Welcome to Grade VI A
Lesson : Tematika
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Good morning soleh solehah kelas VIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 2 kemarin?
bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3&4 ini kita akan mempelajari tentang cara mewarnai patung dan membuat komik pelestarian hewan dan tumbuhan.
Media pembelajaran
1. Lcd proyektor dan video pembelajaran
Materi Ajar
Ayo Mengamati
• Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar pada buku pelajaran dan mendiskusikannya dalam kelompok
Guru berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan apabila diskusi tidak berjalan lancar
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
• Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka sudah belajar tentang manfaat perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Semua cara perkembangbiakan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan mahluk hidup.
Ayo Mencoba
• Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat poster. Mereka sudah mempelajari poster di kelas sebelumnya. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca.
• Siswa kemudian mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau tumbuhan. Siswa dapat membuat poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan.
• Siswa dapat mengampanyekan pelestarian hewan atau mahluk hidup kepada adik kelasnya. Poster dinilai dengan menggunakan rubrik dan disosialisasikan kepada siswa. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian.
Ayo Menulis
Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
• Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa. Bunga Melati berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih dan aroma yang lembut menenangkan. Pemeliharaan melati cukup mudah. Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga.
• Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.
• Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan
Latihan Soal
Buatlah sebuah poster tentang menjaga hewan atau tumbuhan disekitar kita, kemudian kampanyekan kepada adik kelasmu !
Jawaban
Keindahan alam adalah anugerah yang menumbuhkan penghargaan dan rasa syukur.Sayangi lingkungan seperti mereka menyayangi kita.
"Ada kecukupan di dunia untuk kebutuhan manusia, tetapi tidak untuk keserakahan manusia.
Kesimpulan:
1. Poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata, dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.
2. Pada tumbuhan, ada dua cara berkembang biak yaitu secara vegetatif dan secara generatif.
3.Sifat Komutatif (Pertukaran) : a + b = b + a = c
Alhamdulillah kelas 6A dengan jumlah siswa 24 sebagian besar sudah memahami materi tentang poster dan perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. 1 siswa belum memahami materi tentang perkembangbiakan hewan dan rencananya akan diberikan pr tambahan.
SAlhifammmiatif (Pengelompokan) : (a + b) + c = a + (b + c) = d
Sifat Distributif (Penyebaran) : a × (b + c) = (a × b) + (a × c) = d
Dari 17 siswa yang hadir 17 siswa memahami materi yang disampaikan guru, terlihat dari hasil post test yang mendapatkan nilai di atas KKM.
Penutup
semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran 5 ya nak.
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar