About

Jumat, 10 Maret 2023

Jumat

 Hari/Tanggal   : Jumat/ 10 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 3      : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 2

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 2:

KD 3.1 SBDP (Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.

Dengan kegiatan membaca karya seni tiga dimensi, siswa dapat memahami pengertian karya seni tiga dimensi.

Baik anak solehah, pada hari kemarin kita telah mempelajari Pembelajaran 1  tentang gaya tarikan dan gaya dorongan

Pembelajaran 2

Mari Kita simak video berikut ini ya nak:)




SBdP
perhatikan gambar diatas yang merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud dengan gambar tiga dimensi? gambar  tiga dimensidalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur  volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda  yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas  bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias. Berdasarkan pengertian karya seni  tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut. berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan  kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.  

2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder  (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas 
 Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain. 

Tugas. 
1. Sebutkan ciri ciri benda 3 dimensi? 
2. Sebutkan contoh benda kubistis? 
3. Sebutkan contoh benda silindris? 

Baiklah anak. Sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 3.

Terimakasih
Wassalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

Rabu, 08 Maret 2023

Kamis

 Hari/Tanggal   : kamis 09 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 6

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 6 :

KD 3.3 SBDP (Mengidentifikasi gerak tari kreasi daerah)

1. Dengan kegiatan mencoba melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan gerak tari kreasi daerah.

KD 3.9 Bahasa Indonesia (menemukan jawaban soal tentang tokoh pada teks)

2.Dengan kegiatan mengamati peta daerah Papua, siswa dapat menuliskan keunikan daerah Papua.


Pembelajaran  6

Let's check this video



Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.

Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih? kalian bisa baca di halaman  112 di buku tematik nya ya



Tugas

1. Tulislah keunikan dari papua. 

2. Sebutkan hewan yang menjadi ciri khas papua? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini dan besok kita akan bertemu ditema 8 subtema 3 pembelajaran 1.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 06 Maret 2023

Selasa

 Hari/Tanggal   : Selasa/ 07 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 5 

Tujuan Pembelajaran 5 :

KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)

1. Dengan kegiatan membaca cerita rakyat, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan menuliskan tokoh-tokohnya.

KD 3.3 SBDP (Mengidentifikasi gerak tari kreasi daerah)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar tari Bali dan tari Sumatra, siswa mengetahui ciri-ciri gerak tari Bali dan tari Sumatra.


KD 3.9 Bahasa Indonesia menemukan jawaban soal tentang tok pada teks)

3.Dengan kegiatan berdiskusi tentang kegemaran, siswa mengetahui keragaman kegemaran teman sekelasnya beserta manfaatnya.


Baik anak solehah,  kemarin kita telah mempelajari Pembelajaran 4 tentang kota Tangerang yang disebut kota 1000 industri. dan hari ini kita akan membahas pembelajaran 5  tentang tari dari daerah Sumatra. 

Mari Kita simak pembelajaran hari ini.

Let's check this video


Pembelajaran 5


  

Ciri-ciri gerak tari Sumatra 

a. Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit. 

b. Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki. 

c. Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak beragam dan tidak rumit. 

Keunikan gerak tari yang disampaikan Dayu dan Beni di atas adalah keunikan gerak tari daerah secara umum. Bagaimana keunikan gerak tari suatu daerah secara khusus? 

Salah satu contoh tari dari Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati dari Aceh? Mari, simak penjelasan berikut. Seudati adalah tari kelompok yang berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang. 

Tari Seudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menimbulkan suara keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi lebih menarik.

Tugas. 

1. Sebutkan ciri ciri tari Sumatra? 

2. Sebutkan tarian yang berasal dari Lampung? 

Baiklah anak sholeh dan solehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akn bertemu ndi pembelajaran 6.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Senin

 Hari/Tanggal   : Senin /6 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 4


Tujuan Pembelajaran 4 :

KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)

1.Dengan kegiatan mengamati keberagaman individu di sekolah, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.


KD 3.3 IPS (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.  


KD 3.9 Bahasa Indonesia (menemukan jawaban soal tentang tokoh pada teks)

3.Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali teks tersebut dan mencermati serta menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.


Baik anak soleh solehah, kemarin kita telah mempelajari Tema 8 Subtema 2 pembelajaran 3 yaitu tentang macam kegiatan ekonomi dan juga keunikan daerah Yogyakarta. Hari ini kita akan memasuki Tema 8 Subtema 2 pembelajaran 4 tentang industri di lingkungan sekitar. mari kita simak pembelajaran nya.


Pembelajaran 4
Let's check this video



PPKN
Tahukah kamu daerah dengan julukan kota 1000 industri? Daerah dengan julukan kota 1000 industri adalah Kota Tangerang di Provinsi Banten. Apa keunikan dari Kota Tangerang? Mari, kita cari tahu.
Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang.

IPS
Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.


Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang?

Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersih kan sekolah.

Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi.

Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif. 

Tugas
1. Mengapa tangerang disebut kota 1000 industri? 
2. Industri apa saja yang ada di tangerang? 
3. Sebutkan spesialisasi macam pekerjaan di rumah sakit? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah, itulah tadi pembelajaran 3 dan besok kita akan bertemu pada tema 8 subtema2 pembelajaran 5.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jumat, 03 Maret 2023

Jumat

 Hari/Tanggal   : jumat /3 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 3 


Tujuan Pembelajaran 3 :

KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)

1.Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari


KD 3.3 IPS (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. 


KD 3.9 Bahasa Indonesia menemukan jawaban soal tentang tok pada teks)

3.Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.


Pembelajaran 3

simak video pembelajaran berikut ini



IPS

Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan 
konsumsi. gambar diatas adalah tentang kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. perhatikanlah!

Bahasa Indonesia
Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan. 

Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar.

Salah satu sungai di Yogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer.  selebih nya dapat kalian baca dalam buku tematik kalian pada halaman 91.

TUGAS HARI INI

Tanyakan kepada orang tuamu keunikan daerah tempat tinggalmu. Tanyakan mengenai industri yang ada, pekerjaan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, kesenian yang ada, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa.

Ceritakan lewat video singkat, jangan lupa kirimkan hasilnya kepada guru mu.

Itulah tadi pembelajaran hari ini. Kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 4.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 02 Maret 2023

Kamis

 Hari/Tanggal   : Kamis /2 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran 2 :

KD 3.2  SBDP (Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada)

1. Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.

KD 3.9 Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi)

2. Dengan kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita fiksi.

KD 3.4 IPA (melakukan percobaan praktik mengayuh sepeda dan pengaruhnya.)

3. Dengan kegiatan mencoba praktik mengayuh sepeda dengan kecepatan lambat dan cepat., siswa dapat menjelaskan berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar. 

Pasa pembelajaran 1 kita sudah membahas tentang keunikan dari daerah masing masing dan juga macam macam gaya. Dan hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 2 pembelajaran 2

Pembelajaran 2

Let's check this video



Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. 

berikut dibawah ini adalah jenis dari berbagai daerah.


Ada 2 jenis karya tari yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru.Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.

Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.


perhatikan gambar dayu bersepeda diatas.

Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.

Tugas

1. Sebutkan 2 jenis karya tari? 

1. Sebutkan beberapa tarian yang berasal dari lampung? 

2. Saat mengayuh sepeda, gaya apa yang kita perlukan? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi 

pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi di tema 8 subtema 2 pembelajaran 3.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 01 Maret 2023

Rabu

 Hari/Tanggal   : Rabu /1 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 1 

Tujuan Pembelajaran 1 :

KD 3.9 Bahasa Indonesia (Menuliskan tokoh dalam cerita fiksi)

1. Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi

KD 3.4  IPA (percobaan hubungan antara gaya dan gerak)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.


Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahas tentang tema 8 subtema 1 pembelajaran 6 tentang cerita rakyat si pitung. Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 

Pembelajaran 1





gambar diatas adalah salah satu contoh keunikan 
daerah tempat tinggal. Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana isi cerita tersebut? silahkan kalian baca di buku tematik kalian cerita RORO JONGGRANG pada halaman 62 & 63.


Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kamu tentang gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melakukan gaya? Jelaskan! 

Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. 

Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. 

Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. 

1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. 

2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

TUGAS

1. Sebutkan keunikan dari daerahmu? 

2. Terletak di mana kah candi Prambanan? 

3. Sebutkan contoh gaya dorong? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan besok kita akan bertemu di tema 8 subtema 2 pembelajaran 2.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...