MATEMATIKA dan SBDP"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : jumat, 15 Agustus 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
📚Bab 1 "ayo menjumlahkan sampai 50"
*Capaian Pembelajaran Matematika :
Tujuan jam ke-1:
1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan
Alur Tujuan Pembelajaran Unit :
v Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
§ Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
§ Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
§ Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
*
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika:
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran 1 ini, diantaranya:
*pertanyaan pemantik
-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?
-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?
-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?
let's go!!
Peserta didik akan bereksplorasi untuk mencoba berbagai cara melakukan penjumlahan.
2. Guru dapat mengenalkan beberapa strategi penjumlahan yang terdapat pada Buku Siswa.
3. Guru dapat mengembangkan strategi tersebut atau memberikan strategi yang berbeda.
4. Peserta didik dapat memilih strategi yang dianggap paling mudah. Jika memungkinkan,
mereka dapat diminta menemukan strategi baru.
5. Guru membacakan cerita atau soal yang terdapat pada Buku Siswa.
Tika memetik 12 buah jambu air. Kira memetik 6 lebihnya dari banyak jambu air milik Tika. Berapa banyak jambu air yang dipetik oleh Kira?
6. Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan soal cerita tersebut secara berkelompok. Mereka dapat menggunakan strategi yang dipahami.
7. Guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan hasil temuannya.
8. Guru membahas tiga strategi melakukan
penjumlahan secara klasikal.
Cara 1: Menghitung Maju
9. Guru menggambar garis bilangan di papan tulis sebelum memulai pembelajaran.
10. Guru mencontohkan cara melakukan penjumlahan dengan menghitung maju satu-satu.
12 + 6 = ...








Tidak ada komentar:
Posting Komentar