Bahasa Indonesia"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : selasa, 7 oktober 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : B. Indonesia
📚Bab 3 "Berhati-hati dimana saja"
*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :
-Peserta didik mampu menuliskan penggunaan kata "di" sesuai kalimat dan kata yang mengikutinya dengan benar
-menyebutkan cobtoh kalimat menggunakan kata "di" dalam kehidupan sehari-hari
*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia :
-Melalui mengamati cerita murid dapat menuliskan kalimat dengan penggunaan kata "di" yang tepat
-Melalui mengamati teks bacaan murid dapat menggunakan dan mempraktekkan atau memberi contoh penggunaan kata "di" dengan cepat menggunakan lisan atau tulisan
*
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
B. Indonesia:
pertanyaan pemantik:
- Pernahkah kalian mendengar nama kota?
- bagaimana penulisan nama sebuah kota yang benar?
* materi pembelajaran
bahasa indonesia
📚 BAB 3 "Berhati-hati dimana saja"
patuhilah rambu lalu lintas!
- Fungsi: Menunjukkan tempat, waktu, atau lokasi.
- Ciri-ciri: Kata "di" ini bisa diubah menjadi "dari" atau "ke", atau diganti dengan "di mana".
- Contoh:
- Adik bermain di rumah. (Bisa juga "Adik bermain dari rumah" atau "Adik bermain ke rumah" jika konteksnya mendukung).
- Mereka bertemu di sekolah.
- Bunga-bunga tumbuh subur di taman.
- Adik bermain di rumah. (Bisa juga "Adik bermain dari rumah" atau "Adik bermain ke rumah" jika konteksnya mendukung).
- Berfungsi sebagai awalan pembentuk kata kerja pasif, yang menunjukkan bahwa subjek kalimat dikenai suatu pekerjaan.
- Kata kerja pasif ini bisa diubah menjadi bentuk aktif dengan menambahkan awalan "me-".
- Buku itu dibaca olehnya. (Buku itu di-baca olehnya). (Bentuk aktifnya: Ia membaca buku itu).
- Pintu itu dibuka oleh ibu. (Bentuk aktifnya: Ibu membuka pintu itu).
- Surat itu ditulis oleh Andi.
- Buku itu dibaca olehnya. (Buku itu di-baca olehnya). (Bentuk aktifnya: Ia membaca buku itu).
- Jika kata kerja pasif "di-" bisa diubah menjadi bentuk aktif "me-", maka itu adalah imbuhan dan harus disambung.
- Contoh: "dibawa" (pasif) menjadi "membawa" (aktif).
- Contoh: "dibawa" (pasif) menjadi "membawa" (aktif).
- Jika "di" menunjukkan tempat atau waktu, maka itu adalah kata depan dan harus dipisah.
- Contoh: "di sana", "di rumah", "di waktu malam
- Let’s check this video5.Evaluasi
Kegiatan Penutup
· Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar