MATERI AJAR
Hari/Tanggal :
Kelas/Semester : II (Dua) / 2
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub Tema 1 : Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Video pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=ZMsf1Y3AVFA
Materi ajar
Udin anak yang taat pada aturan. Setiap melakukan kegiatan selalu diatur menggunakan jadwal.
Setiap kegiatan dilakukan dengan tepat waktu.
Pukul berapa Udin sarapan pagi?
Pukul berapa Udin berangkat sekolah?
Pukul berapa Udin pulang sekolah?
Perhatikan gambar jam di bawah ini!
Coba baca kembali teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan teliti! Setiap kata “Tuhan” selalu ditulis dengan huruf besar. Huruf besar disebutkan juga dengan huruf kapital.
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1. Berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang
dianut.
2. Setelah makan, berdoa kepada Tuhan sesuai
ajaran agama yang dianut.
Huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Tuhan.
Kata ganti Tuhan yang sering digunakan, misalnya:
1. Yang Maha Esa,
2. Yang Mahakuasa,
3. Yang Mahabesar,
4. Yang Maha Pengasih,
5. Yang Maha Penyayang, dan sebagainya.
TUGAS :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar