Hari/Tanggal : Selasa, 28 September 2021
Kelas : IIITema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 4-5
1.Siswa dapat menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
2.Siswa dapat mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar ssatuan baku,untuk panjang , berat dan waktu
Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha 3A jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat duha dan 5 waktunya...
kemarin ananda sudah mengerjakan tema 3 subtema 2 pembelajaran 3, hari ini kita masuk ke tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 dan 5 , di pembelajaran hari ini ananda akan mempelajari lebih dekat benda gas dan kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar, rumah dan sekolah
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair?
Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup.
Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas.
Dapatkah kamu melihat bentuk udara?
Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.
Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap.
Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:
1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.
Pernahkah melihat balon mengambang di udara?
Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas, membawa balon itu mengambang di udara.
Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.
- Benda gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat.
- Gas mempunyai sifat utama, yaitu gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya, dan benda gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.
MATEMATIKA 3.7
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.
Timbangan digunakan untuk menimbang berat, namun timbangan dirancang untuk kegunaan tertentu
Timbangan beras digunakan untuk menimbang benda-benda yang memiliki berat lebih dari satu kuintal misalnya beras satu karung.
Timbangan badan digunakan untuk mengukur berat badan seseorang.
Timbangan kue digunakan menimbang bahan-bahan makanan yang kecil.
Timbangan gantung digunakan untuk menimbang bayi di Posyandu.
Timbangan warung digunakan untuk menimbang barang yang dijual.
Neraca digunakan untuk menimbang benda (emas) dengan ketelitian hingga miligram.Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut!
Perhatikan gambar berikut! Lani akan menentukan massa benda. Bantulah Lani memilih alat untuk menimbang yang sesuai!
Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.
Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.
Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!
1 kg = 10 ons
1 kg = 1000 gram
1 kg = 10 ons
1 ons= 100 gram
1 hg = 1 ons
1 kwintal = 100 kg
1 pon = 5 ons
1 ton = 1000 kg
1 ton = 10 kuintal
Berikut video percobaan sifat benda cair dan sifat benda gas
Percobaan ke 1 Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.
A. Alat dan Bahan
1. Air, minyak goreng, susu cair, dan sirup
3. Gelas
4. Kantong plastik
5. Baskom
6. Botol
1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam baskom
2. Masukkan susu ke dalam gelas
3. Masukkan minyak goreng ke dalam gelas
4. Masukkan sirup ke dalam botol kemudian masukkan ke dalam plastik
Lakukan secara berkelompok.
A. Alat dan Bahan
1. Kantong plastik bening
2. Balon
1. Tiuplah balon sampai mengembang. Ikatlah mulut balon dengan karet.
2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Ikatlah mulut plastik dengan karet.
Benda gas mempunyai sifat :
Benda gas bentuknya berubah sesuai tempatnya
PKN 3.1
Permainan bola diperlukan kerja sama antaranggota kelompok. Bentuk kerja sama contohnya gotong royong.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing.
Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.
Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
1. Pekerjaan cepat selesai karena dilaksanakan secara bergotong royong. Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.
2. Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama.
3. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong melahirkan persatuan sehingga mampu menghadapi permasalahan yang muncul.
Kerjakan di buku latihanmu dengan menggunakan huruf tegak bersambung!
Kamu telah mengetahui kegiatan gotong royong. Setelah selesai tugas dapat dikirimkan via wa ya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar