Welcome to Grade VI A
Day / Date: : Kamis, 15 August 2024
Lesson : Tematika
Tema 2 : Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran : 1 dan 2
Muatan Pelajaran : B.Indonesia (3.4), IPA (3.3) IPS (3,4), Pkn (3.4) SBdP (3,4)
Tujuan Pembelajaran :
1.Setelah
membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan
informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
4.Setelah
mengamati gambar dan membaca cerita tentang persatuan dalam perbedaan,
siswa mampu menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan melalui
diagram dengan benar.
5.Setelah membaca soal cerita, siswa mampu menyebutkan makna bilangan pecahan dengan benar.
6.Setelah berdiskusi tentang pola lantai berbagai tarian daerah, siswa mampu menyebutkan pola lantai tariannya dengan benar.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas VI SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 6 kemarin?
bagus
sekali, kemarin kita telah belajar tentang contoh penerapan sila
pancasila dalam kehidupan sehari- hari, misalnya Menyayangi makhluk
ciptaan tuhan (sila ke 1).
Mempunyai rasa kemanusiaan untuk merawat dan menjaga hewan dan tumbuhan (sila ke 2).
Hari
ini kita akan masuk ke Pembelajaran 6 ini kita akan belajar di tema 2
Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 rukun dalam Perbedaan pembelajaran 1
dan 2
Media pembelajaran
1. Lcd proyektor dan video pembelajaran
Video Pembelajaran 1
Video Pembelajaran 2
Ringkasan Materi
IPS (KD.3.4)
Tahukah kamu bahwa Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia?
1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia
Bangsa
Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara-negara Eropa
sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk
melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari
perjuangan para pahlawan.
2. Pengakuan Kepada Dunia Luar
Dengan
membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar
bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto)
diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).
3. Menaikkan Martabat Bangsa
Pembacaan
teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia
adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat,
dan negara yang mandiri.
4. Perjuangan sebagai Negara Baru
Indonesia
adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara
Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara
lain.
5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia
Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.
Bahasa Indonesia
(KD. 3.4)
( Peta Pikiran )
Dari teks di atas kita dapat membuat peta pikiran. Peta pikiran dapat dibuat dengan kalimat tanya.
Kata tanya Apa (untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi)
Kata tanya siapa (untuk menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat dalam suatu peristiwa)
kata tanya mengapa ( untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa )
kata tanya kapan ( untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa)
kata tanya dimana ( untuk menanyakan tempat terjadinya peristiwa terjadi)
kata tanya bagaimana ( untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa)
IPA (KD, 3.3.)
Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika
kita ingin menciptakan kerukunan dalam perbedaan? Masih ingatkah kamu
pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini
mempunyai makna, apabila kita berada di tempat yang baru maka kita perlu
menyesuaikan diri dengan keadaan setempat agar kita bisa diterima dan
hidup berdampingan dengan damai. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan.
Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tumbuhan harus mampu
melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya. Bagaimana cara tumbuhan
beradaptasi? Ayo, kita pelajari!
Tahukah
kamu bunga teratai? Tanaman ini tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan
diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh
menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air. Daun teratai
bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun dapat menyerap cahaya
matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat penguapan air
dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat
sebagai pembersih daun. Teratai memiliki batang dengan rongga di
dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar.
Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.
SBdP (Pola Lantai dalam Tarian Daerah)
Seorang
penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran
posisi saat menari. Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai
oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah
ruang gerak.
Pola Lantai Vertikal (Lurus)
Tari
klasik banyak menggunakan pola lantai vertikal. Penari membentuk garis
vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola
lantai ini memberikan kesan sederhana, tetapi kuat.
Tari Yospan, Papua Tari Serimpi, Jawa Tengah Tari Baris Cengkedan, Bali
Pola Lantai Diagonal
Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
Tari Gending Sriwijaya, Sumatra Selatan
Pola Lantai Garis Melengkung
Penari
membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak
menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.
Tari Ma’badong, Toraja,Sulawesi Selatan Tari Randai, Sumatra Barat
Contoh Soal
1. Dimanakah Teks proklamasi ditulis?
Jawab : di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1.
2. apa yang melatarbelakangi terjadinya proklamasi ?
jawab : awali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.
Latihan Soal
1. Dimanakah kegiatan 17 Agustus 1945 dilaksankan?
2. siapa Yang menjahit bendera merah putih ?
3. Sebutkan 2 makna proklamasi kemerdekaan!
4. Bagaimana tanaman teratai menyesuaikan diri / beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Tari Gending Sriwijaya yang berasal dari daerah Sumatra Selatan menggunakan jenis pola lantai ?
Kesimpulan:
Alhamdulillah kelas 6A dengan jumlah siswa 24 sebagian besar sudah memahami materi tentang teks proklamasi dan kata tanya 5W 1H. Tindak lanjut nya akan diberikan bimbingan mandiri kepada siswa agar materi yg disampaikan hari ini bisa dipahami oleh siswa tersebut.
Penutup
semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran selanjutnya ya nak.
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar