Bahasa Indonesia dan SBDP"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Rabu, 22 Oktober 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : B. Indonesia
📚Bab 3 "Berhati-hati dimana saja"
*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :
-Peserta didik mampu menuliskan penggunaan kata "di" sesuai kalimat dan kata yang mengikutinya dengan benar
-menyebutkan cobtoh kalimat menggunakan kata "di" dalam kehidupan sehari-hari
*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia :
-Melalui mengamati cerita murid dapat menuliskan kalimat dengan penggunaan kata "di" yang tepat
-Melalui mengamati teks bacaan murid dapat menggunakan dan mempraktekkan atau memberi contoh penggunaan kata "di" dengan cepat menggunakan lisan atau tulisan
📚Bab 3 "karya seni kolase"
*capaian pembalajaran SBDP
murid dapat mengenal dan menggunakan berbagai jenis karya kolase dari bahan alam dan buatan
*Tujuan pemebalajaran SBDP
melalui menggambar berbagai bentuk garis geometris murid dapat menyebutkan jenis garis, horizontal, vertikal, diagonal dll
*
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
B. Indonesia:
pertanyaan pemantik:
- Pernahkah kalian mendengar nama kota?
- bagaimana penulisan nama sebuah kota yang benar?
* materi pembelajaran
bahasa indonesia
📚 BAB 3 "Berhati-hati dimana saja"
patuhilah rambu lalu lintas!
- 🔴penggunaan kata "di"pemisahan dan penulisan kata depan "di" dengan kata yang mengikutinya (ditulis terpisah, contoh: di sekolah) dan imbuhan "di-" yang menyambung dengan kata dasar (ditulis serangkai, contoh: dikenal). Perbedaan ini penting karena dapat mengubah makna kalimat, dan untuk membedakannya, bisa dengan mencoba mengubah kata pasif menjadi aktif (jika bisa diubah menjadi bentuk "me-", maka itu adalah imbuhan).1. Kata "di" sebagai kata depan (ditulis terpisah)
- Fungsi: Menunjukkan tempat, waktu, atau lokasi.
- Ciri-ciri: Kata "di" ini bisa diubah menjadi "dari" atau "ke", atau diganti dengan "di mana".
- Contoh:
- Adik bermain di rumah
- Fungsi: Menunjukkan tempat, waktu, atau lokasi.
- Mereka bertemu di sekolah.
- Bunga-bunga tumbuh subur di taman.
- Mereka bertemu di sekolah.
2. Imbuhan "di-" (ditulis serangkai/digabung)- Berfungsi sebagai awalan pembentuk kata kerja pasif, yang menunjukkan bahwa subjek kalimat dikenai suatu pekerjaan.
- Kata kerja pasif ini bisa diubah menjadi bentuk aktif dengan menambahkan awalan "me-".
- Buku itu dibaca olehnya. (Buku itu di-baca olehnya). (Bentuk aktifnya: Ia membaca buku itu).
- Pintu itu dibuka oleh ibu. (Bentuk aktifnya: Ibu membuka pintu itu).
- Surat itu ditulis oleh Andi.
- Buku itu dibaca olehnya. (Buku itu di-baca olehnya). (Bentuk aktifnya: Ia membaca buku itu).
Cara Membedakan Kata Depan "di" dan Imbuhan "di-"- Jika kata kerja pasif "di-" bisa diubah menjadi bentuk aktif "me-", maka itu adalah imbuhan dan harus disambung.
- Contoh: "dibawa" (pasif) menjadi "membawa" (aktif).
- Contoh: "dibawa" (pasif) menjadi "membawa" (aktif).
- Jika "di" menunjukkan tempat atau waktu, maka itu adalah kata depan dan harus dipisah.
- Contoh: "di sana", "di rumah", "di waktu malam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar