About

Senin, 29 Januari 2024

 

Materi Ajar, Senin 29 Januari 2024 (  tema 6 subtema 3 Pb 1)

Welcome to Second Semester TP. 2023/2024

day / Date: : Senin, 29 Januari 2024

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 3 :  Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat

Pembelajaran : 2 dan 3

Muatan Pelajaran :

Bahasa Indonesia 3.8 Mengali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.

IPA 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.

SBdP 3.1 Memahami reklame.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan mengamati reklame, siawa dapat menuliskan isi, tujuan, dan lembaga yang membuat reklame dengan tepat.

2. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat berdiskusi tentang pengertian reklame dengan tepat.

3. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan macam-macam reklame.

4. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menentukan gagasan utama dengan tepat.

5. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menuliskan ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki dan perempuan.

 

Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VIB di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai subtema 2 tentang pelaksanaan tanggung jawab, hari ini kita akan melanjutkan ke materi tema 6 subtema 3 pb 1 tentang  isi, tujuan, dan lembaga yang membuat reklame ya nak :)

Mari kita simak video pembelajaran hari ini 


MATERI

Pagi itu Udin dan teman-teman diminta oleh Pak guru untuk menceritakan pe ngalamannya saat perjalanan menuju sekolah. Udin dan teman-teman bercerita secara bergantian Saat satu anak bercerita, anak lainnya mendengarkan dengan saksama. Tiba saatnya giliran Udin bercerita. Udin bercerita saat perjalanan menuju sekolah melihat beberapa papan reklame yang menarik. Udin melihat reklame yang berbeda-beda. Ada reklame berisi informasi layanan masyarakat. Ada reklame berisi ajakan membangun masyarakat sejahtera supaya negara kuat. Ada juga reklame yang berisi penawaran suatu produk dagang. Apakah yang dimaksud reklame?

 

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan. Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual. Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.



 

 

Ayo Berlatih

Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Setiap paragraf pada bacaan di atas memiliki gagasan utama. Apa gagasan utama pada paragraf pertama? Apa gagasan utama pada paragraf kedua? Apa gagasan utama pada paragraf ketiga? Apakah menurutmu judul dan isi bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan.

 

Latihan Soal

1. Membangun masyarakat yang sehat seharusnya dimulai dari ….

 
 
 
 

2. Berikut ini merupakan contoh lingkungan masyarakat yang tidak sehat, kecuali ….

 
 
 
 

3. Contoh sikap yang perlu dibiasakan untuk membangun masyarakat yang sehat seperti ….

 
 
 
 

4. Dika selesai memakan permen, ia ingin membuang bungkusnya. Namun ternyata ia tidak melihat tempat sampah di sekitar ia berada. Sikap yang sebaiknya dilakukan Dika adalah ….

 
 
 
 

 

5. Jika setiap masyarakat mau bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, maka kebersihan dan kesehatan lingkungan dapat terjaga dengan lebih ….

 
 
 
 


Refleksi & Evaluasi

pada pembelajaran hari ini didapat semua siswa yang sudah dapat mengartikan reklame dan membuatnya.
 
Kesimpulan
pada pembelajaran hari ini kita telah belajar tentang isi, tujuan, dan lembaga yang membuat reklame.
 
Penutup
pembelajaran hari ini kita tutup dengan mengucapkan hamdalah..
alhamdulillahirobbil alamin..
wassalamualikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar Jum'at, 20 September 2024        Welcome to Grade VIA   day / Date:                    : Jumat, 20  September  2024   Less...