About

Senin, 30 September 2024

 

Materi Ajar Senin 30 September 2024

 

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Senin, 30 September 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 2               : Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 3 

Muatan Pelajaran     : Bahasa Indonesia (KD 3.2), IPA (KD 3.6) 

Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

2. Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan mandiri.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 1&2 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang cara menghitung volume kubus dan juga mengetahui cara-cara menghemat listrik.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang cara menghemat listrik dengan poster

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini



 RINGKASAN MATERI


Kita telah mengetahui bahwa globalisasi dapat terjadi antara lain karena adanya energi listrik. Sekarang, amatilah peralatan yang 
menggunakan energi listrik disekitarmu. 

Terbayangkah olehmu jika energi listrik itu habis dan tak dapat diperbaharui? Ayo, kita belajar bagaimana caranya menghemat energi listrik


Latihan soal  dari gambar diatas! 

1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
2. Tuliskan ruangan yang boros listrik. 
3. Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
4. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
5. Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan 
dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas praktek

Buatlah poster yang berisi ajakan untuk melakukan sikap hidup hemat listrik.
Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian.
• Terdapat kalimat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup hemat listrik.
• Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya hemat listrik.
 Terdapat contoh sikap hidup hemat listrik.
 Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
 Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih. 
Kreasikan poster kamu dengan menarik.

Kesimpulan

Dengan menghemat energi listrik di rumah kita dapat menghemat energi-energi yang lainnnya juga. 

Jangan lah suka melakukan pemborosan baik di rumah ataupun di luar rumah. 
Belajar lah dari sekarang untuk menghemat listrik dengan benar yaa. 

Penutup
Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat.
Wassalamulaaikum wr wb.

Jumat, 27 September 2024

 

Materi Ajar, Jumat 27 November 2024 ( Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 6)


 

Welcome to Grade VI B

 

day / Date:                 :Jumat, 27 November 2024

 

Lesson                     : Tematik

Tema 4                    : Globalisasi

Subtema 1                : Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran            : 6

Muatan Pelajaran      : B.Indo(3.2), PKN ( 3.3)


Tujuan pembelajaran :

 1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari

teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

2. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi

pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI B SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran kemarin ?

 iya betul kita kemarin belajar ditema 4 subtema 1 pembelajaran 4 dan 5 yaitu kita  mempelajari tentang cara menyampaikan informasi penting pada teks eksplanasi, kemudian kita akan mempelajari tentang keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kita dan kali ini kita akan belajar di pembelajaran 7, yaitu masih tentang teks ekplanasi " Mengapa Mati lampu?

 dan bagaimana sikap menghargai terhadap keberagaman kegiatan ekonomi

Mari Simak dan pelajari baik-baik materi di bawah ini ya nak :)

Simak penjelasan video di atas ya nak :)

RINGKASAN MATERI
Pembelajaran 6

Bahasa Indonesia ( Teks Eksplanasi )

Di era globalisasi sekarang ini, tentunya kita sering menyaksikan  olahraga bela diri silat ditayangkan dalam acara-acara televisi.  Namun, terkadang listrik di rumah tiba-tiba mati, atau yang biasa kita kenal dengan mati lampu.  Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? 


Mengapa Mati Lampu?



Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian  tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi 
Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus
bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu
apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi  listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan  komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan. Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

PKN ( Sikap Menghargai Keberagaman Ekonomi di Sekitar kita)

Kegiatan ekonomi adalah segala bentuk usaha manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberagaman Ekonomi adalah kondisi di mana kegiatan ekonomi di dalam masyarakat beragam atau berbeda-beda. Kegiatan ekonomi tersebut dibagi ke dalam beberapa sektor seperti agraris, ekstraktif, industri, jasa, perdagangan, dan lain sebagainya. Adapun contoh keberagamanekonomi di Indonesia bisa dilihat di lingkungan terdekat kita.
Contoh sikap Menghargai Keberagaman Ekonomi di Sekitar kita antara lain :
1. saling menghargai dan menghormati antar pelaku kegiatan ekonomi
2. membayar barang sesuai harganya
3. bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan yang dilakukan oleh orang tuanya
4. tidak berprasangka buruk terhadap orang yang latar belakang ekonominya berbeda
5. tidak mengistimewakan teman yang kaya
6. tidak mengejek teman yang kurang mampu

Dari contoh tersebut, kita dapat mengambil hikmah bahwa Kita diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu mempengaruhi rasa percaya diri. 
( Ayo berdiskusi, Ananda Sholeh dan Sholehah bisa bermain drama sederhana di depan kelas sesuai teks yang  ada di halaman 48) dari drama pendek tersebut kalian akan memetik sebuah hikmah dari cereita tersebut!



Latihan Soal Halaman 46-47 dari teks eksplanasi " Mengapa Mati Lampu"

    Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif. 


Contoh Evaluasi Penilaian Harian 

  1. Untuk menghadapi globalisasi kita harus ….
    a. menonton banyak video
    b. bermain permainan daring
    c. meningkatkan keterampilan
    d. meminta uang saku lebih
  2. Sikap yang sebaiknya kita hindari saat menghadapi keragaman ekonomi adalah ….
    a. terus berusaha dan meningkatkan diri
    b. bersikap sombong karena keluarga kaya
    c. percaya diri meskipun dari keluarga sederhana
    d. bekerja sama untuk meningkatkan kondisi ekonomi
  3. Berikut ini sikap yang sebaiknya dimiliki dalam menghadapi perbedaan latar belakang ekonomi, kecuali ….
    a. menghargai orang lain
    b. bekerja keras
    c. tidak sombong
    d. minder
  4. Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
    Cermati paragraf berikut!
    Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti pelabuhan dan gelombang. Para ilmuwan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.
    Sesuai struktur teks eksplanasi, cuplikan 
  5. teks tersebut termasuk ke dalam paragraf ….
    a. pembuka
    b. penjelas
    c. penyelesaian akhir
    d. interpretasi
  6. Arti kata gelombang pada paragraf tersebut adalah ….
    a. ombak besar yang bergulung-gulung
    b. gerakan air laut yang turun-naik atau bergulung-gulung
    c. kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau
    d. gelembung-gelembung kecil pada permukaan barang cair
  7. Informasi yang terdapat pada teks eksplanasi umumnya ditulis berdasarkan ….
    a. pengalaman
    b. fakta
    c. opini
    d. pendapat  ( Untuk Soal Nomor 7 Perhatikan gambar berikut!)

  8. SUTET ditunjukkan oleh nomor ….
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
  9. Sebelum disalurkan ke rumah warga, terjadi penurunan tegangan listrik hingga 220 volt yang terjadi di ….
    a. SUTET
    b. gardu induk
    c. gardu distribusi
    d. transformator step-up
  10. Energi listrik masuk ke garduk induk dan 
  11. tegangan energi listrik diturunkan menjadi sistem tegangan menengah sebesar ….
    a. 500 kv
    b. 200 kv
    c. 20 kv
    d. 220 volt
  12. Budaya asing yang masuk ke Indonesia sebaiknya ….
    a. ditolak
    b. diseleksi
    c. diterima apa adanya
    d. tidak perlu dihiraukan
  13. Mengisi liburan ke luar negeri merupakan contoh globalisasi di bidang ….
    a. transportasi
    b. komunikasi
    c. pariwisata
    d. ekonomi
  14. Dampak positif di bidang komunikasi adalah ….
    a. komunikasi jadi lamban
    b. komunikasi menjadi lancar
    c. komunikasi terhambat
    d. komunikasi menjadi modern
  15. Perhatikan gambar berikut.
    Reklame pada gambar di atas termasuk jenis reklame ….
    a. komersial
    b. non komersial
    c. audio
    d. video
  16. Uni membuat poster berjudul “Jagalah Kebersihan”. Poster tersebut berisi ajakan kepada masyarkat agar menjaga kebersihan lingkungan, misalnya membuah sampah di tempatnya. Poster yang dibuat Uni termasuk ….
    a. poster niaga
    b. poster kegiatan
  1. c. poster pendidikan
    d. poster layanan masyarakat
  2. Reklame yang menggunakan media gambar bergerak dinamakan reklame ….
    a. audio
    b. visual
    c. audiovisual

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!

  1. Orang-orang dari latar belakang ekonomi berbeda dapat saling … untuk meningkatkan kesejahteraan. (kerja sama)
  2. Keberagaman latar belakang ekonomi harus kita …. (hargai)
  3. Teks eksplanasi ilmiah disusun dengan prinsip …. (sebab-akibat)
  4. Berdasarkan struktur teks eksplanasi, bagian yang berisi penjelasan/informasi singkat yang bersifat umum tentang topik masalah yang dibahas terdapat pada paragraf …. (pembuka)
  5. Pembangkit listrik dengan skala kecil yang menggunakan tenaga air disebut pembangkit listrik …. (mikrohidro)
  6. Transformator step-up berfungsi untuk …. (menaikkan tegangan)
  7. Pengembangan pariwisata merupakan bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang …. (budaya)
  8. Badan PBB yang mengakui dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia adalah …. (UNESCO)
  9. Reklame yang menggunakan media gabungan antara audio dan visual disebut …. (audiovisual)
  10. Poster yang bertujuan agar masyarakat menyadari pentingnya pendidikan bagi kehidupan adalah …. (poster pendidikan)

Kesimpulan


Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar cara menyampaikan informasi dari teks eksplanasi pada teks tentang penyebab mati lampu, serta kita sudah belajar bagaimana sikap kita terhadap teman yang berbeda latar belakang ekonominya , contoh sikapnya adalah  
1. saling menghargai dan menghormati antar pelaku kegiatan ekonomi
2. membayar barang sesuai harganya
3. bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan yang dilakukan oleh orang tuanya
4. tidak berprasangka buruk terhadap orang yang latar belakang ekonominya berbeda
5. tidak mengistimewakan teman yang kaya
6. tidak mengejek teman yang kurang mampu


insyaAllah kita besok akan lanjut di pembelajaran 1 di Tema 4 Subtema  kita akan belajar tentang globalisasi dan manfaatnya. 

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.


Rabu, 25 September 2024

 

Materi Ajar, Kamis 26 September 2024 ( Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 dan 5)


 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Kamis, 26  September 2024

 

Lesson                         : Tematik

Tema 4                         : Globalisasi

Subtema 1                    : Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran              : 4 dan 5

Muatan Pelajaran       : B.Indo(3.2),  PKN (3.3), MTK(3.6) , IPS(3.3) dan SBDp (3.1)

Tujuan pembelajaran :

 1. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar.

2.Setelah mengamati lingkungan, siswa mampu mengidentifikasi contoh keberagamanan ekonomi dengan benar.

3. Setelah melakukan eksplorasi, siswa mampu menunjukkan perbedaan diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dari model kongkrit

dengan benar.

4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri reklame yang baik dengan benar

5. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan masalah yang diberikan dan menarik

6. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk

kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan benar

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

    


Adakah yang masih ingat pembelajaran kemarin ?

 iya betul kita kemarin belajar ditema 4 subtema 1 pembelajaran 3 yaitu kita  mempelajari tentang teks eksplanasi pada teks Bagimana listrik bisa sampai kerumah kita ? nah sekarang kita akan belajar tentang cara menyampaikan informasi pentik pada teks eksplanasi, kemudian kita akan mempelajari tentang keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kita dan materi pokok yang lainnya ya nak

Mari Simak dan pelajari baik-baik materi di bawah ini ya nak :)

Mari Simak dan pelajari baik-baik materi di bawah ini ya nak :)


Simak penjelasan video di atas ya nak :)


RINGKASAN MATERI
Pembelajaran 4

Bahasa Indonesia
 Menyampaikan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi
 
Informasi penting yang sudah kamu temukan dari membaca  teks eksplanasi dapat disampaikan secara lisan  kepada orang lain , saat menyampaikan  informasi penting pastikan tips berikut:
  1. suara yang jelas
  2. intonasi yang jelas 
  3. tidak menimbulkan makna ganda
PKN 
Menceritakan manfaat keberagaman Ekonomi yang ada disekitar kita 
Berikut ini adalah contoh manfaat keberagaman di bidang ekonomi:

1. Terpenuhinya Kebutuhan Barang dan Jasa

Keberagaman ekonomi juga dapat memenuhi kebutuhan barang dan jasa, contohnya seperti petani yang bercocok tanam dan tinggal dipegunungan pasti membutuhkan lauk seperti ikan sebagai lauknya sehari-hari. Begitupun sebaliknya, nelayan yang tinggal di pinggiran pantai juga membutuhkan beras untuk diolah menjadi nasi yang mana, keduanya sama-sama saling membutuhkan.

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Keberagaman ekonomi juga membuka peluang yang besar bagi seseorang yang mendapat uang dari menjual barang atau jasa. Misalnya, jika individu engga memiliki perahu untuk menangkap ikan, maka ia dapat membantu nelayan dengan jasanya yaitu menangkap ikan lalu hasilnya bisa dijual.

3. Sikap Tenggang Rasa dan Toleransi

Selain itu, perbedaan tingkat ekonomi yang beragam juga membantu toleransi dan tolong menolong ke sesama. Misalnya seperti di pasar, para penjual sama-sama saling tolong menolong walaupun penghasilannya berbeda-beda.


Matematika
Kemarin kita sudah membahas terkait unsur-unsur pada bangun ruang kubus, nah pertemuan kali ini kita akan membahas diagonal bidang pada kubus di buku tematik halaman 34 ya nak perhatikan penjelasan berikut ini!
Diagonal Bidang Kubus
Nama lain dari diagonal bidang adalah diagonal sisi. Diagonal bidang suatu kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi kubus. Sekarang coba perhatikan bidang ABEF pada gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini.
Ruas garis yang menghubungkan titik sudut B dan E disebut diagonal bidang atau diagonal sisi kubus. Setiap bidang atau sisi pada kubus mempunyai dua diagonal bidang. Karena kubus memiliki 6 bidang sisi, maka kubus memiliki 12 diagonal bidang atau diagonal sisi
Diagonal Ruang Kubus
Diagonal ruang pada kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan dalam suatu ruang di dalam kubus. Sekarang coba perhatikan gambar berikut di bawah ini. 
Garis BH disebut diagonal ruang. Selain garis BH, ada juga garis AG, garis DF, dan garis CE yang merupakan diagonal ruang kubus. Diagonal-diagonal ruang tersebut akan berpotongan di satu titik. Suatu kubus memiliki empat buah diagonal ruang yang sama panjang dan berpotongan pada satu titik.

Pembelajaran 5
IPS
Batik , Seni Tradisonal Indonesia  yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain  batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan  telah mendunia. Pada tanggal  2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. 
Kerjasama Negara Anggota ASEAN dalam Bidang Budaya antara lain :
  1. melakukan pertukaran pelakar antarnegara ASEAN
  2. Meningkatkan jumlah UMKM dalam bidang kebudayaan dan kesenian
  3. menyelengarakan Sea games yang diikuti anggota ASEAN
  4. mengenalkan budaya masing-masing dalam rangka meningkatkan solidaritas anggota ASEAN
SBdP
Cara Membuat Poster
Poster adalah ajakan atau imbuan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu, yang dibuat pada kertas yang berukuran besar biasanya disertai dengan gambar . Berikut contoh poster.
Langkah membuat Poster:
Langkah membuat Poster:
  1. Tentukan topik dan tujuan poster
  2. Buatlah kalimat yang singkat dan jelas , namun dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan 
  3. Gunakan gambar yang mencolok agar lebih menarik
  4. Tempelkan poster yang banyak dilalui banyak orang
Latihan Soal :
1. Apa tujuan awal pembuatan batik?

Jawaban:
Awalnya batik menjadi seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Jawaban:
Berdasarkan area pembuatannya, motif batik dibedakan menjadi dua yaitu Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Ragam motif dan simbol pada batik memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman

Evaluasi :

Buatlah Poster tentang "Keberagaman Budaya Indonesia" 

Kesimpulan


Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar cara menyampaikan informasi dari teks eksplanasi, mengetahui diagonal bidang pada kubus, kiat sudah mengetahui manfaat keberagaman ekonomi disekitar kita, serta kita sudah mengetahui bagaimana cara kerjasama antar negara ASEAN yang mengenalkan budaya masing-masing sehingga dapat menduania (globalisasi) dan yang terakhir kita dapat membaut poster dengan langkah-langkah yang tepat.  Baik Ananda sholeh dan sholehah  kegiatan pembelajaran 4 dan 5 sudah cukup insyaAllah kita besok akan lanjut di pembelajaran 6 kita akan belajar tentang mengapa mati lampu?

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.

Selasa, 24 September 2024

 

Materi Ajar, Rabu 25 September 2024 ( Tema 4 Subtema 1 pembelajaran 3)


 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Rabu 25  September 2024

 

Lesson                     : Tematik

Tema 4                     : Globalisasi

Subtema 1                 : Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran              : 3

Muatan Pelajaran         : B.Indo(3.2), IPA ( 3.6)


Tujuan pembelajaran :

 1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

2. Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

RINGKASAN MATERI


Adakah yang masih ingat pembelajaran kemarin ?

 iya betul kita kemarin belajar ditema 4 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 tentang  globalisasi di sekitar kita contohnya berbagai jenis barang yang dapat masuk dari luar negeri ke indonesisa serta kita sudah mempelajari tentang teks eksplanasi pada teks " Menghasilkan Energi Listrik" , nah sekarang kita akan belajar di pembelajaran 3 tentang Bagimana listri bisa sampai kerumah kita ?

Mari Simak dan pelajari baik-baik materi di bawah ini ya nak :)

Materi Ajar 




Bahasa Indonesia (3.2)
Teks Eksplanasi ilmiah pada teks " Menyalurkan Energi Listrik , Bagimana listrik sampai ke rumahmu?




Baik Ananda sholeh dan sholehah setelah kalian mengetahui proses  menyalurkan energi listrik, kalian dapa mengetahui penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu. Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.
Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.


Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan  fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday  menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro.  Pembangkit listrik mikrohidro merupakan pembangkit listrik  yang memanfaatkan sumber energi  alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.   



IPA (3.6)
Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?
Perhatikan Video berikut  ini ya nak!



Video Bagaimana Proses listrik sampai ke rumah kita?



Setelah kalian menyimak video di atas Ananda sholeh dan sholehah dapat berlatih menjawab soal berikut ini yang berkaiatan tentang materi yang ada pada Video di atas yaaa

Latihan Soal:
1. Apa yang dimaksud dengan pemangkit listrik mikrohidro ?
jawab : Pembangkit listrik mikrohidro merupakan pemangkit listrik yang memanfaatkan sumber energi  alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.  

2. Siapa penemu dari pembangkit listrik sederhana yang bernama mikrohidro?
Jawab : Nikola Tesla 


Kesimpulan


Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar tentang cara menyalurkan energi listrik sampai ke rumah, teks eksplanasi serta mengetahui tokoh penemu pembangkit listrik sederhana yang dinamakan mikrohidro yaitu ditemukan oleh Nikola Tesla, Oleh karena nya kita dapat menikmati listrik dengan nyaman. Dan berkat Karunia Allah SWT yang telah menyediakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai pemangkit listrik. Baik Ananda sholeh dan sholehah  kegiatan pembelajaran 3 sudah cukup insyaAllah kita besok akan lanjut di pembelajaran 4 Globalisasi tanpa batas serta akan belajar tentang keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...