Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 6
Aokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 6 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
Ringkasan Materi
Akibat tidak melaksanakan kewajiban
Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus, kamu harus belajar terlebih dahulu.
Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang.
1. Jika ingin sehat, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat
tinggalmu.
2. Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.
3. Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.
Baik ananda sholeh dan sholehah , kalian sudah membaca serta mendengarkan video pembelajaran di atas, sekarang Ananda sholeh dan sholehah mengrjakan "Penilaian Harian Tema 9 Subtema 3"
Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 5
Aokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD IPA
3.5 . Mengidentifikasi berbagaisumberenergi, perubahan bentukenergi,dansumberenergialternatif(angin,air,matahari,panasbumi, bahanbakarorganik, dannuklir)dalamkehidupan sehari-hari.
KD SBdP
3.2. Mengetahuitanda tempodantinggirendahnada.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi usaha-usaha pelestarian sumber daya alam.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Pada pertemuan kemarin kita sudah membahas persatuan dan kesatuan. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 5 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
Ringkasan Materi
IPA
Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secarahati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alamtersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal inimerupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.
1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai, danau, maupun laut.
7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dansetelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.
muda.
8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.
SbdP
Nyanyikan lagu bertemakan alam berikut ini.
Nyanyikan secara bersama-sama lagu yang berjudul “Memandang Alam ”.
Latihan Soal
Tuliskan soal dibawah ini dan cari jawaban pilihan ganda yang paling tepat
1. Perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila keadilan sosial bagi seluruh rajyat Indonesia adalah…
a. Mencari mata air baru
b. Memakai air semaunya
c. Menghemat pemakaian air
d. Mendapatkan sumber air
2. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu upaya menjaga udara agar tetap segar. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan cara....
a. membakar sampah di hutan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. menebang pepohonan di lingkungan rumah
d. menyimpan sarnpah hingga membusuk
3. Menjalin persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah ditunjukkan dalam bentuk tindakan...
a. bekerja sama dalam piket kelas
b. aktif dalam organisasi karang taruna
c. hidup rukun dengan tetangga
d. gotong royong membersihkan selokan
4. Contoh hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah ...
a. Menanam pohon di lahan yang kering dan gundul
b. Tidak membuang sampah ke sungai
c. Mematikan air keran setelah selesai mencuci piring
d. Menggunakan air sungai untuk mengairi sawah
5. Tindakan yang tepat untuk memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang tinggal didekat lereng rawan tanah longsor adalah ...
a. Membiarkan saja
b. Menanam kembali hutan yang gundul
c. Lapor ke polisi hutan
d. Mengambil sisa kayu
6. Berikut ini yang termasuk contoh kewajiban bagi warga terhadap air bersih adalah ....
a. Menggunakan air untuk minum
b. Memakai air untuk mandi sehari-hari
c. Memakai air untuk mencuci baju
d. Menjaga kebersihan sumber-sumber air
7. Menikmati lingkungan segar merupakan ……… terhadap lingkungan *
a. Kehidupan
b. Hak
c. Perilaku
d. Kewajiban
8. Contoh kewajiban manusia terhadap lingkungan adalah ……… *
a. Membuang limbah detergen ke sungai
b. Membuang sampah ke sungai agar halaman tetap bersih
c. Menebang semua pohon yang ada di pinggir jalan
d. Menanam pohon di pinggiran sungai
9. Kewajiban manusia terhadap hutan adalah …… *
a. Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersang atau gundul.
b. Memanfaatkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari-hari
c. Mendapatkan oksigen yang dihasilkan pohon di hutan
d. Mendapatkan udara yang sejuk
10. Melaksanakan kewajiban secara sadar bersama-sama dapat menumbuhkan rasa … dan … *
Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan pengamatan, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui kerja bakti dan manfaatnya dengan penuh kepedulian
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas sumber energi alternatif. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 4 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
Ringkasan Materi
PKN
Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan,
atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?
Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi. Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam.
Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam.
Berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan yang dapat kita lakukan;
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah :
1. Saling menghargai dan saling menyanyangi anggota keluarga
2. Saling menghargai perbedaan kelompok antar anggota
3. Saling membantu bila ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan
4. mendengarkan nasihat orang tua
5. Gotong royong dalam
Contoh sikap persatuan dan kesatuan di sekolah :
1. Piket bersama membersihkan kelas atau halaman sekolah
2. Belajar kelompok
3. Saling menghargai dan menghormati antar teman
4. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan
5. Menjenguk teman yang sedang sakit
Contoh sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat :
1. Saling menghargai dan tidak membedakan antar anggota masyarakat
2. Hidup rukun, dengan cara mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
3. Kerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan
4. Bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan
5. Melakukan ronda malam untuk menjaga ketertiban lingkungan
BAHASA INDONESIA
Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Latihan hari ini,
Petunjuk soal :Tuliskan pendapatmu di buku tulis kalian.
Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar.
Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan? Jelaskan !
1.
2.
3.
4.
5.
Baiklah anak sholeh sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu pada preman 9 subtema 3 pembelajaran 5.
Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 3
Aokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa mengidentifikasi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dengan penuh kepedulian.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dengan penuh kepedulian.
Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang pelestarian sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 3 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.....
Ringkasan Materi
IPA
Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi yang dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan biomasa. Mari kita mencari tahu lebih lanjut. Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional yaitu bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.
Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati
Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas. Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.
SBdP
Menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber energi, dapat dilakukan oleh diri sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita. Media yang dapat digunakan untuk melakukan ajakan tersebut dapat berupa poster. Amati dan cermatilah poster berikut yang menunjukkan kepedulian terhadap sumber daya alam yakni air. Poster yang mengajak kita berhemat air sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ketersediaan air bersih.
Soal
1. Sebutkan macam macam sumber energi alternatif?
2. Apa tujuan dari poster?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi di tema 9 subtema 3 pelajaran 4.
Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PPKN
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang dampak kerusakan sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 2 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.
PKN
Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut. (seperti gambar yang ada dibuku tema 9 halaman 115).
Banyak kegiatan yang menggunakan air misalnya, mandi , mengepel, minum, mencuci dan lain sebagianya. hal tersebut merupakan hak masyarakat dalam memanfaatkan air. Selain hak, masyarakat juga memiliki kewajiban untuk melestarikan ketersediaan air bersih. Kewajiban tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
1. mematikan keran air saat tidak digunakan
2. menanam pohon di pekarangan rumah
3. tidak membuang sampah ke selokan
4. mandi atau mencuci dengan air yang secukupnya
tidak menebang pohon yang dapat mengganggu kelestarian air.
Melestarikan sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. hal tersebut dilakukan agar sumber dayya alam tetap lestari dan bisa dimanfaatkan. berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam, yaitu
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
SBdP
Ayo Bernyanyii :)
Menghemat penggunaan air bersih merupakan contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan. Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.
Soal
1. Mengapa ketersediaan air sangat penting bagi kehidupan manusia?
2. Sebutkan contoh sikap dalam melestarikan sumber daya alam?
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 3.
Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Rabu, 03 Mei 2023
Hari/Tanggal : Rabu, 3 Mei 2023
Tema : 9 (Kayanya Negeriku)
Subtema : 3 (Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,
air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
KD IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
3. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat memahami usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh tanggung jawab
Subtema : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
Pembelajaran 6 :
KD PPkn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
Tujuan Pembelajaran 6 :
1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang di sekitarnya, siswa dapat menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian. 2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan seharihari dengan penuh kepedulian.
Dipertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat kekayaan alam pada pembelajaran 5..Dan hari ini kita memasuki pembelajaran 6.
Pembelajaran 6
Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah