About

Senin, 07 November 2022

Senin

 Hari/tanggal   : Senin, 07 November  2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  :  2


Tujuan Pembelajaran:

1.  Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima  Pancasila dengan benar dan juga memberikan contohnya.

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang Sultan Hasanudin yang begitu gigih mempertahankan wilayahnya. Dan untuk hari ini kita akan membahas tentang Sbuah teks tentang Gusnadi Wiyoga

Pembelajaran 2

Silahkan di buka dulu video berikut






Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai  dengan sila kelima. 

Ayo kita pelajari lebih lanjut.

 

Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Sila ini bermakna sebagai berikut.

 • Adil, bukan harus sama.

 • Mau bekerja keras.

 • Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.

 • Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

 

Lambang sila kelima adalah berikut.

Tugas hari ini

Dapatkah kalian menyebutkan contoh pengamalan sila ke Lima Pancasila? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah pembelajaran kita hari. Jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat dan mengaji di rumah..

Wassalam mualaikum warohmatulohi wabarokatuh

Jumat, 04 November 2022

Jumat

 Hari/tanggal   : Jumat, 04 November  2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  : 1

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.

2.      Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan serta menulis laporan dengan benar.



Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang Perjuangan Para Pahlawan dalam tema 5,

Ringkasan Materi

Pembelajaran 1Pembelajaran 1


Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

 

Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

 

Amati gambar di samping. 


Amati  pula  gambar  skema pantulan  sinar matahari pada cermin datar

Kamu akan mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. Amati gambar terlebih dahulu.

Baiklah anak sholeh dan sholehah.. Itulah tadi pembelajaran hari ini.. 

Jangan lupa untuk sholat dan membaca al Quran dirumah.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 03 November 2022

Kamis

 Hari/ Tanggal    : Kamis/ 3 November 2022

Tema                :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema         : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  : 6


Tujuan Pembelajaran


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 6

1. Setelah berdiskusi, mengamati gambar, dan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi dan mempresentasikan yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia. 

2. Setelah berdiskusi, mengamati gambar, dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan dan menceritakan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila 


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 


Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 5 yaitu kita mengetahui tentang patih gajah Mada dan juga kita sudah mempraktekkan nyanyian lagu " Maju Tak Gentar"
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran 6

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 6





Ringkasan Materi Pembelajaran 6


Di pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang patih gajah Mada. Untuk pembelajaran 6 kita akan mengenal lebih dekat dengan salah satu pahlawan kita yaitu Pangeran Diponegoro. 



Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya 
adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela 
sampai mati.Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Baiklah anaka sholeh dan solehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. 
Jangan lupa tetap melaksanakan sholat di rumahnya.. 

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 01 November 2022

Selasa

 

Hari/ Tanggal    : Selasa/ 1 November 2022

Tema                  :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema          : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  :4


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 4

1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifkasi informasi dan menuliskan informasi dari teks non fiksi yang dibaca dengan terperinci. . 

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke 4 dengan terperinci. 


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 

Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..

Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 3  bagaimana membuat cakram warna. 
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran  4

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4



 
Ringkasan Materi Pembelajaran 4

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui tentang sikap kepahlawanan raja Purnawarman. Alangkah baiknya kita juga mengetahui perjuangan  pahlawan dari Raja lainnya. 




Itulah td cerita tentang Raja Bala PutraDewa dan nilai nilai kepahlawanan raja BalaPutraDewa
Berikut adalah percobaan tentang garis lurus dan garis sejajar

Tugas

1. Sebutkan macam macam sifat cahaya? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran 4 tentang Raja Bala Putra Dewa dan bagaimana cahaya mejalar secara garis lurus dan garis sejajar. 

Jangan lupa untuk sholat dan mengaji serta murojaah nya ya anak anak.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 31 Oktober 2022

Senin

 Hari/ Tanggal    : Senin/ 31 Oktober 2022

Tema                :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema         : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  : 3


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran

1.Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna dan melakukan percobaan dengan cakram warna..

2. Setelah membaca teks tentang Raja Balaputradewa, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan juga mampu meceritakan teks tersebut dengan bahasa sendiri. . 


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 

Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..

Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 dan kita sudah mempraktekkan sifat sifat cahaya. 
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran 3 

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3





Ringkasan Materi pembelajaran 3

Kebanggaan kita terhadap pahlawan bisa diwujudkan dengan meneladani sikap-sikap kepahlawanan. Salah satu sikap kepahlawanan adalah menolong orang lain.
Salah satu nya menolong orang lain saat terjatuh dan terluka dengan mengobatinya. 


Masih ingatkah kalian tentang sifat sifat cahaya? 

Mata kita berfungsi seperti teropong cangkir.
Cahaya menembus lubang kecil bernama pupil
dan berhenti pada layar yang disebut retina.
Proses ini membuat gambar terbalik. Saraf
mata menghubungkan retina dengan otak yang
membalikkan gambar ke bentuk sebenarnya.


Baiklah anak sholeh dan sholehah itu tadi pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa untuk tetap melaksanakan sholat lima waktu dirumah ya.. 
Tetap semangat.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jumat, 28 Oktober 2022

Jumat

 Hari/ Tanggal    : Jumat/ 28 Oktober 2022

Tema                :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema         : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  :2 


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 2

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila dan juga memberikan contohnya. 

Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar dan juga menyanyikan lagu tersebut dengan benar 



Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 

Hari ini kita memperingati hari Sumpah Pemuda, Semoga semangat kalian dalam belajar sama seperti semangat para pahlawan Indonesia. 

Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 Subtema 1 pembelajaran 1 tentang kerajaan kerajaan dan juga sifat sifat cahaya. 
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran 2

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2



 
Ringkasan Materi Pembelajaran 2

Sebelum nya kita sudah membahas tentang raja Purnawarman. Sikap raja Purnawarman mencerminkan Pancasila silakan ke empat. 

Sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama,
cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta
bijak menyelesaikan masalah.
Lambang dari silakan ke empat Pancasila adalah Kepala Banteng
Perhatian gambar dan sebuah kasus dibawah ini
lalu amatilah



Raja Purnawarman sangat gigih dalam melawan perampok dan melawannya dengan semangat perjuangan. Seperti lagu dibawah ini yang penuh dengan semangat perjuangan. 


Ayo coba nyanyikan lagi lagu " Maju Tak Gentar" Ini dirumah. 


Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa tetap istiqomah dalam melaksanakan sholat lima waktunya ya. 

Wassalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

Kamis, 27 Oktober 2022

kamis

 Hari/Tanggal               : Rabu,   26 Oktober 2022

Kelas                             : IV

Tema                             : 5 (Pahlawanku )

Subtema                       : 1 (Perjuangan Para Pahlawan)

Pembelajaran              : 1

Tujuan Pembelajaran :

1. setelah melihat gambar berseri, siswa mampu menceritakan isi dari gambar.

2. setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman siswa mampu menjawab soal yang disediakan. 

3. setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengetahui sifat-sifat cahaya.


Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 6 tentang bagaimana proses ekonomi di sekitar kita. 

Ringkasan Materi

Video Pembelajaran Tema 5 Subtema 1 pembelajaran 1








sifat-sifat cahaya



Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...