Kelas : III
Sub Tema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar ssatuan baku,untuk panjang , berat dan waktu
Siswa dapat mengetahui bentuk dan variasi irama melalui lagu
Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha 3A, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat duha dan 5 waktunya...
kemarin ananda sudah mengerjakan penilaian harian subtema 2, hari ini kita masuk ke tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 , di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari macam-macam benda plastik dan bagaimana daur ulangnya, hari ini kita akan belajar tentang wujud benda
Langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran berikut ya !
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia.
Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.
Bahasa Indonesia 3.1
Ayo Membaca
Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?
Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Kamu telah mengamati gambar di atas, terlihat terdapat beberapa benda yang dapat kita akan kelompokkan sesuai wujudnya.
- Padat = panci, wajan, teko, botol, spatula, lemari, komporkompor, sendok
- Cair = air, minyak goreng, cuka
- Gas = uap air
- Padat
- Cair
- Gas
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?
Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?
Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.
Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.
Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah
satuan untuk menyatakan jarak.
Alat ukur ada bermacam-macam.
Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
- Berapa ketinggian pesawat A dalam satuan km? 3.000 m = 3 km
- Berapa ketinggian pesawat B dalam satuan km?4.325 m = 4 km 325 m
- Berapa perbedaan ketinggian pesawat B dibandingkan pesawat A? 4.325 m - 3.000 m = 1.325m
SBDP 3.2
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin puting beliung, dan lain-lain. Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!
Perhatikan gambar berikut! Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan. Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri dan ke kanan. Jika angin puting beliung, bergeraklah berputar.
Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.
Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka. Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar