Alur Konten Capaian Pembelajaran
Menanyakan dan menjawab pertanyaan teman.
· Ajaklah peserta didik bermain “Siapa Aku?”.
· Pilih satu peserta didik untuk ditutup matanya, kemudian pilih tiga peserta didik lain sebagai teman misterius.
· Bimbing peserta didik yang ditutup matanya untuk berdiri di dekat ketiga temannya. Lalu, minta dia untuk memilih satu teman misterius.
· Peserta didik yang ditutup matanya boleh menanyakan pertanyaan apa saja kecuali mengajukan pertanyaan tentang nama.
· Minta peserta didik untuk menggunakan kata tanya ketika berusaha mendapatkan petunjuk dari teman misterius.
· Misal: Di mana rumahmu? Apa warna sepatumu? Apa lagu kesukaanmu? Apa bekalmu hari ini?
· Setiap peserta didik memiliki waktu 20 detik untuk bertanya.
· Setelahnya, peserta didik harus menebak nama teman misterius pilihannya itu.
Usahakan semua mendapat giliran bertanya dan menjawab.
Berikut adalah beberapa contoh kosakata baru dalam Bahasa Indonesia yang cocok untuk siswa kelas 2, beserta penjelasannya:
- Gawai: Alat elektronik portabel seperti ponsel atau tablet.
- Layar: Permukaan datar pada perangkat elektronik yang menampilkan gambar atau informasi.
- Baterai: Sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik.
- Saklar: Alat untuk menghubungkan atau memutus aliran listrik.
- Tombol: Bagian dari perangkat elektronik yang ditekan untuk mengaktifkan fungsi tertentu.
- Daring: Terhubung ke internet atau jaringan komputer.
- Mencari: Berusaha menemukan sesuatu.
- Menjelajah: Berpindah-pindah tempat untuk melihat-lihat.
- Menulis: Membuat tulisan dengan tangan atau alat tulis.
- Membaca: Melihat dan memahami tulisan.
- Nyaman: Memberikan rasa senang dan tentram.
- Adab: Tata krama, sopan santun.
- Afdal: Lebih utama, lebih baik.
- Bumper: Bagian depan atau belakang kendaraan yang melindungi dari benturan.
Kosakata-kosakata ini dipilih karena sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan sesuai dengan materi pembelajaran di kelas 2. Penting untuk memberikan contoh kalimat atau situasi penggunaan agar siswa lebih mudah memahami dan mengingatnya.
Let’s check this video
*Evaluasi /refleksi (Kegiatan Penutup) |
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan tugas rumah sederhana berupa tulisan dengan bantuan buku paket.
Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.
: Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi