluk Hidup di lingkungan ku)

Pembelajaran  : 3 

 Tujuan Pembelajaran :

a)      Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian hewan dan fungsinya dengan benar.

b)      Setelah mengamati, siswa mampu membuat laporan tentang bagian-bagian hewan dalam bentuk diagram venn

Assalamu'alaikum,  

Welcome back toy blog. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 1 & 2 tentang Sumber daya alam hewan yang harus dilestarikan serta mengetahui hak dan kewajiban kita dalam memelihara hewan peliharaan. Untuk hari ini kita akan memasuki pembelajaran 3 ya tentang karakteristik bagian-bagian hewan serta fungsinya dengan benar.

Yuk kita simak video pembelajaran berikut ini.

Pembelajaran 3


Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu hari, ketikaEdo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka.

Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung merpati dan lengkapi tabel di bawahnya.


 Jawaban:

1. Bagian Tubuh: Paruh
Fungsi: Paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya.

2. Bagian Tubuh: Sayap
Fungsi: Sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya.

3. Bagian Tubuh: Ekor
Fungsi: Ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang.

4. Bagian Tubuh: Cakar
Fungsi: Cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit).

5. Bagian Tubuh: Mata

Fungsi: Mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya

Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara labalaba dan kumbang dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini.

Jawaban:

Laba-laba

Jumlah Kaki: 8
Jumlah Sayap: Tidak ada

Jumlah Mata: 2
Ciri-ciri lain:

– Membutuhkan makkanan

– Berkembang biak dengan bertelur
– Memiliki mata majemuk
– Memiliki rahang pengunyah
– Bisa terbang
– Memiliki antena

Lengkapi diagram berikut untuk menampilkan persamaan dan perbedaan antara laba-laba dan kumbang.

  Jawaban:

Jumat, 09 September 2022

Jumat

 Hari/ Tanggal : Jumat/ 09 September 2022

Kelas                : IV

Tema                :3 ( Peduli terhadap mahluk hidup) 

Sub tema         : 1 (Hewan dan Tumbuhan di lingkungan rumahku)

Pembelajaran  :  6 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 6

1. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat. 

2. Dengan melakukan refleksi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 


Assalamu'alaikum, 
Welcome to my blog. 
Dan semoga semua dalam keadaan sehat. 

Kemarin kita sudah berdiskusi untuk membahas pertanyaan apa yg cocok diterapkan pada wawancara, macam pertanyaan itu ada adalah, apa, dimana, siapa, mengapa, bagaimana dan kapan, 

Untuk hari ini kita akan membahas tentang hal hal yang harus diperhatikan dalam melakukan wawancara yaitu pada Tema 3 Subtema 1 dan pembelajaran 6


Lets check this video.

Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6




Ringkasan Materi


Pembelajaran 6

Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara.
Agar hasil wawancara maksimal, maka pewancara perlu memperhatikan hal-hal penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara

Sebelum Melakukan Wawancara 
1. Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai. 
2. Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu. 
3. Berpakaian dengan sopan. 
4. Berbicara dan bersikap santun. 
5. Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan. 
6. Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana). 
7. Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

Ketika Sedang Melakukan Wawancara 
1. Perkenalkan diri sebelum wawancara. 
2. Sampaikan tujuan wawancara. 
3. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan. 
4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara. 
5. Sebutkan nama narasumber secara lengkap. 
6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara. 
7. Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
8. Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus. 
9. Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber. 
10. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit. 
11. Hormati petunjuk narasumber. 
12. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber. 
13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat

Setelah Melakukan Wawancara 
1. Mohon diri. 
2. Ucapkan terima kasih. 
3. Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...