About

Jumat, 12 Januari 2024

 

Materi ajar jum'at 12 Januari 2024

 

Welcome to Second Semester TP. 2023/2024

day / Date: : Jum'at,12 Januari 2024

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 1 : masyarakat peduli lingkungan

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran :IPA (KD 3.2); Bahasa Indonesia (KD .3.7) ; SBDP (KD 3.2)

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan judul dan kata  kunci serta isi bacaan dengan tepat.
2. Dengan kegiatan ayo berlatih, siswa dapat menjelaskan cara pengelolaan sampah dengan tepat.
3. Dengan kegiatan menyanyi lagu “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat menyanyikan lagu sesuai interval lagu dengan percaya diri.
4. Dengan kegiatan berlatih tentang interval nada, siswa dapat menjelaskan interval nada dari sebuah lagu dengan percaya diri.
5. Dengan kegiatan berlatih tentang interval lagu, siswa dapat menuliskan interval nada dari sebuah lagu dengan tepat.
6. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan anak perempuan.
7. Dengan kegiatan membaca teks berjudul “Ciri-ciri Masa Puber”, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan.

 

Apersepsi

Good morning soleh solehah kelas VI B di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi tentang hak & kewajiban di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat. 

sekarang kita melanjutkan pembelajaran di pembelajaran 2 tentang menentukan judul dan kata kunci serta isi bacaan dengan tepat.

Mari kita simak video pembelajaran hari ini


Kampung Rawajati

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.


Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik.Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di 

Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut  menjadi penyubur tanah di sekitarnya.

Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besserta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.

Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.

Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian 

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015


Latihan soal

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan? 

Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu!

Yuk diskusi dengan teman sebangku mu!! 

Jawaban :

Judul bacaan tersebut adalah Kampung Rajawati. Kata kuncinya adalah kampung. Isi bacaan tersebut belum sesuai dengan kata kunci yang saya sebutkan karena isi bacaan lebih banyak menggambarkan pengelolaan sampah di kampung tersebut, bukan menggambarkan kampung secara umum.. 

2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!





1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut?Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban : Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan alas kaki.

2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!  

Jawaban ; Ciri-ciri anak pada masa puber. 

Laki-laki : tumbuh rambut pada ketiak dan kem4luan, tumbuh jakun pada leher, suara membesar, dan mengalami mimpi basah.

 Perempuan : p4yud4ra membesar, tumbuh rambut pada kem4luan dan ketiak, p1nggul membesar, dan mengalami menstruasi

Lkpd

Tugas untuk di LKPD nya hanya Memahami bacaan yang terkandung isi cerita tersebut, 

Evaluasi & refleksi

Pada pembelajaran hari ini di pembelajaran 2 sub tema 1 masih 2 anak yang belum memahami isi cerita dikarenakan anak tersebut sedang sakit. Untuk itu harus diadakan bimbingan di luar jam pembelajaran. 

Kesimpulan 

Cara kita menentukan kata kunci dalam setiap paragraf adalah dengan tiga cara untuk menemukan kata kunci dalam paragraf, yaitu:

- Mencari kata yang sering diulang-ulang.

- Menemukannya di dalam ide pokok bacaan. 

- Mencari kata kunci yang sudah diganti kalimatnya atau sinonimnya.

Penutup 

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat

Waalaikumsalam wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...