About

Kamis, 09 Januari 2025

 

MAteri Ajar Kamis, 9 Januari 2025

 

 

Welcome to Second Semester TP. 2024/2025

day / Date: Kamis, 9 Januari 2025

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan

Pembelajaran : 4

Muatan Pelajaran :IPA (KD 3.2); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ;IPS (KD 3.2)

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan kepedulian terhadap lingkungan.
2. Dengan kegiatan mengamati syair lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat menjelaskan interval nada pada sebuah lagu dengan tepat.
3. Dengan kegiatan membaca tangga nada, siswa dapat menjelaskan cara memainkan interval pada sebuah lagu dengan tepat.
4. Dengan kegiatan membaca bacaan “Dampak Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan”, siswa dapat menyebutkan kata kunci pada judul teks nonfiksi dengan tepat.
5. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara tertulis dengan tepat.
6. Dengan mengamati dan berdiskusi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan laki-laki, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan anak laki-laki dengan tepat.

 

Apersepsi

Good morning soleh solehah kelas VIA di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 3 kita sudah mempelajari materi pemahaman bacaan serta memahami upaya kita dalam mempertahankan kemerdekaan RI sekarang kita melanjutkan pembelajaran 4 mengenal lagu dan not dari aku cinta lingkungan ku dan mengenal ciri-ciri masa pubertas

Mari kita simak video pembelajaran hari ini



 

Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada.
Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita ingat kembali tangga nada mayor berikut. 

 

Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh
c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 1⁄2 1 1 1 1⁄2
3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
 

Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangkatersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.
Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

  

c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.

c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf. 

IPA

 

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?

Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.

  

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?

Latihan 

tuliskan ciri-ciri pubertas pada perempuan sesuai dengan kotaknya

 

ttuliskan ciri-ciri pubertas pada laki-laki sesuai dengan kotaknya

 

 

 

REfleksi & Evaluasi

Pada pembelajaran SBDP mengenai interval nada masih ada 2 orang siswa yang belum memahmi not angka pada lagu aku cinta lingkunganku, dikarenakan sedang sakit. untuknya akan diberikan bimbingan saat masuk sekolah nanti.

 

 

Kesimpulan

pembelajaran hari ini telah mengenal ciri-ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan serta memahami interval nada dengan tepat. Kalian telah mengenal perubahan yang terjadi pada ciri-ciri masa pubertas baik laki-laki dan perempuan

 

 

Penutup

demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, 

wassaamualaikum wr wb

Selasa, 07 Januari 2025

 

Materi Ajar Rabu, 8 Januari 2025

 

Welcome to Second Semester TP. 2024/2025

day / Date: Rabu, 8 Januari 2025

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan

Pembelajaran :3

Muatan Pelajaran :IPS (KD 3.4); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ; PPKN(KD 3.2)

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar pelajar dalam bacaan, siswa dapat mengidentifikasi perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.
3. Dengan kegiatan berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan laporan pembahasan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.
5. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo Papua”, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.
6. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

 

Apersepsi

Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 2 kita sudah mempelajari materi pemahaman bacaan serta memahami paragraf deduktif dan induktif

sekarang kita melanjutkan pembelajaran 3 tentang menyebutkan upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.

Mari kita simak video pembelajaran hari ini


Bacalah teks cerit dibawah ini

 Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua

Kampung Wonorejo, Arso Timur, Papua adalah salah satu kampung
transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat penduduk di
Pulau Jawa. Kondisi tersebut membuat warga di kampung Wonorejo memiliki
perbedaan suku, agama, dan budaya.
Di Kampung Wonorejo, posisi rumah warga bersebelahan. Semua warga
akrab tak terkecuali anak-anak. Setiap hari anak-anak di Kampung Wonorejo
pergi ke sekolah bersama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka
bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain. Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Setiap akhir minggu anak-anak Kampung Wonorejo berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, mereka olahraga bersama atau sekadar bermain-main. Bagi anak-anak yang menginjak usia remaja akan mendapat penyuluhan tentang menjaga kebersihan diri saat pubertas dari tenaga kesehatan. Kadang-kadang mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.
Semua warga di Kampung Wonorejo hidup rukun. Mereka menyadari bahwa
para pahlawan telah meraih kemerdekaan dengan semangat perjuangan tinggi. Dalam meraih kemerdekaan, para pejuang tidak memandang perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu padu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Oleh sebab itu, semua warga Kampung Wonorejo ingin menjaga persatuan di daerah mereka sebagai wujud menjaga kesatuan NKRI. Mereka hidup rukun dalam perbedaan.
Potret Kampung Wonorejo, Arso Timur, menunjukkan kepada kita tentang
kerukunan dalam keragaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun
berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa
menjadi modal sosial dalam pembangunan.

Keberadaan berbagai suku bangsa yang ada di Kampung Wonorejo ini tidak
lepas dari kebijakan pemerintah tentang transmigrasi. Program transmigrasi
di mulai sejak pemerintahan Orde Baru pada tahun 1961. Pemerintah Orde
Baru menggalakkan program transmigrasi sebagai upaya untuk mewujudkan
masyarakat Indonesia yang sejahtera. Melalui program ini membuktikan bahwa
setelah mengikuti transmigrasi, masyarakat memiliki rumah, lahan pertanian,
dan keterampilan sebagai bekal hidup di lokasi transmigrasi. Program tersebut
mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini berlandaskan pada
hak setiap warga negara untuk mendapat penghidupan dan pendidikan yang
layak dari negara.
Saat ini latar belakang kehidupan warga di Kampung Wonorejo sudah
mengalami percampuran budaya dan agama. Sebagian warga Kampung
Wonorejo sudah melakukan pernikahan antarsuku. Bagi warga Kampung
Wonorejo, keragaman adalah kekayaan mereka.
Dalam perkembangannya, ada beberapa yang harus diperhatikan antara
Kampung Wonorejo dan kampung-kampung sekitarnya, misalnya Kampung
Kibay. Penduduk asli Kibay terdiri atas 121 kepala keluarga. Sebagian dari
mereka tersebar di Distrik Arso. Wilayah Kibay memiliki potensi sumber daya
alam seperti hutan dan hasil pertanian. Warga di Kampung Kibay menanam
sayur dan umbi-umbian untuk dikonsumsi sebagai makanan pengganti beras.
Para wanita di kampung ini juga terampil menganyam noken dari kulit pohon.
Sebagian warga bekerja serabutan penebang kayu, tukang bangunan, dan
buruh harian di perkebunan sawit.
Potret Kampung Kibay memberi gambaran kepada kita tentang mata
pencaharian sebagian besar penduduk asli Papua dan para transmigran,
seperti di Kampung Wonorejo. Di Kampung Wonorejo, kehidupan masyarakat
cukup harmonis. Mereka hidup berdampingan dengan penduduk asli Papua.
Apabila terjadi peristiwa yang menyangkut hukum, seperti pencurian atau
gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat akan diproses secara hukum.
Akan tetapi, sebelumnya mereka harus menyelesaikan masalah tersebut
melalui paguyuban adat. Jika ada kerusuhan di Kampung, paguyuban selalu 



Penduduk asli Papua dan warga transmigran saling bertoleransi. Mereka
saling menghormati perbedaan agama maupun budaya. Mereka menganggap
bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan bangsa Indonesia
yang harus dijaga. Para penduduk bisa hidup rukun berdampingan sebagai
satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.
Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan
dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika
dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa
Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong,
dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia
yang damai, tenteram, hidup rukun berdampingan.


Oleh: Nirwasita

Soal latihan

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?



B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!
1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai
kemerdekaan?

2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?

 

 

Refleksi & Evaluasi

Dalam pembelajaran hari ini terkait pelajaran IPS, PPKN dan bahasa indonesia, masih terdapat 2 orang siswa dari jumlah 21 siswa keseuruhan atau sekitar 10% yang belum memahami isi bacaan dari teks tersebut. maka perlu diadakan bimbingan lanjut setelah jam pembelajaran selesai

 

Kesimpulan

Upaya untuk mengisi kemerdekaan
1) Rajin beribadah sesuai agama
2) Belajar dengan giat, rajin dan tekun
3) Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat
4) Saling menghormati antar sesama
5) Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
6) Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah

 

Penutup

alhamdulilah dalam pembelajaran hari ini berjalan tertib dan lancar semoga ilmu yang dusampaikan bermanfaat, kita bertemu lagi besok di pembelajaran 4 ya nak

Senin, 06 Januari 2025

 

Materi ajar Selasa, 7 Januari 2025

 

Welcome to Second Semester TP. 2024/2025

day / Date: Selasa, 7 Januari 2025

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran :IPA (KD 3.2); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ; SBDP (KD 3.2)

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan judul dan kata  kunci serta isi bacaan dengan tepat.
2. Dengan kegiatan ayo berlatih, siswa dapat menjelaskan cara pengelolaan sampah dengan tepat.
3. Dengan kegiatan menyanyi lagu “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat menyanyikan lagu sesuai interval lagu dengan percaya diri.
4. Dengan kegiatan berlatih tentang interval nada, siswa dapat menjelaskan interval nada dari sebuah lagu dengan percaya diri.
5. Dengan kegiatan berlatih tentang interval lagu, siswa dapat menuliskan interval nada dari sebuah lagu dengan tepat.
6. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan anak perempuan.
7. Dengan kegiatan membaca teks berjudul “Ciri-ciri Masa Puber”, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan.

 

Apersepsi

Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi tentang hak & kewajiban di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat. 

sekarang kita melanjutkan pembelajaran di pembelajaran 2 tentang menentukan judul dan kata kunci serta isi bacaan dengan tepat.

Mari kita simak video pembelajaran hari ini


Kampung Rawajati

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.


Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di 

Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut  menjadi penyubur tanah di sekitarnya.

Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besserta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.

Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.



Latihan soal

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan? 

Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu!

Yuk diskusi dengan teman sebangku mu!! 

Jawaban :

Judul bacaan tersebut adalah Kampung Rajawati. Kata kuncinya adalah kampung. Isi bacaan tersebut belum sesuai dengan kata kunci yang saya sebutkan karena isi bacaan lebih banyak menggambarkan pengelolaan sampah di kampung tersebut, bukan menggambarkan kampung secara umum.. 

2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!





1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut?Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban : Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan alas kaki.

2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!  

Jawaban ; Ciri-ciri anak pada masa puber. 

Laki-laki : tumbuh rambut pada ketiak dan kem4luan, tumbuh jakun pada leher, suara membesar, dan mengalami mimpi basah.

 Perempuan : p4yud4ra membesar, tumbuh rambut pada kem4luan dan ketiak, p1nggul membesar, dan mengalami menstruasi

 

Lkpd

Tugas untuk di LKPD nya hanya Memahami bacaan yang terkandung isi cerita tersebut, 

 

Evaluasi & refleksi

Pada pembelajaran hari ini di pembelajaran 2 sub tema 1 masih 2 anak yang belum memahami isi cerita dikarenakan anak tersebut sedang sakit. Untuk itu harus diadakan bimbingan di luar jam pembelajaran. 

 

Kesimpulan 

Cara kita menentukan kata kunci dalam setiap paragraf adalah dengan tiga cara untuk menemukan kata kunci dalam paragraf, yaitu:

- Mencari kata yang sering diulang-ulang.

- Menemukannya di dalam ide pokok bacaan. 

- Mencari kata kunci yang sudah diganti kalimatnya atau sinonimnya.

 

Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat

Waalaikumsalam wr wb

Minggu, 05 Januari 2025

 

Semester 2 -- Materi Ajar Senin, 06 Jan 2024

 

Welcome to Second Semester TP. 2024/2025

day / Date: Senin, 06 Januari 2025

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran : PPKN (3.2) ; IPS (3.4) ; BAHASA INDONESIA (3.7) 


Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban 

sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2. Dengan kegiatan berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

4. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampai-kan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

Apersepsi



Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah setelah liburan panjang akhirnya kita mulai lagi pembelajaran kita di semester g enap ini. Mari simak penjelasan Berikut ini ya nak :)

 

💗Senam anak Indonesia hebat di video berikut ini

Senam Anak Indonesia Hebat 


💗7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat


💗sebelum memulai pembelajaran di semester 2 yuk kita evaluasi dan refleksi dahulu agar kita mengetahui kelebihan dan kekurangan kita pada semester 1 agar di semester 2 ini kita dapat maksimal dalam proses belajar 




Lingkungan mempengaruhi 
kesejahteraan masyarakatnya. Oleh karena  itu, masyarakat diharapkan peduli terhadap lingkungannya supaya sejahtera. Bagaimana kepedulianmu terhadap lingkungan? Ayo, kita diskusikan lebih lanjut.


Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus peduli terhadap
lingkungan. Misalnya, ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga
keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan.
Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolahmu?
Kamu hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah

seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum
bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan
sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai
warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan
yang positif. Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945. Kemerdekaan
bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan penuh pengorbanan. Oleh
karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak
ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang
dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekan bangsa
ini?


Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan
informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat
menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau
informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelum
membaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi
teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks. Kata-kata
penting dapat disebut kata kunci.


LKPD
sekarang saatnya kalian ber:diskusi dengan kelompok mu terkait materi hari ini yaitu: hak dan kewajiban kita baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat.,. 



Evaluasi dan refleksi

Dalam pembelajaran hari ini kita sudah membahas tentang hak dan kewajiban kita di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. 
Kalian sudah dapat membedakan kegiatan kegiatan yang menunjukkan hak ataupun kewajiban. 
 
Kesimpulan


Penutup
Kita akhiri pembelajaran hari ini. 
Besok kita akan belajar di pembelajaran 2 tentang ciri-ciri pubertas dan mengenal nya

Wassalamualaikum wr wb

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...