About

Rabu, 28 Agustus 2024

 

Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6 

(Jumat, 30 Agustus 2024)

  


 

Welcome to Grade VIA
 

Lesson                      : Tematik

Tema 2                      : Persatuan dalam perbedaan

Subtema 3               : Bersatu Kita teguh
 
Pembelajaran           : 5 dan 6


Muatan Pelajaran     :Mtk(3.3), IPS (3.4), SBDP (3.3) dan B.Indonesia (3.4)


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi..

2. siswa mampu  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

3. siswa mampu  Memahami penampilan tari kreasi daerah.

4. siswa mampu Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

 

 

Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI B SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 5,6  di subtema 4, kita akan mempelajari tentang Memahami penampilan tari kreasi daerah.

 

RINGKASAN MATERI

‘Bersatu Kita Teguh’ adalah semboyan bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Ayo Berdiskusi 

Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok! 

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia 

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya: Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi: Pinjaman Nasional Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.

Konferensi Ekonomi Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Rencana Kasimo (Kasimo Plan) Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar : • menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.; • di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul; • pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan; • di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit; • transmigrasi. Persatuan Tenaga Ekonomi Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.

 

Ayo Berlatih 
Perhatikan soal cerita berikut! Sebuah kelompok tari Indang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berapakah rasio (perbandingan) siswa laki-laki terhadap siswa perempuan? Sebelum menjawab soal di atas, perhatikan penjelasan berikut terlebih dahulu! Apakah rasio (perbandingan) itu? Rasio digunakan untuk membandingkan beberapa jumlah atau kuantitas satu sama lain. Rasio yang paling sederhana adalah membandingkan dua nilai, namun membandingkan tiga nilai atau lebih juga mungkin untuk dilakukan. Bagaimana langkah-langkah dalam menentukan rasio? 
Perhatikan gambar dan penjelasan berikut!



 

 

Latihan

1. Kerukunan hidup bermasyarakat merupakan syarat untuk ….
a. Mencapai kebahagiaan
b. Mencari dukungan negara lain
c. Mencari keuntungan negara
d. Menjaga keutuhan bangsa dan negara

Jawaban : Menjaga keutuhan bangsa dan negara

2. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena rakyat ….
a. Bersatu padu
b. Gagah berani
c. Pandai silat
d. Pintar perang

Jawaban : bersatu padu.

3. Kita wajib …. Kemerdekaan.
a. Menuntut
b. Mensyukuri
c. Melupakan
d. Menjaga

Jawaban : menjaga.

4. Halangan dan kesulitan dapat teratasi dengan adanya ….
a. Bantuan negara lain
b. Pemimpin tangguh
c. Individualisme
d. Persatuan yang kuat dan erat

Jawaban : Persatuan yang kuat dan erat.

5. Yang berkewajiban menjaga persatuan dan kesatuan NKRI adalah ….
a. TNI
b. Presiden
c. Semua warga negara
d. Polisi

Jawaban : semua warga negara.

6. Kata baku biasa digunakan dalam ….
a. Kalimat nonformal
b. Kalimat formal
c. Percakapan harian
d. Menyapa orang yang lebih muda

Jawaban : kalimat formal

7. Berikut ini contoh kata baku, kecuali ….
a. Apotek
b. Negri
c. Foto
d. Arsip

Jawaban : negri

8. Kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar yaitu ….
a. Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.
b. Memiliki rasa bangga sebagai bangsa dan negri.
c. Meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika.
d. Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman yang amat banyak.

Jawaban : Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.

9. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
Perbaikan penulisan kalimat di atas yang benar adalah ….
a. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan Republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
b. Warna Merah-Putih pada bendera negara kesatuan Republik Indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
c. Warna merah-putih pada Bendera Negara Kesatuan republik Indonesia diambil dari kerajaan majapahit.
d. Warna merah-putih pada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia diambil dari Kerajaan Majapahit.

Jawaban : Warna merah-putih pada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia diambil dari Kerajaan Majapahit.

10. B.M. diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.
Kalimat efektif yang tepat dari kalimat di atas adalah ….
a. B.M.Diah memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya.
b. B.M.Diah mengais naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
c. B.M.Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
d. B.M. Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.

Jawaban : B.M. Diah memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah.

11. Pupuk yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan berasal dari ….
a. Sisa industri
b. Bahan kimia
c. Kotoran hewan
d. Zat-zat langka

Jawaban : kotoran hewan

12. Berikut tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kecuali ….
a. Pohon jati
b. Pohon kedelai
c. Pohon bambu
d. Pohon meranti

Jawaban : pohon kedelai

13. Tumbuhan yang digunakan untuk mengobati ginjal adalah ….
a. Daun jambu biji
b. Daun jeruk nipis
c. Daun sirih
d. Daun kumis kucing

Jawaban : daun kumis kucing

14. Temulawak berkhasiat untuk ….
a. Melancarkan pencernaan
b. Mengobati batuk
c. Mengobati gusi berdarah
d. Mengobati ginjal

Jawaban : melancarkan pencernaan.

15. Berikut manfaat hewan bagi kehidupan manusia, kecuali …
a. Sebagai hiasan rumah
b. Sebagai sumber protein hewani
c. Dimanfaatkan tenaganya
d. Sebagai bahan sandang

Jawaban : sebagai hiasan rumah.

16. Beredarnya mata uang Jepang yang tidak terkendali mengakibatkan ….
a. Defiasi
b. Defisit
c. Inflasi
d. Surplus

Jawaban : inflasi

17. Menteri Kemakmuran yang memimpin konferensi ekonomi adalah ….
a. Ir. Surachman
b. Dr. A.K Gani
c. Sutan Syahrir
d. Moh. Hatta

Jawaban : Dr. A.K Gani

18. Setelah Indonesia merdeka, pasukan Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng ….
a. Jepang
b. Uni Soviet
c. Korea
d. Sekutu

Jawaban : sekutu

19. Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya ….
a. Sedikit
b. Sejahtera
c. Banyak
d. Kurang mampu

Jawaban : sejahtera

20. Dalam konfrensi ekonomi pertama, pemerintah menanggulangi masalah ekonomi secara ….
a. Konseptual
b. Administrasi
c. Konkrit
d. Selektif

Jawaban : konseptual. 

21. Membentuk pola lantai bertujuan untuk …
a. Menambah kreasi tari
b. Agar terlihat nyaman
c. Memberikan semangat
d. Mempercantik tari

Jawaban : Menambah kreasi tari

22. Motif yang terbentuk karena gerakan penari dinamakan ….
a. Pola tari
b. Pola gerak
c. Pola mimik
d. Pola lantai

Jawaban : pola lantai

23. Unsur utama dalam tari adalah ….
a. Nada
b. Gerak
c. Busana
d. Ritme

Jawaban : gerak

24. Tari Indang berasal dari ….
a. Maluku
b. Papua
c. Sumatra Barat
d. Kalimantan Timur

Jawaban : Sumatra Barat

25. Tari indang dilakukan secara
a. Berkelompok
b. Individu
c. Berpasangan
d. Massal

Jawaban : berkelompok 

 

 

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini kalian sudah bs mengidentifikasi tentang Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya dan  mampu  Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

. Serta pembelajaran hari ini sangat menyenangkan ya nak. 

 

Penutup

Baik anak soleh solehah 6A. 

Sekian pembelajaran hari ini! 

Wassalamu'alaikum wrwb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, jumat 8 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : jumat, 8 ...