About

Selasa, 07 Oktober 2025

Selasa, 7 Oktober 2025

 

Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : selasa, 7 oktober 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 3 "Berhati-hati dimana saja"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan penggunaan kata "di" sesuai kalimat dan kata yang mengikutinya dengan benar

-menyebutkan cobtoh kalimat menggunakan kata "di" dalam kehidupan sehari-hari


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati cerita murid dapat menuliskan kalimat dengan penggunaan kata "di" yang tepat

-Melalui mengamati teks bacaan murid dapat menggunakan dan mempraktekkan atau memberi contoh penggunaan kata "di" dengan cepat menggunakan lisan atau tulisan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

















Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card kesehatanku dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)
* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

  • Pernahkah kalian mendengar nama kota?
  • bagaimana penulisan nama sebuah kota yang benar?

materi pembelajaran

bahasa indonesia


📚 BAB 3 "Berhati-hati dimana saja"


patuhilah rambu lalu lintas!




penggunaan kata "di"

pemisahan dan penulisan kata depan "di" dengan kata yang mengikutinya (ditulis terpisah, contoh: di sekolah) dan imbuhan "di-" yang menyambung dengan kata dasar (ditulis serangkai, contoh: dikenal). Perbedaan ini penting karena dapat mengubah makna kalimat, dan untuk membedakannya, bisa dengan mencoba mengubah kata pasif menjadi aktif (jika bisa diubah menjadi bentuk "me-", maka itu adalah imbuhan). 
1. Kata "di" sebagai kata depan (ditulis terpisah) 
  • Fungsi: Menunjukkan tempat, waktu, atau lokasi. 
  • Ciri-ciri: Kata "di" ini bisa diubah menjadi "dari" atau "ke", atau diganti dengan "di mana". 
  • Contoh:
    • Adik bermain di rumah. (Bisa juga "Adik bermain dari rumah" atau "Adik bermain ke rumah" jika konteksnya mendukung). 
    • Mereka bertemu di sekolah. 
    • Bunga-bunga tumbuh subur di taman. 
2. Imbuhan "di-" (ditulis serangkai/digabung) 
  • Fungsi: 
    Berfungsi sebagai awalan pembentuk kata kerja pasif, yang menunjukkan bahwa subjek kalimat dikenai suatu pekerjaan. 
  • Ciri-ciri: 
    Kata kerja pasif ini bisa diubah menjadi bentuk aktif dengan menambahkan awalan "me-". 
  • Contoh:
    • Buku itu dibaca olehnya. (Buku itu di-baca olehnya). (Bentuk aktifnya: Ia membaca buku itu). 
    • Pintu itu dibuka oleh ibu. (Bentuk aktifnya: Ibu membuka pintu itu). 
    • Surat itu ditulis oleh Andi. 
Cara Membedakan Kata Depan "di" dan Imbuhan "di-"
  • Coba ubah ke bentuk aktif: 
    Jika kata kerja pasif "di-" bisa diubah menjadi bentuk aktif "me-", maka itu adalah imbuhan dan harus disambung. 
    • Contoh: "dibawa" (pasif) menjadi "membawa" (aktif). 
  • Perhatikan fungsi tempat atau waktu: 
    Jika "di" menunjukkan tempat atau waktu, maka itu adalah kata depan dan harus dipisah. 
    • Contoh: "di sana", "di rumah", "di waktu malam

    • Let’s check this video 








      5.Evaluasi  


      Kegiatan Penutup 

      ·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

      Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

      *REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

      Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS day-2

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 13 Oktober 2025 Sekolah                   : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajar...