About

Senin, 14 November 2022

Senin

 Hari/Tanggal              : Senin , 14 November 2022

Kelas                            : IV
Tema                            : 5 (Pahlawanku)

Subtema                      : 3  Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran             : 1


Tujuan Pembelajaran

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap kepahlawanan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila dengan benar.

2.         Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Pattimura dan yang dimiliki oleh raja-raja pada masa kerjaan Islam serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci.

3.         Setelah melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.


Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari subtema 2 tentang pahlawanku kebanggaanku, sekarang kita akan belajar Tema 5 subtema 3 tentang sikap kepahlawanan, yang akan kita pelajari di pembelajaran 1  yaitu menerapkan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari 


Pembelajaran 1

Pembelajaran 1



Salah satu peninggalan raja-raja pada masa Islam yang diwariskan adalah

sikap kepahlawanan. Sikap ini memengaruhi sikap para pejuang pada masa

penjajahan Belanda.

 


Banyak pahlawan dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjuang demi

kemerdekaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekarang

kamu akan mengenal beberapa pahlawan nasional. Bagaimana perjuangan

mereka?

Selain Pattimura, Indonesia memiliki pahlawan nasional lainnya, yaitu Bung

Tomo.Tomo.

Salah satu hal yang membedakan mobil Bung Tomo dengan mobil

sekarang adalah posisi kaca spion. Mobil Bung Tomo hanya memiliki satu kaca

spion yang berada di dalam mobil.

 Salah satu bagian mobil yang penting adalah kaca spion. Kaca ini bisa

menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari ukuran benda sebenarnya.

Tahukah kamu bagaimana sifat cermin? Bagian lain dari mobil adalah lampu.

Pada lampu terdapat permukaan cekung yang menyerupai cermin cekung.

Cermin cekung ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya sampai jarak jauh.


Bisakah kalian menyebutkan fungsi dari cermin cekung? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat, dan jangan lupa untuk sholat lima waktunya ya.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 09 November 2022

Rabu

 Hari Tanggal : Rabu, 9 November 2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  : 4

 Tujuan Pembelajaran :

1.        Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan  informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know) dari Pattimura dengan terperinci

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih

mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Pembelajaran 3 tentang pembuatan lup dan teks tentang Sultan Agung. 

Selanjutnya apakah yang ingin kalian tahu dari seorang Kapitan Pattimura?


Itulah tadi teks tentang Patimura. 
Coba lah kalian cari sikap apa yang bisa kita contoh dari Pahlawan Pattimura? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah pembelajaran kita hari ini
Jangan lupa sholat lima waktu dan mengaji nya jangan sampai tertinggal ya.. Tetap semangat

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 08 November 2022

selasa

 Hari/Tanggal : Selasa 08 November 2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  : 

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Setelah melakukan percobaan tentang lup, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dan juga mampu membuat laporan dengan benar.

2.        Setelah membaca teks tentang Sultan Agung, siswa mampu menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar.


Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Kemarin kita sudah membahas tentang kegiatan sehari hari yang berhubungan dengan sila ke lima Pancasila.. 

Pembelajaran 3

Selain membantu orang lain, kerja sama adalah hal baik yang harus kita lakukan

dalam kehidupan sehari-hari. Kini saatnya kamu dan temanmu bekerja sama untuk membuat lup (kaca pembesar). Kaca pembesar ini dapat digunakan untuk membantu melihat objek yang sangat kecil, misalnya untuk membantu pekerjaan tukang jam.



Setelah di pembelajaran 1 kita sudah mempelajari sultan Hasanudin. Sekarang kita akan mempelajari Sultan Agung. Yuk dibaca



Itulah tadi pembelajaran hari ini. 
Bisakah kalian menilai tentang sikap Sultan Agung? 


Jangan lupa untuk sholat lima waktunya ya anak sholeh dan sholehah. 

Wassalam mualaikum warohmatulohi wabarokatuh

Senin, 07 November 2022

Senin

 Hari/tanggal   : Senin, 07 November  2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  :  2


Tujuan Pembelajaran:

1.  Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima  Pancasila dengan benar dan juga memberikan contohnya.

 

Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang Sultan Hasanudin yang begitu gigih mempertahankan wilayahnya. Dan untuk hari ini kita akan membahas tentang Sbuah teks tentang Gusnadi Wiyoga

Pembelajaran 2

Silahkan di buka dulu video berikut






Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai  dengan sila kelima. 

Ayo kita pelajari lebih lanjut.

 

Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Sila ini bermakna sebagai berikut.

 • Adil, bukan harus sama.

 • Mau bekerja keras.

 • Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.

 • Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

 

Lambang sila kelima adalah berikut.

Tugas hari ini

Dapatkah kalian menyebutkan contoh pengamalan sila ke Lima Pancasila? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah pembelajaran kita hari. Jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat dan mengaji di rumah..

Wassalam mualaikum warohmatulohi wabarokatuh

Jumat, 04 November 2022

Jumat

 Hari/tanggal   : Jumat, 04 November  2022

Kelas                : IV

Tema                : 5 (PAHLAWANKU

Sub tema         : 2 (pahlawanku Kebangganku)

Pembelajaran  : 1

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.

2.      Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan serta menulis laporan dengan benar.



Assalamu'alaikum, 

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)

Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang Perjuangan Para Pahlawan dalam tema 5,

Ringkasan Materi

Pembelajaran 1Pembelajaran 1


Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

 

Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

 

Amati gambar di samping. 


Amati  pula  gambar  skema pantulan  sinar matahari pada cermin datar

Kamu akan mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. Amati gambar terlebih dahulu.

Baiklah anak sholeh dan sholehah.. Itulah tadi pembelajaran hari ini.. 

Jangan lupa untuk sholat dan membaca al Quran dirumah.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 03 November 2022

Kamis

 Hari/ Tanggal    : Kamis/ 3 November 2022

Tema                :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema         : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  : 6


Tujuan Pembelajaran


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 6

1. Setelah berdiskusi, mengamati gambar, dan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi dan mempresentasikan yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia. 

2. Setelah berdiskusi, mengamati gambar, dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan dan menceritakan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila 


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 


Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 5 yaitu kita mengetahui tentang patih gajah Mada dan juga kita sudah mempraktekkan nyanyian lagu " Maju Tak Gentar"
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran 6

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 6





Ringkasan Materi Pembelajaran 6


Di pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang patih gajah Mada. Untuk pembelajaran 6 kita akan mengenal lebih dekat dengan salah satu pahlawan kita yaitu Pangeran Diponegoro. 



Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya 
adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela 
sampai mati.Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Baiklah anaka sholeh dan solehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini. 
Jangan lupa tetap melaksanakan sholat di rumahnya.. 

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 01 November 2022

Selasa

 

Hari/ Tanggal    : Selasa/ 1 November 2022

Tema                  :5 ( Pahlawanku) 

Sub tema          : 1 (Perjuangan para pahlawan)

Pembelajaran  :4


Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran 4

1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifkasi informasi dan menuliskan informasi dari teks non fiksi yang dibaca dengan terperinci. . 

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke 4 dengan terperinci. 


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 

Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..

Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 5 subtema 1 pembelajaran 3  bagaimana membuat cakram warna. 
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran  4

Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4



 
Ringkasan Materi Pembelajaran 4

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui tentang sikap kepahlawanan raja Purnawarman. Alangkah baiknya kita juga mengetahui perjuangan  pahlawan dari Raja lainnya. 




Itulah td cerita tentang Raja Bala PutraDewa dan nilai nilai kepahlawanan raja BalaPutraDewa
Berikut adalah percobaan tentang garis lurus dan garis sejajar

Tugas

1. Sebutkan macam macam sifat cahaya? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran 4 tentang Raja Bala Putra Dewa dan bagaimana cahaya mejalar secara garis lurus dan garis sejajar. 

Jangan lupa untuk sholat dan mengaji serta murojaah nya ya anak anak.. 

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...