About

Jumat, 07 Oktober 2022

Jumat

 Hari/tanggal   : Jumat, 07 Oktober  2022

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 4

 Tujuan Pembelajaran :


a)        Setelah membaca cerita, siswa mampu menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila dengan benar.

b)         Setelah membaca cerita, siswa mampu menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila ketiga pancasila dengan benar

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 3 tentang pemanfaatan sampah kembali sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam salam kehidupan sehari-hari. Dan untuk hari ini kita akan masuk ke pembelajaran 4 yaitu tentang pengamalan sila ke tiga Pancasila. 

Pembelajaran 4

Buka lah buku tema kalian halaman 76 dan bacalah teks berikut ini dalam hati!


Dari Dokter Rana kita belajar bahwa ketika kita bekerja haruslah bermanfaat bagi orang lain.
Menjadi seorang dokter juga harus rendah hati dan menghargai orang lain.

Masih ingatkah kamu dengan cerita Dayu yang diejek oleh Dadu?
Apa yang dapat kamu lakukan supaya hal itu tidak terjadi?

Oleh sebab itu agar tidak terjadi sesuatu pertengkaran dengan teman kita harus mengamalkannya sila ke tiga yaitu persatuan Indonesia. Salah satu nya yang dapat kita lakukan dikelas adalah dengan membuat aturan yang dapat dilaksanakan agar kelas menjadi tertib. 

Buatlah kesepakatan kelas dengan teman-teman supaya antarteman tidak saling menyakiti.
Tulislah ide-idemu.

Berikut contohnya.

Berdasarkan contoh diatas jawablah pertanyaan dibawah ini. 

1. Apakah kelas kalian memiliki kesepakatan bersama? 

2. Tuliskan kesepakatan atau aturan yang ada dikelas? 

Baiklah anak anak.. Itulah tadi pembelajaran hari ini. Jangan lupa untuk rajin belajar dan juga melaksanakan sholat lima waktunya. 

Terimakasih anak sholeh dan sholehah. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Kamis, 06 Oktober 2022

Kamis

 Hari/tanggal   : Kamis , 06 Oktober  2022

Kelas                : IV

Kegiatan           : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our activity,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Hari ini SD Al Azhar Bandar Lampung melaksanakan kegiatan "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW" Yang dilaksanakan di masjid Al Azhar. 

Kegiatan ini akan diisi dengan ceramah dan pengetahuan tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Lets check this material


Maulid Nabi Muhammad ﷺ kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (Arabمولد النبي‎Mawlid an-Nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad ﷺ, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad ﷺ wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa, bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten. Dan tradisi endhog-endhogan yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa-Using di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Semoga kita senantiasa meneladani segala akhlak baik yang pernah dicontohkan Rasulullah."

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 05 Oktober 2022

Rabu

 Hari/tanggal   : Rabu, 05 Oktober  2022

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 3

 Tujuan Pembelajaran :

a)        Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.

b)       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.



Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran  2 tentang makna Pancasila sila. Kedua. Dan kegiatan apa yang mencerminkan sila kedua. 

Untuk hari ini kita akan memasuki pembelajaran 3 tentang pemanfaatan sampah. 

Let's check this video. 

Pembelajaran 3

Let's See this video



Bacalah teks dengan membaca senyap!


Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.
Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu.
Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Bendabenda lain yang terbuat dari kayu juga berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan.
Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan perajin. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur).
Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak diantaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.

Perhatikan tabel di bawah!
Tuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber
daya alam yang digunakan!

Jawaban nya: lihat tabel dibawah ini!

CATATAN: (SILAHKAN DI CATAT ULANG DI BUKU TULIS KALIAN)

 Sumber daya alam adalah semua yang berasal dari Bumi, biosfer, dan atmosfer. Sumber daya alam memiliki peranan penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, sumber daya alam juga penting sebagai tempat tinggal manusia.

Jenis sumber daya alam Jenis sumber daya alam bisa dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan macamnya. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi:

1.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui . Jenis ini adalah sember daya yang bergantung pada manajemennya. Persediaannya bisa menurun atau meningkat. Jika dikelola dengan baik, jenis ini bisa pulih dan regenerasi kembali. Contohnya adalah tanah, hutan, hewan, dan tumbuhan.

 2.       Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ini merupakan sumber daya yang secara fisik akan habis dan tidak bisa digunakan kembali. Contohnya batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Sumber daya alam yang tidak habis. Contohnya adalah udara, matahari, dan energi air.

Baiklah anak sholeh dan sholehah silahkan kerja kan terlebih dahulu soal berikut ini. 

1. Jenis sumber daya alam apa saja yang kamu manfaatkan?

2. Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaannya?

Itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa untuk tetap melaksanakan sholat dan mengaji ya. Semoga ilmu yang kalian dapat memperoleh keberkahan dalam hidup. 

Wassalam mualaikum warahmatullah barakaatuhu

Selasa, 04 Oktober 2022

Selasa

 Hari/tanggal   : Selasa, 04 Oktober  2022

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 2

 Tujuan Pembelajaran :

A)          Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila dengan benar.

B)         Setelah diberikan masalah, siswa mampu menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila dengan terperinci.



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh


Good morning my students? How are you this morning? I hope you are very well. 

 Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masihmengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 yaitu tentang menilai sebuah cerita secara detail. Dan untuk hari ini kita akan memasuki pembelajaran 2 ya.. 


Let's check this video



Pembelajaran 2


Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made
sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.
Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima
pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan,
mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya
lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.
Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.
Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.


Dayu Tidak Mau Sekolah
Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu tidak mau masuk sekolah karena malu.

Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang setara. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Tindakan Dadu menyakiti perasaan Dayu.

Perhatikan pertanyaan berikut!

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

Jawaban: Dadu mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu.

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?

Jawaban: Dayu merasa sedih karena diejek dan ditertawakan Dadu.

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!

Jawaban: Tidak setuju apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain.

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!

Jawaban: Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.


Itulah td pembelajaran kita hari ini. Sebagai pengayaan untuk kalian coba jawablah pertanyaan dibawah ini

Jawablah pertanyaan dibawah ini. 

1. Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?

2. Apa makna simbol sila kedua Pancasila?

Baiklah anak sholeh dan sholehah tetap istiqomah dalam menjalankan sholat 5 waktu ya.

See you in the next blog. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 03 Oktober 2022

senin

 Hari/tanggal   : Senin, 03 Oktober  2022

Kelas                : IV

Tema                : 4 (Berbagai Pekerjaan) 

Sub tema         : 2 (Pekerjaan di sekitarku)

Pembelajaran  : 1

 Tujuan Pembelajaran :

a)          Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.

b)         Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan rinci


 Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh
 God morning my students? How is your life today? I hope you're in a good condition. 

Before we start our lesson let's say basmalah
Bismillahirrahmanirrahim

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang jenis-jenis pekerjaan dan macam pekerjaan sesuai dengan daerah tempat tinggal, ada yg di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.. Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Pekerjaan di sekitarku. 

Pembelajaran 1

Let's see this video.


 

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas
sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.



Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.

Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

Tahukah kamu bagaimana ikan bisa kita makan?
Amati gambar di samping!


  Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih. 

 


Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.


Pekerjaan yang Menghasilkan jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.

Cobalah jawab pertanyaan berikut

1. Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang disekitar tempat tinggal mu? 

2. Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa disekitar tempat tinggal mu? 

Dan itulah td pembelajaran kita hari. Semoga Allah melancarkan kita dalam setiap pembelajaran. Dan jangan lupa untuk menjalankan ibadah sholat dan memgajinya. Terimakasih. See you in the next blog. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatu

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...