MATERI AJAR
Hari/Tanggal :
Kelas/Semester : II (Dua) / 2
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 5
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Dengan tanya jawab, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukankegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.
Kompetensi Dasar
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
Video pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=sj0oTUhjV0A
Materi ajar
Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan
tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.
Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman
berikut dengan benar!
1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet
untuk mengalirkan airnya?
3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
4. Siapa yang punya?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan
sesuatu.
Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan
tanda tanya (?).
Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan
bagaimana pada kalimat tanya.
TUGAS :
buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya :
mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar