Metode pembelajaran : Cooperatif learning dengan media video pembelajaran
Tujuan Pembelajaran 1 :
1. Dengan membaca bacaan, siswa dapat menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.
2. Dengan menggunakan model tata surya yang sudah dibuat, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.
3. Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.
Tujuan Pembelajaran 2 :
Dengan menentukan faktor-faktor pembeda antara planet dalam dan planet luar, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik dari planetplanet di dalam tata surya kita. 2. Dengan bekerja sama membuat model tata surya dengan menggunakan balon, siswa dapat menampilkan model tata surya yang lebih detail sesuai dengan posisinya dari sabuk asteroit. 3. Dengan membaca isi surat tentang Tempat Tanpa Bayangan, siswa dapat menentukan unsur-unsur intrinsik cerita dan menceritakan pengalaman pribadi pada saat berada di tempat wisata. 4. Dengan berdiskusi tentang jenis-jenis patung konstruksi, siswa mencari informasi untuk menganalisis tema, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung konstruksi.
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 9 Subtema 2 di pembelajaran 5 dan 6, hari ini kita akan belajar tentang perbedaan planet dalam dan luar serta karya seni patung di pembelajaran 1dan 2 di subtema 3 ya nak
Perhatikan video pembelajaran berikut ini:
Ringkasan Materi:
Muatan Pembelajaran IPA KD 3. 7
Pengelompokkan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi
Penemuan Bidang Astronomi
Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3. 10
Menuliskan Pengalaman Pribadi Yang Mirip dengan Cerita Fiksi
Muatan Mata Pelajaran SBdP KD 3. 4
Mengenal Seni Patung dan Contohnya
Contoh soal
Asteroid sering disebut dengan .., (planetoid)
meteor merupakan contoh dari ... ( benda langit)
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Susunan Matahari sebagai pusat yang dikelilingi planet disebut ....
a. galaksi
b. alam semesta
c. rasi bintang
d. tata surya
2. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet ....
a. Yupiter
b. Mars
c. Neptunus
d. Uranus
3. Planet terbesar dalam tata surya kita adalah ....
a. Yupiter
b. Bumi
c. Venus
d. Mars
4. Urutan planet setelah Saturnus adalah ....
a. Mars
b. Yupiter
c. Merkurius
d. Uranus
5. Perhatikan ciri-ciri planet berikut ini!
√ Tampak bercahaya terang.
√ Paling dekat dengan Bumi.
√ Sering disebut bintang timur.
Planet yang memiliki ciri tersebut adalah planet ....
a. Merkurius
b. Venus
c.. Mars
d. Yupiter
6. Nama lain dari bintang berekor adalah ....
a. tata surya
b. planet
c. venus
d. komet
7. Alat untuk mengamati benda langit disebut dengan ....
a. stetoskop
b. teleskop
c. barometer
d. mikroskop
8. Amati gambar berikut!
Benda langit yang ditunjukkan oleh nomor (1) dan (2) adalah ....
a. Bumi dan Mars
b. Venus dan Mars
c. Merkurius dan Bumi
d. Jupiter dan Neptunus
9. Meteor yang jatuh sampai ke permukaan Bumi disebut ....
a. bintang jatuh
b. meteor jatuh
c. meteoroid
d. meteorit
10. Seorang astronom dan kosmolog yang dianggap sebagai satu di antara astronom terpenting sepanjang masa adalah ....
a. Nicolaus Copernicus
b. Johannes Kepler
c. Niclas Kopernik
d. Edwin Hubble
11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) disebut sebagai planet kecil,
(2) merupakan kumpulan batuan yang ukurannya berbeda-beda mengelilingi matahari, dan
(3) berada di antara orbit Mars dan Yupiter.
Benda langit yang memiliki ciri-ciri seperti pada pernyataan-pernyataan tersebut adalah ....
a. komet
b. satelit
c. bintang
d. asteroid
12. Arah ekor komet adalah ....
a. sejajar Matahari
b. tegak lurus Matahari
c. menjauhi Matahari
d. mendekati Matahari
13. Nicolaus Copernicus adalah seorang ilmuwan yang telah mengubah cara manusia melihat alam semesta. Teorinya yang mengatakan bahwa bumi dan planet-planet lain mengitari Matahari. Nama teori Nicolaus Copernicus adalah ....
a. Teori Niclas Kopernik
b. Teori Copernicus
c. Teori Heliosentris
d. Teori Hukum I Kepler
14. Permukaan Bulan yang mendapat cahaya Matahari membelakangi Bumi sehingga Bulan tidak terlihat dari Bumi dengan mata telanjang. Keadaan ini terdapat pada fase ....
a. bulan mati
b. bulan purnama
c. bulan cembung
d. bulan separuh
15. Planet yang merupakan kelompok asteroid adalah ....
a. Merkurius, Venus, dan Bumi
b. Yupiter, Saturnus, dan Uranus
c, Juno, Vesta, dan Pallas
d. Yupiter, Bulan, dan Matahari
16. Satelit Miranda, Ariel, dan Umbriel merupakan nama satelit yang dimiliki oleh planet ....
a. Mars
b. Jupiter
c. Uranus
d. Neptunus
17. Planet yang dikenal sebagai planet pembuat ulah, karena sering meninggalkan garis edarnya adalah ....
a. Saturnus
b. Uranus
c. Neptunus
d. Bumi
18. Planet Saturnus terletak di antara ....
a. Mars dan Bumi
b. Venus dan Mars
c. Yupiter dan Uranus
d. Merkurius dan Bumi
19. Berikut ini yang termasuk kelompok planet dalam adalah ....
a. Merkurius dan Venus
b. Venus dan Mars
c. Mars dan Yupiter
d. Venus dan Uranus
20. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan manfaat satelit buatan adalah ....
a. merekam dan mengirimkan informasi cuaca
b. membawa astronot ke atau dari ruang angkasa
c. memperluas jangkauan komunikasi
d. membantu pemetaan kandungan sumber alam
kesimpulan
kita telah belajar tentang
pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang perbedaan planet dalam dan luar, seni patung. Dari 24 siswa kelas 6A, 3 siswa belum memahami materi yang disampaikan (1 siswa tidak hadir, 2 siswa belum paham). Guru memberikan tugas tambahan kepada siswa yg belum paham untuk membaca kembali materi yg sudah diberikan guru ketika sampai dirumah dan akan ditanyakan kembali esok harinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar