About

Selasa, 19 Agustus 2025

B.Indonesia, 19 Agustus 2025

 

"Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Selasa, 19 agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 1 "Perasaanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan informasi dalam puisi.


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat menemukenali berbagai jenis perasaan dengan tepat

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi


*Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card cerita bergambar cara menjaga kesehatan dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

Siswa memiliki pemahaman mengenal cara menjaga kesehatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan

kesehtana diri sehari-hari serta memahami kalimat dengan unsur subjek, predikat dan objek.

  • §  Berapa lama kalian melihat layar gawai setiap hari?

    §  Mengapa kita perlu membatasi waktu memakai gawai?

    §  Apa saja yang bisa mengganggu kesehatan mata?

    §  Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?

    §  Apa olahraga kesukaan kalian?

    §  Berapa kali dalam seminggu kalian berolahraga?




·     Minta para peserta didik menyebutkan apa saja yang termasuk gawai untuk memeriksa pemahaman mereka tentang kosakata ini.

·     Kemudian, minta mereka membuat satu contoh kalimat menggunakan kata “gawai”.

Alur Konten Capaian Pembelajaran

Menanyakan dan menjawab pertanyaan teman.


·         Ajaklah peserta didik bermain “Siapa Aku?”.

·         Pilih satu peserta didik untuk ditutup matanya, kemudian pilih tiga peserta didik lain sebagai teman misterius.

·         Bimbing peserta didik yang ditutup matanya untuk berdiri di dekat ketiga temannya. Lalu, minta dia untuk memilih satu teman misterius.

·         Peserta didik yang ditutup matanya boleh menanyakan pertanyaan apa saja kecuali mengajukan pertanyaan tentang nama.

·         Minta peserta didik untuk menggunakan kata tanya ketika berusaha mendapatkan petunjuk dari teman misterius.

·         Misal: Di mana rumahmu? Apa warna sepatumu? Apa lagu kesukaanmu? Apa bekalmu hari ini?

·         Setiap peserta didik memiliki waktu 20 detik untuk bertanya.

·         Setelahnya, peserta didik harus menebak nama teman misterius pilihannya itu.

Usahakan semua mendapat giliran bertanya dan menjawab.


Berikut adalah beberapa contoh kosakata baru dalam Bahasa Indonesia yang cocok untuk siswa kelas 2, beserta penjelasannya:
1. Benda:
  • Gawai: Alat elektronik portabel seperti ponsel atau tablet.
  • Layar: Permukaan datar pada perangkat elektronik yang menampilkan gambar atau informasi.
  • Baterai: Sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik.
  • Saklar: Alat untuk menghubungkan atau memutus aliran listrik.
  • Tombol: Bagian dari perangkat elektronik yang ditekan untuk mengaktifkan fungsi tertentu.
2. Aktivitas:
  • Daring: Terhubung ke internet atau jaringan komputer.
  • Mencari: Berusaha menemukan sesuatu.
  • Menjelajah: Berpindah-pindah tempat untuk melihat-lihat.
  • Menulis: Membuat tulisan dengan tangan atau alat tulis.
  • Membaca: Melihat dan memahami tulisan.
3. Sifat:
  • Aman: Bebas dari bahaya.
  • Nyaman: Memberikan rasa senang dan tentram.
  • Lengkap: Utuh, tidak kurang.
  • Berani: Tidak takut.
  • Rajin: Suka bekerja.
4. Lain-lain:
  • Adab: Tata krama, sopan santun.
  • Afdal: Lebih utama, lebih baik.
  • Blangko: Kosong.
  • Bumper: Bagian depan atau belakang kendaraan yang melindungi dari benturan. 

Kosakata-kosakata ini dipilih karena sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan sesuai dengan materi pembelajaran di kelas 2. Penting untuk memberikan contoh kalimat atau situasi penggunaan agar siswa lebih mudah memahami dan mengingatnya.



Let’s check this video 


 

                                




                                 


*Evaluasi /refleksi (Kegiatan Penutup)

    Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan

     Guru memberikan tugas rumah sederhana berupa tulisan dengan bantuan buku paket.

     Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

: Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 29 Oktober 2025

  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 29 oktober 2025 Sekolah                   : SD al azhar 3 Mata Pelajara...