About

Jumat, 16 April 2021

Jum'at, 16 April 2021

 Hari/Tanggal                : Jumat, 16 April 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   8                      : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1                 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 6

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan  isi teks permintaan maaf dalam  menjaga kerukunan hidup dalam keluarga dengan bahasa yang santun.

2.      Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis, siswa dapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.

3.      Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam dengan menggunakan satuan waktu (jam, menit) dengan teliti.

4.      Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.

 Morning My beloved students. Are you ready for the awesome day!!

Before we come to our lesson Let's say Basmallah..

BIsmillahirrohmannirrohiim.

Sebelum kita mulai pembelajaran sudahkah anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat surat pendek nya? Jikalau sudah Alhamdulilah..

Kemarin kita sudah mempelajari tema 8 subtema 1 pembelajaran 1-5 dimana kita sudah mengetahui tentang kebersamaan. Dan hari ini kita masuk ke pembelajaran tema 8 subtema 1 pembelajaran 6

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out

Video pembelajaran


 

Materi Pembelajaran

Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!

1. Naik apa tadi ke sini?

2. Siapa saja yang diundang Udin?

3. Pukul berapa acaranya dimulai?

4. Di mana ibu guru, ya?

5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum  saja dulu?  

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya,

bukan?

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

 

Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah. Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.

Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.

 

Ada bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?

Sehari semalam ada 24 jam.

Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.

 



 TUGAS

Hari ini kita akan melaksanakan ulangan tema 8 subtema 1 

silahkan klik link dibawah ini ya..

https://forms.gle/2QUVhM6JYHEJq5g9A

Selamat mengerjakan anak soleh soleha, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan


 

Kamis, 15 April 2021

Kamis, 15 April 2021

 MATERI AJAR

Hari/Tanggal

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 6


Tujuan Pembelajaran

1.Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan  isi teks permintaan maaf dalam  menjaga kerukunan hidup dalam keluarga dengan bahasa yang santun.

2.Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis, siswa dapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.

3. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam dengan menggunakan satuan waktu (jam, menit) dengan teliti.

4.Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.

Video pembelajaran

https://youtu.be/-oSvLcd4DQk

Materi Pembelajaran

Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!

1. Naik apa tadi ke sini? 

2. Siapa saja yang diundang Udin? 

3. Pukul berapa acaranya dimulai? 

4. Di mana ibu guru, ya? 

5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum  saja dulu?   

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, 

bukan? 

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.




Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah. Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.

Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.



Ada bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?

Sehari semalam ada 24 jam.

Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.

Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.






TUGAS!






Jumat, 09 April 2021

Jum'at, 9 April 2021

 MATERI AJAR


Hari/Tanggal

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 5


Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Dengan tanya jawab, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukankegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.


Kompetensi Dasar

PKn

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.

Bahasa Indonesia

3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.


Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=sj0oTUhjV0A


Materi ajar

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan

tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.




Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman

berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet

untuk mengalirkan airnya?

3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?

4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan

sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan

tanda tanya (?).

Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan

bagaimana pada kalimat tanya.


TUGAS :


buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya :

mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

Selasa, 06 April 2021

Rabu, 7 April 2021

 MATERI AJAR

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 3&4


Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.

Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.

Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.

Video pembelajaran

https://youtu.be/V6_prTkMUiY

https://youtu.be/QvugJ4_OvHo


Materi ajar 

Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan benar! 

1. Kalau terjatuh bisa terluka. 

2. Jam dindingnya pun bisa pecah. 

3. Iya Ayah, saya akan berhati-hati.

4. Duri dan pecahan kaca bisa saja terinjak kalau tidak berhati-hati.

5. Kami akan berhati-hati.

6. Kami juga tidak akan bermain jauh-jauh. 

7.Hanya di sekitar rumah saja.

Tanda titik (.) selalu dibubuhkan di setiap akhir kalimat.


Perhatikan teks lagu “Lonceng Ayah” berikut ini!



Lagu “Lonceng Ayah” harus dinyanyikan dengan nada yang tepat. 

Nada harus dibunyikan sesuai dengan panjang pendeknya. 

Panjang pendek nada dapat dihitung. 

Satuan hitungnya berupa ketukan. 

Ketukan itu teratur.





Tanda “ > ” berarti tekanan nada dari kuat perlahan-lahan melemah.

Tanda “ < ” berarti tekanan nada lemah.






TUGAS




Selasa, 6 April 2021

 MATERI AJAR


Hari/Tanggal

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 2


Tujuan Pembelajaran

Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan benar.

Dengan tanya jawab, siswa dapat memberikan contoh kegiatan bermain yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.


Kompetensi Dasar

PKn

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.

Bahasa Indonesia

3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.


Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=nHhUCV7EN5c


Materi ajar

Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan bagaimana cara binatang berjalan. Mereka akan bermain di halaman rumah Udin.

Akan tetapi, halaman rumah Udin masih kotor. Halaman rumah Udin perlu dibersihkan.


Setelah dibersihkan. Halaman rumah terlihat bersih dan aman untuk bermain.


Udin dan teman-teman berbeda agama. Mereka selalu hidup rukun walaupun berbeda agama.

Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keberagaman. Sikap mereka pantas untuk ditiru.

Tahukah kamu contoh kegiatan bermain lainnya yang membutuhkan persatuan?





Masih ingatkah kamu penggunaan huruf kapital? Huruf kapital dikatakan juga sebagai huruf besar.

Perhatikan penggunaan huruf kapital pada kalimat-kalimat berikut!

Aku, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air.

Kata Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani selalu diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.

Setiap awal kata nama orang harus ditulis dengan huruf kapital.










TUGAS :

1.Susunlah kalimat di bawah ini dengan tepat!


             

            

Senin, 05 April 2021

Senin, 5 April 2021

 MATERI AJAR


Hari/Tanggal

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran : 1 


Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.

Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.

Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.


Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.

Matematika

3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP

3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.


Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=ZMsf1Y3AVFA


Materi ajar

Udin anak yang taat pada aturan. Setiap melakukan kegiatan selalu diatur menggunakan jadwal.

Setiap kegiatan dilakukan dengan tepat waktu.



Pukul berapa Udin sarapan pagi?

Pukul berapa Udin berangkat sekolah?

Pukul berapa Udin pulang sekolah?

Perhatikan gambar jam di bawah ini!





Coba baca kembali teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan teliti! Setiap kata “Tuhan” selalu ditulis dengan huruf besar. Huruf besar disebutkan juga dengan huruf kapital.

Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!

1. Berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang

dianut.

2. Setelah makan, berdoa kepada Tuhan sesuai

ajaran agama yang dianut.

Huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Tuhan.

Kata ganti Tuhan yang sering digunakan, misalnya:

1. Yang Maha Esa,

2. Yang Mahakuasa,

3. Yang Mahabesar,

4. Yang Maha Pengasih,

5. Yang Maha Penyayang, dan sebagainya.






TUGAS :



Kamis, 01 April 2021

Kamis, 1 April 2021

 MATERI AJAR


Hari/ tanggal : Kamis, April  2021

Kelas / Semester : II (Dua) / 2

Tema :  Kebersamaan

Sub Tema 4 :  Kebersamaan di tempat wisata

Pembelajaran : 5


TUJUAN 

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menemukan kata sapaan dalam percakapan.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dengan bahasa lisan.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menirukan kata sapaan dalam percakapan secara lisan.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam percakapan dengan ejaan yang benar.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu memperbaiki kata sapaan yang telah dikoreksi.

Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu membacakan kembali kata sapaan yang telah diperbaiki dengan bahasa yang santun.

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik masing-masing teman sekolah.

Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

KD

Bahasa Indonesia,(3.9,4.9) PPKn(3.3,4.3)


Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=CAOC6KiMsqo











Senin, 15 September 2025

  Pendidikan Pancasila بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Senin, 15 September 2025 Sekolah                   : SD ...