Hari/Tanggal : Selasa , 20 September 2021
Kelas : IV
Tema : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)
Subtema : 3 Ayo Cinta Lingkungan
Pembelajaran : 2
Tujuan Pembelajaran
3. 1. Siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.
4. 2. Siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Tema 3 Subtema 3 pembelajaran 1 yaitu tentang urutan wawancara dan membuat laporan tentang tumbuhan yang sudah kalian amati. tDan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 2 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN 2
PKn
Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli terhadap lingkungan.
Berikut ini adalah contoh sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita lakukan :
1. Tidak berburu hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.
2. Melakukan tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan)
3. Melakukan reboisisasi (penghijauan kembali)
4. Melakukan peremajaan tanaman
5. Melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian tumbuhan dan hewan
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru.
Perbedaan antara montase dan mozaik, yaitu montase adalah menyusun ulang sesuatu (gambar) yang sudah ada dengan sesuatu (gambar) lainnya. Sedangkan mozaik itu membuat gambar dengan cara membentuk potongan – potongan kecil sehingga menjadi suatu gambar.
Cara Membuat Montase
1. Alat : gunting
2. Bahan-bahan : majalah, koran , gambar-gambar yang akan dijadikan montase , kertas HVS atau karton dan lem.
3. Langkah –langkah
a. Potonglah gambar-gambar yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda.
b. Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok.
c. Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.
d. Lihat hasil montase yang dibuat
Minggu, 18 September 2022
Materi Ajar T3 ST 3 PB 1
Hari/Tanggal : Senin , 19 September 2022
Kelas : IV
Tema : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)
Subtema : 3 Ayo Cinta Lingkungan
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran
1. 1.Siswa mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
2. 2. siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat
3.
Assalamu'alaikum,
Welcome back to my blog. How are you today ? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku, keberagaman tentang macam hewan dilihat dari bagian tubuhnya Dan juga habitat tempat tinggalnya. Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.
Let’s check this video.
VIDEO PEMBELAJARAN 1
IPS
Pemanfaatn sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan. Sebagai sumber daya alam, hewan dan tumbuhan di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bentuk pemanfaatn sumber daya alam hayati sebagai berikut :
a. Pertanian
Dalam bidang pertanian meliputi tanaman pangan seperti padi, jangung, ketela pohon dan ubi.
b. Perkebunan
Tanaman yang yang diusahakan dalam kegiatan perkebunan antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, kelapa sawit dan karet.
c. Kehutanan
Kegiatan ini melestarikan hutan untuk kepentiangan manusia. Hasil dari kehutanan antara lain kayu, getah, obat-obatan dan madu
d. Peternakan
Kegiatan ini mengembangbiakkan hewan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat. Peternakan dibagi menjadi 3 yaitu peternakan besar meliputi, sapi, kerbau dan kuda. Peternakan kecil, meliputi kambing dan domba. Dan peternakan unggas antara lain, ayam, itik dan burung.
e. Perikanan
Kegiatan ini menafaatkan sumber daya hayati perairan. Perikanan dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan budidaya dilakukan dengan cara memelihara seperti nila, lele, udang, bandeng, kerang dan rumput laut. Sedangkan perikanan tangkap dilakukan dengan cara mengambil langsung dari alam misalnya dengan cara memancing, menjaringg dan menjala.
IPA
Dari gambar di atas ada hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat. Si kap atau upaya yag dapat kita lakukan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut yaitu dengan cara merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah cara merawat hewan sebagai berikut :
a. Menempatkan hewan di dalam kandang yang sesuai.
b. Memberi makan dan minum secukupnya.
c. Menempatkan kandang di tempat yang cukup sinar matahari.
d. Membersihkan kandang setiap hari
e. Mengobati hewan jika sakit.
Selain hewan peliharaan dan hewan ternak yang kita rawat dan jaga, hewan liar juga perlu dijaga dengan cara tidak melakukan perburuan liar. Karena perburuan liar dapat menyebabkan hewan liar berkurang dan punah.
Selanjutnya cara merawat tumbuhan sebagai berikut :
1. Menyirami dengan air secara teratur.
2. Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.
3. Menyingai rumput yang tumbuh di sekitarnya.
4. Memangkas tanaman yang sudah besar dan lebat.
5. Melindungi dari serangan hama dan penyakit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar