About

Jumat, 27 Oktober 2023

 Materi Ajar UKG, 27 Oktober 2023

 


Hari/Tanggal: Jumat, 27 Oktober 2023

Kelas            : 6B

Tema             : 3. Penemuan yang mengubah dunia

Subtema        : 3. Ayo Menjadi penemu

Pembelajaran : 1 ; IPA (3.4)

Tujuan           :

1.       1. Setelah melihat video pembelajaran, siswa dapat mengetahui komponen dan fungsi dari rangkaian listrik dengan benar.

2. Setelah melakukan diskusi dan percobaan, siswa dapat membuat rangkain listrik parallel dengan benar.

 

 APERSEPSI

 Apa kabar anak sholeh sholehah 6B? semoga dalam keadaan sehat wal'afiat. 

Kemarin, kita sudah mempelajari materi tentang rangkaian listrik seri pada lampu hias taman, hari ini kita akan melanjutkan materi tentang komponan dan fungsi  rangkaian listrik paralel. simak materi dengan baik ya

 

 

MATERI AJAR

Video Pembelajaran


 

MATERI AJAR:

Untuk komponen rangkaian listrik sederhana yang sering digunakan, adalah: Sumber energi listrik Sumber energi listrik mengalirkan arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif. Contoh sumber energi listrik, baterai, accu, dinamo sepeda, pembangkit listrik, dan lain-lain. Saklar Saklar merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik. Jika saklar tertutup, maka arus listrik akan mengalir. Sebaliknya, jika terbuka, maka arus listrik tidak akan mengalir. Lampu Lampu berfungsi mengubah energi listrik menjadi cahaya. Energi cahaya

lampu juga menghasilkan energi panas. Contohnya pada lampu pijar yang menggunakan filamen tungsten. Kabel Kabel berfungsi untuk mengalirkan arus listrik. Kabel jenis NYM sering digunakan pada instalasi listrik rumah dan gedung. Dudukan atau fitting lampu Merupakan alat yang digunakan untuk memasang lampu. Dudukan lampu mempunyai banyak jenis, hal ini disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan lampu.

 

 



Dalam lampu lalu lintas, hanya ada satu lampu yang menyala pada satu waktu. Misalnya, ketika lampu merah menyala, maka sakelar pada lampu hijau dan lampu kuning harus ditekan untuk memutus listrik dan mematikan kedua lampu tersebut.

Dalam rangkaian lampu lalu lintas yang sederhana, sakelar dapat ditekan secara manual. Namun pada lampu lalu lintas yang asli, pengaturan nyala lampu oleh sakelar dilakukan secara otomatis.

 

Contoh soal:

1. Apa saja komponen pada rangkain listrik paralel?

   Jawab : Baterai, Saklar, Kabel dan Lampu

 

Evaluasi

Kerjakan soal pada link Google form di bawah ini ya

Link Google Form

Link Google Form Soal 


Kesimpulan

Alhamdulilah materi listrik paralel sudah kita pelajari diantaranya tentang komponen listrik dan cara membuat lampu lalu lintas. dari 21 siswa 90% siswa sudah memahami materi.


Penutup

Materi rangkaian listrik sudah kita pelajari, untuk materi selanjutnya kita akan masuk pada tema 3 subtema 3 pembelajarn 2 tentang ASEAN.

Buguru tutup materi hari ini Assalamualaikum, Wr.Wb.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar Jum'at, 20 September 2024        Welcome to Grade VIA   day / Date:                    : Jumat, 20  September  2024   Less...