Welcome to Grade VI B
Lesson : Tematika
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Muatan Pelajaran :Pkn (3.1) dan B.Indonesia (3.1)
Good morning soleh solehah kelas VIB SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2023/ 2024 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 5 kemarin?
bagus sekali,
kemarin kita telah belajar tentang karakteristik
geografis dan kehidupan
sosial budaya, ekonomi,
politik di wilayah ASEAN.
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 6 ini kita akan mempelajari tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN.
RINGKASAN MATERI
Ayo Membaca
• Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
• Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.
Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua. Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau. Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.
• Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.
• Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu, mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.
• Kesimpulan dan komentar terhadap kesimpulan teman disampaikan kepada guru
Ayo Berkreasi
• Siswa mengambil komik yang belum selesai.
• Guru menginformasikan kepada siswa untuk menyelesaikannya.
• Guru dapat memberikan motivasi atau bantuan apabila dibutuhkan. Guru dapat memastikan bahwa komik yang dibuat sudah sesuai dengan rubrik yang disampaikan di hari sebelumnya.
• Setelah selesai dengan komiknya, siswa dapat menukarkannya kepada
teman kelompoknya.
Latihan Soal
1. Di bawah ini yang bulam termasuk cara membuat kesimpulan yang baik adalah ….
a. membaca teks dengan seksama
b. membaca teks dengan sekilas
c. menyimpulkan isi cerita
d. mencatat pokok pokok pikiran di tiap paragraf
Jawaban: membaca teks dengan sekilas
2. Di bawah ini yang termasuk ciri ciri kesimpulan yang baik, kecuali ….
a. dibuat berdasarkan ide pokok
b. berbeda dengan isi bacaan
c. berisikan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
d. berisikan inti sebuah teks
Jawaban: berbeda dengan isi bacaan.
3. Tidak memaksakan kehendak dalam mengikuti musyawarah termasuk contoh sikap pengamalan nilai pancasila terutama sila yang ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
Jawaban: keempat.
4. Berikut ini contoh sikap yang mencerminkan pengamalan pancasila sila ketiga adalah….
a. membantu orang yang sedang mengalami kesusahan
b. lebih mengutamakan produk dalam negeri
c. memberi kesempatan pemeluk agama lain beribadah dengan khusu’
d. berlaku hemat dalam kehidupan sehari hari
Jawaban: lebih mengutamakan produk dalam negeri.
5. Sikap yang perlu diperhatikan ketika menyampaikan sebuah pendapat di dalam musyawarah adalah
a. memaksakan kehendak kepada orang lain
b. mengemukakan pendapat dengan sopan dan jelas
c. memotong pembicaraan orang lain
d. marah marah ketika pendapat kita tidak disetujui
Jawaban: mengemukakan pendapat dengan sopan dan jelas.
Kesimpulan:
B.Indonesia
Agar dapat membuat kesimpulan yang baik, maka ada beberapa langkah yang harus dilalui:
- Membaca teks bacaan dengan teliti
- Menentukan kalimat utama paragraf
- Menentukan ide pokok paragraf
- Menentukan informasi penting kalimat penjelas setiap paragraf
- Menyusun ide pokok dan informasi penting kalimat penjelas menjadi kesimpulan paragraf
PKN
Tiga contoh penerapan sila sila Pancasila terhadap pelestarian hewan dan tumbuhan yaitu :
Menyayangi makhluk ciptaan tuhan (sila ke 1).
Mempunyai rasa kemanusiaan untuk merawat dan menjaga hewan dan tumbuhan (sila ke 2).
Menjunjung tinggi persatuan dengan mengenal setiap hewan dan tumbuhan (sila ke 3).
Penutup
semoga bermanfaat, besok kita bertemu lagi pada pembelajaran selanjutnya ya nak.
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar