Hari/Tanggal :rabu 15 September 2021
Kelas : III A
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 4 : Menyayangi Hewan
Pembelajaran : 6
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 4 : Menyayangi Hewan
Pembelajaran : 6
Tujuan Pembelajaran:
1.Siswa dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
2. Siswa dapat menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
RINGKASAN MATERI
Assalamu'alaikum,
Good morning my students.
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini.
APERSEPSI
Kemarin kita sudah belajar tentang bilangan cacah, hari ini kita akan mengambil penilain harian tema 2 subtema 4
Sebelum kita mulai anak soleh soleha bisa menyimak vidio pembelajaran dibawah ini:
Bahasa Indonesia
Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar. Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya.
Namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai. Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya.
Kancil : “Hai Buaya,..keluarlah!”
Buaya : “Ada apa teriak-teriak, Kancil?”
Kancil : “Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?. Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.
Buaya : “Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?”
Kancil : “Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,”
Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.
Kancil : “Ha...ha...ha. Betapa bodohnya kalian, bukankah aku tak membawa sepotong pun daging segar di tangan? Itu artinya aku tak punya daging segar untuk jatah makan siang kalian. Enak saja, mana bisa kalian makan tanpa ada usaha?”
Buaya : “Akan ku balas semua perbuatanmu Cil”.
Kancil : “Terimakasih buaya, aku pamit pergi untuk melanjutkan perjalanan”.
PKN
Ayo Berdiskusi
Untuk dapat menjadi kelompok terbaik, kerja sama yang baik dari setiap anggota kelompok sangat dibutuhkan. Melaksanakan peran masing-masing dengan baik adalah salah satu contoh kerja sama yang baik.
Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap peran sangat dibutuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Peran apa lagi yang ada di sekitarmu? Cobalah cari tahu peran orang-orang yang ada di sekitarmu! Tanyakan, apa peran dan tugasnya? Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada tempat yang tersedia!
No. | Peran | Tugas |
---|---|---|
1. | Petugas penerima tamu sekolah | Memberikan informasi dan memberikan pelayanan yang baik jika ada tamu yang datang ke sekolah |
2. | Kepala Sekolah | Mengatur setiap kegiatan, dan juga perangkat yang berada di dalam lingkungan sekolah. |
3. | Tukang Kebun Sekolah | Menjaga atau merawat Kebersihan Sekolah ( Ruang-ruangan sekolah dan Halaman) |
4. | Penjaga Sekolah | Menjaga lingkungan sekolah dan mengamankan Proses Kegitan Belajar Mengajar |
5. | Petugas Perpustakaan | Memberikan pelayanan kepada warga sekolah yang membutuhkan informasi dan peminjaman buku |
MatematikaSeorang pengusaha mempekerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bagian sama besar. Lalu membagi tugas seperti berikut ini.
1. Petani A bertugas menanam tomat pada 7 bagian tanah.
2. Petani B bertugas menanam sayur bayam pada 3 bagian tanah.
3. Petani C bertugas menanam cabai pada 2 bagian tanah.
4. Petani D bertugas menanam bunga pada 4 bagian tanah
Tuliskan bagian tanah yang ditanami dalam bentuk bilangan pecahan!
1. Tanah yang ditanami tomat terdiri dari 7 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah 7/16.
2. Tanah yang ditanami sayur bayam terdiri dari 3 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah 3/16.
3. Tanah yang ditanami cabai terdiri dari 2 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah 2/16.
4. Tanah yang ditanami bunga terdiri dari 4 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah 4/16.
PH TEMA 2 Subtema 4
Setelah membaca materi pembelajaran 6 hari ini,
Kerjakan Evaluasi Daring Tema 2 Subtema 4 pada link di bawah ini yaa
Apabila sudah mengerjakan ananda bisa mengirimkan screen shot saat mengerjakan penilain harian atau hasilnya
semoga mendapatkan hasil yang memuaskan , tetap semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar