MATEMATIKA dan SBDP"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Jumat, 22 Agustus 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan SBDP
📚Bab 1 "penjumlahan bilangan cacah"
*Capaian Pembelajaran Matematika :
Tujuan jam ke-1:
1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan
Alur Tujuan Pembelajaran Unit :
v Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
§ Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
§ Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
§ Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar (Matematika) :
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran 1 ini, diantaranya:
*pertanyaan pemantik
-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?
-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?
-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?
let's go!!
- Tulis angka-angka yang akan dijumlahkan dalam bentuk menurun, pastikan satuan, puluhan, dan ratusan (jika ada) diluruskan.
- Mulai dari kolom satuan, jumlahkan angka-angka yang ada di kolom tersebut. Jika hasilnya lebih dari 9, tulis angka satuan dari hasil penjumlahan di kolom satuan, dan simpan angka puluhan di kolom puluhan (carry over).
- Jumlahkan angka-angka di kolom puluhan, termasuk angka yang disimpan dari penjumlahan satuan (jika ada). Tulis hasilnya di kolom puluhan, dan simpan angka ratusan (jika ada).
- Jumlahkan angka-angka di kolom ratusan, termasuk angka yang disimpan dari penjumlahan puluhan (jika ada). Tulis hasilnya di kolom ratusan.
- Hasil penjumlahan adalah angka yang terbentuk dari hasil penjumlahan di setiap kolom.
- 8 + 5 = 13 (satuan). Tulis 3 di kolom satuan, simpan 1 di kolom puluhan.
- 7 + 4 + 1 (yang disimpan) = 12 (puluhan). Tulis 2 di kolom puluhan, simpan 1 di kolom ratusan.
- 2 + 1 + 1 (yang disimpan) = 4 (ratusan).
Let’s check this video |
· Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar