Hari/Tanggal : Selasa, 30 Juli 2024
Mapel : Tematik
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2 : Hewan sahabatku
Pembelajaran : 2 & 3
Muatan Pelajaran : PKN (KD. 3.1) , SBDP (KD. 3.4) & B. indonesia (KD 3.1) , IPA (KD. 3.1)
Good morning soleh solehah kelas VIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2024/ 2025 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 1 kemarin? bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang perkembangbiakan hewan, dan juga mengenal berbagai bentuk ekonomi di negara asean.
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 2 ini kita akan mempelajari tentang menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar, dan membandingkan perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.
RINGKASAN MATERI
Mari kita simak video berikut ini.
PERBEDAAN PERKEMBANGBIAKAN HEWAN & TUMBUHAN
Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam
kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan
dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.
2. bermusyawarah,
3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.
LATIHAN
Kerjakan soal di bawah ini dan pilihlah jawaban yang kamu anggap paling benar !
1. Perhatikan gambar berikut ini!
Jenis tumbuhan di atas berkembang biak dengan . . . .
- Spora
- Tunas
- Akar tinggal
- Geragih
No | Nama hewan | Cara berkembang biak |
---|---|---|
1 | Kelinci | Vivipar |
2 | Penyu | Vivipar |
3 | Kelelawar | Ovipar |
4 | Jangkrik | Ovipar |
5 | Kadal | Ovovivipar |
6 | Ular | ovipar |
- 1, 3, 4, 5
- 1, 4, 5, 6
- 2, 3, 5, 6
- 3, 4, 5, 6
- Perhatikan gambar berikut ini
Cara perkembangbiakan vegetatif alami kedua tumbuhan tersebut secara berurutan yaitu ...gambar 1 gambar 2 - Umbi lapis dan tunas
- Tunas dan akar tinggal
- Tunas dan umbi batang
- Akar tinggal dan geragih
- Perhatikan gambar hewan di samping!
Hewan di atas berkembang biak dengan cara . . . . - membelah diri
- B. tunas
- C. fragmentasi
- bertelur
- Bawang, lengkuas, jambu, ubi
- Tebu, singkong, mangga, rambutan
- Ubi, bawang, mangga, kunyit
- Kentang, ubi, bawang, pisang
A. Sila 5
B. Sila 4
C. Sila 3
D. Sila 2
7. Melakukan rapat untuk mengatur rencana kerja bakti mencerminkan nilai dalam sila keempat Pancasila, yaitu . . .
A. Toleransi antar umat beragama
B. Musyawarah untuk mufakat
C. Persamaan derajat
D. Bersikap adil
8. Hubungan simbol sila keempat Pancasila dengan makna silanya adalah . . .
A. Sifat banteng yang gemar berkumpul diibaratkan seperti rakyat Indonesia yang gemar bermusyawarah
B. Sifat banteng yang mencari makan secara berkelompok diibaratkan dengan kelompok suku bangsa yang ada di Indonesia
C. Kekuatan banteng sebagai hewan diibaratkan dengan semangat juang bangsa Indonesia dalam melawan penjajah
D. Kemampuan banteng untuk mencari makan diibaratkan sebagai kekayaan alam bangsa Indonesia yang melimpah
9. Kelas Rana mengadakan musyawarah. Setiap siswa boleh menyampaikan pendapatnya. Rana sedang menyampaikan pendapatnya. Pendapat Rana berbeda dengan pendapat Evan. Sikap Evan sebaiknya . . .
A. Meminta Rana diam
B. Memotong pembicaraan Rana
C. Meninggalkan ruang kelas karena kesal
D. Mendengarkan hingga Rana selesai berbicara
10. Manfaat mengambil keputusan kelompok melalui musyawarah adalah . . .
A. Tercapainya keputusan yang disetujui bersama
B. Keputusan terpaksa diterima oleh seluruh anggota kelompok
C. Berkurangnya tugas ketua kelompok dalam mengambil keputusan
D. Tidak semua anggota kelompok harus melaksanakan hasil keputusan
Evaluasi & Refleksi
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib.
Kesimpulan
Alhamdulillah untuk pembelajaran hari ini, sebagian besar siswa sudah memahami materi yg disampaikan, terlihat saat review materi semua siswa antusias menjawab pertanyaan. Hasil pembelajaran pun sudah banyak yg di atas KKM.
Penutup
Semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran 4&5 ya nak.
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar