Good morning soleh solehah kelas VIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran
Baru 2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak..
2. Tujuan
1. Peserta didik mampu mengetahui cara perkembabiakan pada tumbuhan secara generatif
2. Peserta didik mampu mengetahui Sejarah Asean
3. Pserta didik mampu menganalisis nilai-nilai yang sesuai dengan sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3. Ringkasan Materi
IPA (KD.3.1)
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.
Perkembangbiakan generatif merupakan perkembangbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan yang terjadi didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Perhatikan bagian-bagian bunga berikut ini !
1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke
kepala putik.
3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
6. Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain: padi, mangga, durian, dan jambu.
IPS (KD.3.1)
Sejarah ASEAN Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok. Deklarasi Bangkok ditandatangani di Bangkok, Thailand oleh lima menteri luar negeri pendiri ASEAN, yakni:
1. Indonesia (Adam Malik)
2.Singapura (S. Rajaratnam)
3.Filipina (Narsisco Ramos)
4. Thailand (Thanat Khoman)
5. Malaysia (Tun Abdul Razak) Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4,46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8,8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Letak sekretariat ASEAN berada di Jakarta, Indonesia.
Lambang ASEAN Arti lambang ASEAN, yaitu:
Biru melambangkan perdamaian dan stabilitas.
Merah melambangkan semangat dan kedinamisan.
Putih melambangkan kesucian.
Kuning melambangkan kemakmuran.
Ikatan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.
Lingkaran melambangkan kesatuan
Negara-negara Anggota ASEAN
1. Indonesia
Ibukota : Jakarta
Bahasa : Indonesia
Mata Uang : Rupiah (IDR)
Lagu Nasional : Indonesia Raya
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Presiden
Bentuk Pemerintahan : Republik
2. Malaysia
Ibukota : Kuala Lumpur
Bahasa : Melayu
Mata Uang : Ringgit (MYR)
Lagu Nasional : Negaraku
Kepala Negara : Sultan yang dipertuan agung
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlemeter
.
3. Thailand
Ibukota : Bangkok
Bahasa : Thai
Mata Uang : Baht (THB)
Lagu Nasional : Phleng Chat Thai (National Anthem of Thailand)
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlementer
4. Filipina
Ibukota : Manila
Bahasa : Filipino (Tagalog) dan Inggris
Mata Uang : Peso (PHP)
Lagu Nasional : Lupang Hinirang (Chosen Land)
Kepala Negara : Presiden Kepala Pemerintahan : Presiden
Bentuk Pemerintahan : Presidensil
5. Singapura
Ibukota : Singapura
Bahasa : Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil
Mata Uang : Dolar Singapura (SGD)
Lagu Nasional : Majulah Singapura
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlementer
6. Brunei Darussalam
Ibukota : Bandar Seri Begawan
Bahasa Resmi : Melayu
Mata Uang : Dolar Brunei (BND)
Lagu Nasional : Allah Peliharakan Sultan
Kepala Negara : Sultan Kepala Pemerintahan
Sultan
Bentuk Pemerintahan : Presidensil
7. Vietnam
Ibukota : Hanoi
Bahasa Resmi : Vietnam
Mata Uang : Dong (VND)
Lagu Nasional : Tien quan ca (The Song of the Marching Troops)
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlementer
8. Laos
Ibukota : Vientiane
Bahasa Resmi : Lao
Mata Uang : Kip Laos (LAK)
Lagu Nasional : Pheng Xat Lao (Hymn of the Lao People)
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlementer
9. Myanmar (Burma)
Ibukota : Naypyidaw
Bahasa Resmi : Myanmar
Mata Uang : Kyat Myanmar (MMK)
Lagu Nasional : Kaba Ma Kyei (Till the End of thhe World, Myanmar)
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Presiden
Bentuk Pemerintahan : Presidensil
10. Kamboja
Ibukota : Phnom Penh
Bahasa Resmi : Khmer
Mata Uang : Riel Kamboja (KHR)
Lagu Nasional : Nokoreach (Royal Kingdom)
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Parlementer
11. Timur Leste ( Bergabung ke Asean Tahun 2011)
Ibukota : Dili
Bahasa Resmi : Portugis , Teton
Mata Uang : Koin centavo Timor Leste
Lagu Nasional : Patria
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan : Republik semi-presidensial
Kondisi Geografis Asia Tenggara Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
• Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
• Laut Cina Selatan di utara; dan
• Samudra Pasifik di timur
Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:
1. Daratan Berbentuk Semenanjung Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat. 2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Brunei Darussalam
PKN (KD. 3.1)
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan yang Maha Esa” sebagai berikut.
1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
3. Kerukunan antarumat beragama.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang Adil dan Beradab” sebagai berikut.
1. Persamaan derajat
2. Menghargai hak asasi manusia
3. Solidaritas antar sesama manusia
4. Perdamaian
4. Evaluasi
Latihan Soal Pilihan Ganda
Pilihlah Jawaban yang tepat dengan memilih pada pilihan a,b,c, atau d.
1. Pertemuan ASEAN pertama kali diselenggarakan di Bangkok pada tanggal…
a. 8 Agustus 1967.
b. 8 Agustus 1966.
c. 9 Agustus 1967.
d. 9 Agustus 1977.
2. Satu di antara alasan yang menjadi latar belakang berdirinya ASEAN adalah…
a. Memiliki ideologi yang sama
b.Memiliki penduduk yang padat.
c. Merupakan negara yang luas.
d. Berada dalam satu wilayah yang sama.
3. Perhimpunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara disebut dengan...
a. AFTA.
b. APEC.
c. ASEAN.
d. OPEC.
4. Berdirinya ASEAN ditandai dengan ditandatanganinya sebuah deklarasi yang disebut dengan…
a. Deklarasi Jakarta.
b. Deklarasi AFTA.
c. Deklarasi Bandung.
d. Deklarasi Bangkok.
5. Lima negara pendiri ASEAN adalah...
a. Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darussalam.
b. Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, Laos dan Vietnam.
c. Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.
d. Indonesia, Taiwan, Malaysia, Singapura dan Filipina
Bagian B
1Gambarkan bagian-bagian pada bunga
2. Sebutkan 5 tokoh pendiri ASEAN.
3. Sebutkan mata uang dan lagu kebangsaan dari Negara Thailand
4. Sebutkan ibu kota dan bahasa resmi dari Vietnam ?
5. sebutkan contoh Pengamalan sila ke 3 Pancasila dalam kegiatan di sekolah
5. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang Negara Asean, Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan serta nilai-nilai dalam Pancasila yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari -hari. Kemudian besok, kita akan membahas materi di Pembelajaran 3 ya nak tentang cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif, Baik ananda sholeh dan sholehah apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
Rabu, 17 Juli 2024
Materi Ajar, Rabu 17 Juli 2024 ( MPLS DAY 3)
Materi : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)
Tujuan pembelajaran : mengenali potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan perilaku positif, dan mengembangkan interaksi positif antara siswa dengan warga sekolah.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak...
.
Alhamdulilah kegiatan pembelajaran hari ini kita sudah mengawalinya dengan shalat dhuha , murojaah surat-surat pendek.. selanjutnya kegiatan MPLS hari kedua ini memiliki rangkaian acara yaitu sebagai berikut :
1. Asesmen Diagnostik Kognitif
2. Mengenalkan program-program unggulan Sekolah
3. Sosialisasi Bullying
Penutup
Alhamdulilah kegiatan MPLS hari ketiga sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Semoga Ananda sholeh dan sholehah memahami materi MPLS dan dapat dijadikan motivasi untuk semangat belajar dan tetap menjadi anak yang baik. Sampai bertemu di hari berikutnya. Jangan lupa melaksanakan shalat wajib dan murojaahnya ya nak :)
Selasa, 16 Juli 2024
Materi Ajar, Selasa 16 Juli 2024 ( MPLS DAY 2)
Materi : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)
Tujuan pembelajaran : mengenali potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan perilaku positif, dan mengembangkan interaksi positif antara siswa dengan warga sekolah.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas III A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak...
.
Alhamdulilah kegiatan pembelajaran hari ini kita sudah mengawalinya dengan shalat dhuha , murojaah surat-surat pendek.. selanjutnya kegiatan MPLS hari kedua ini memiliki rangkaian acara yaitu sebagai berikut :
1. Menempel foto di pohon cita-cita
2. Membuat kesepakatan kelas dan jadwal piket
3. Membuat struktur kelas
4. Pembiasaan 6 S(senyum salam, sapa, sopan, santun dan sabar)
Penutup
Alhamdulilah kegiatan MPLS hari kedua sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Semoga Ananda sholeh dan sholehah memahami materi MPLS dan dapat dijadikan motivasi untuk semangat belajar dan tetap menjadi anak yang baik. Sampai bertemu di hari berikutnya. Jangan lupa melaksanakan shalat wajib dan murojaahnya ya nak :)
Senin, 15 Juli 2024
Materi Ajar, Senin 15 Juli 2024 ( MPLS DAY 1)
Materi : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS)
Tujuan pembelajaran : mengenali potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan perilaku positif, dan mengembangkan interaksi positif antara siswa dengan warga sekolah.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas III A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak...
.
Alhamdulilah kegiatan pembelajaran hari ini kita sudah mengawalinya dengan shalat dhuha , murojaah surat-surat pendek.. selanjutnya kegiatan MPLS hari pertama ini memiliki rangkaian acara yaitu sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Doa
3. Kata sambutan kepala sekolah
4. Pengenalan Visi dan Misi Sekolah
5. Games Perkenalan diri dan teman
6. Pembiasan 5S dan 4 kata Ajaib
Berikut ini adalah pembiasaan 4 kata ajaib, yang dapat menjadi kebiasaan yang bagi peserta didik.
7. Kegiatan Asesmen awal dengan Asesmen non kognitif
Peserta didik, diberikan asesmen berikut ini, selanjutnya guru mempersilahkan Ananda sholeh dan sholehah untuk presentasi menggambarkan diri sendiri. ( tahap diskusi)
Lapangan :
8. Pelepasan balon ditanda memulainya MPLS
Penutup
Alhamdulilah kegiatan MPLS hari pertama sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Semoga Ananda sholeh dan sholehah memahami materi MPLS dan dapat dijadikan motivasi untuk semangat belajar dan tetap menjadi anak yang baik. Sampai bertemu di hari berikutnya. Jangan lupa melaksanakan shalat wajib dan murojaahnya ya nak :)
Jumat, 03 Mei 2024
Materi AJar, Jumat 3 Mei 2024 (Soal Pengayaan )
Materi : pengayaan materi semester genap
Tujuan pembelajaran : siswa mampu memahami pertanyaan dengan benar
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI B di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 3 di pembelajaran 5 dan 6, hari ini kita akan belajar tentang membahas soal-soal pengayaan semester genap ya nak
Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 3 di pembelajaran 5 dan 6, hari ini kita akan belajar tentang membahas soal-soal pengayaan semester genap ya nak
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Teks bacaan untuk nomor 1-5.
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga
negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya.
1. Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a. Tanggung Jawab sebagai Siswa
b. Tanggung Jawab Seorang Anak
c. Tanggung Jawab Warga Negara
d. Hak sebagai Warga Negara
2. Gagasan utama dari paragraf yang disajikan adalah ....
a. Hak warga negara terhadap negaranya.
b. Kewajiban warga negara kepada negaranya.
c. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
d. Kewenangan warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
3. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
b Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
c. Pancasila sebagai nilai luhur bangsa.
d. Perwujudan dari sila ke empat Pancasila.
4. Kalimat utama paragraf yang disajikan terdapat pada. paragraf ....
a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir
5. Paragraf yang disajikan termasuk teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. legenda
d. cerita
6. Bagian yang harus ada dalam surat resmi tetapi tidak ada dalam surat pribadi adalah ....
a. tanggal surat
b. nomor surat
c. alamat yang dituju
d. isi surat
7. Bu Siti seorang pembuat kue yang sukses. Segala jenis kue yang dibuatnya rasanya enak dan laris manis ketika dijual.
Ungkapan yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah ....
a. berdarah dingin
b. bertangan dingin
c. ringan tangan
d. panjang tangan
8. Anak kembar yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu memiliki sifat yang berlawanan. Rino salah satu dari anak kembar itu sangat baik dan rajin membantu orang tuanya bekerja di pasar. Sementara, Roni sepanjang hari kerjanya hanya bermain ponsel. Ia juga sering memaksa orang tuanya untuk membelikan pulsa dan menuruti semua keinginannya.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah .... a. Anak kembar yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu memiliki sifat yang berlawanan. b. Rino salah satu dari anak kembar itu sangat baik dan rajin membantu orang tuanya bekerja di pasar. c. Sementara, Roni sepanjang hari kerjanya hanya bermain ponsel. d. Ia juga sering memaksa orang tuanya untuk membelikan pulsa dan menuruti semua keinginannya.
10. Puisi merupakan karangan yang terikat oleh .... a. bait, rima, dan irama b. bait, jumlah bait, sajak c. bait, jumlah larik tiap bait, sajak, dan irama d. bait, sajak, rima, irama
11. Perhatikan kutipan puisi di bawah ini ! Dengarlah wahai ananda Rajinlah belajar di mana saja Ilmu tiada pernah habis dieja Sebagai bekal di hari tua
Makna dari penggalan puisi di atas adalah .... a. rajin belajar di mana saja b. pesan orang tua kepada anaknya agar rajin belajar c. ilmu untuk bekal di hari tua d. anak yang rajin belajar
12. Hal yang perlu diperhatikan saat membaca puisi adalah .... a. gaya dan jeda b. gaya, ekspresi, jeda c. intonasi, jeda, ekspresi d. intonasi dan tanda baca
13. Cara pengucapan bunyi bahasa pada puisi disebut .... a. lafal b. intonasi c. ekspresi d. notasi
14. Pendengar yang budiman di mana pun anda berada. Mengawali pagi yang cerah ini, sejumlah informasi sudah kami siapkan untuk menemani suasana pagi anda selama dua jam ke depan dengan selingan lagu-lagu nostalgia. Informasi tersebut diperoleh melalui .... a. internet b. radio c. televisi d. media massa
15. Ide pokok dari suatu bacaan disebut .... a. tema b. judul c. ringkasan d. kesimpulan
16. Drama yang di dalamnya berisi nyanyian dan musik disebut .... a. komedi b. sinetron c. opera d. pantomim
17. Buah mangga buah mengkudu Ditanam orang di dekat tugu Sungguh indah tanah airku Walaupun jauh tetap ku rindu
Tema dari puisi di atas adalah .... a. cinta mangga dan mengkudu b. cinta pada guru c. cinta sesama d. cinta tanah air
Penutup
Alhamdulilah kegiatan hari ini sudah selesai, terimakasih banyak ananda sholeh dan sholehahsudah belajar dengan baik tetap semangat belajar , jangan lupa melaksanakan shalat wajib dan murojaahnya ya nak :)
Kamis, 02 Mei 2024
Materi Ajar, Kamis 2 Mei 2024 ( Ujian Praktikum Membuat Hiasan Kepala Budaya Lampung )
Welcome to Second Semester TP. 2023/2024
day / Date : Kamis,2 Mei 2024
Lesson : Tematik ( Ujian Praktik SBdP Membuat Properti Tari Hiasan Kepala Budaya Lampung)
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memahami cara pembuatan siger dan kopiah adat Lampung
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VIB di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdullilah kita masih diberikan kesehatan, kekuatan iman dan islam sehingga dapat bertemu dalam keadaan yang sehat ya nak 😍 Baik kegiatan kali ini kita akan praktik membuat siger dan kopiah adat Lampung ya nak, berikut adalah contoh video pembuatannya😎
Penutup
Alhamdulilah kegiatan hari ini sudah selesai, terimakasih banyak ananda sholeh dan sholehah yang sudah berjuang maksimal dalam membuat membuat Properti Tari berupa Siger dan Kopiah adat Lampung ya nak😇semoga mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan aamiin . tetap semangat belajar , jangan lupa melaksanakan shalat wajib dan murojaahnya ya nak :)