About

Jumat, 15 Agustus 2025

Matematika dan SBDP, Jumat, 15 Agustus 2015

MATEMATIKA dan SBDP"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : jumat, 15 Agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 1 "ayo menjumlahkan sampai 50"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat membilang menggunakan benda konkret atau abstar sampai 50
- murid dapat membandingkan dua bilangan cacah hingga puluhan

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.

*

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "Bilang cacah - 50 "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
pensil warna, stik ice cream dan gambar


*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

Matematika:

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!

Peserta didik akan bereksplorasi untuk mencoba berbagai cara melakukan penjumlahan.

2. Guru dapat mengenalkan beberapa strategi penjumlahan yang terdapat pada Buku Siswa.

3. Guru dapat mengembangkan strategi tersebut atau memberikan strategi yang berbeda.

4. Peserta didik dapat memilih strategi yang dianggap paling mudah. Jika memungkinkan,

mereka dapat diminta menemukan strategi baru.

5. Guru membacakan cerita atau soal yang terdapat pada Buku Siswa.

Tika memetik 12 buah jambu air. Kira memetik 6 lebihnya dari banyak jambu air milik Tika. Berapa banyak jambu air yang dipetik oleh Kira?

6. Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal cerita tersebut secara berkelompok. Mereka dapat menggunakan strategi yang dipahami.

7. Guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan hasil temuannya.

8. Guru membahas tiga strategi melakukan

 penjumlahan secara klasikal.

Cara 1: Menghitung Maju

9. Guru menggambar garis bilangan di papan tulis sebelum memulai pembelajaran.

10. Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan dengan menghitung maju satu-satu.

12 + 6 = ...



contoh soal:
11). berapakah angka setelah 12...
22). 15+5 adalah...
))3). hitunglah dengan hitungan maju 27+7...


*SBDP: 
Bentuk garis geometris:

pertamyaan  pemantik
-apakah kamu tau garis vertikal?
-apakah ada benda yg terbentuk dari gatis pada benda disekitarmu daat ini?
-sebutkan garu apa saja apa saja yang kamu ketahui?
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 29 Oktober 2025

  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 29 oktober 2025 Sekolah                   : SD al azhar 3 Mata Pelajara...