Hari/Tanggal : Senin, 25 Mei 2022
Kelas : 3
Tema : 8 ( Praja Muda Karana )
Subtema : 3 ( Aku Suka Bertualang )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
PPkN Kd 3.1
Bahasa Indonesia Kd 3.9
Matematika Kd 3.13
SBdP Kd 3.1
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada lambang negara “Garuda Pacasila” dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga
kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh
kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah
sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa
untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan
tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan
jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪
Apersepsi : Alhamdulillah hari ini kita masuk ke tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dab 2 tentang rambu -rambu lalu lintas
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪
Aku
anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke
mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka
mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.
Mengunjungi
berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang
sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam
yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda
cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan
kegiatan yang mengasyikkan.
Mari kita
bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang
juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat
bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati
peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan.
Ayo Membaca
Hari
ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu
tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari
jejak.
Udin memperhatikan tanda yang sudah
disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera
kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri.
Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna
hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.
Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.
Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang
seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan
dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka
juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan
patuh pada peraturan.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.
Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!
Ada
banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor. Ada juga
sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas.
Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi.
Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di
perjalanan.
Hiasan
pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik
dan ada juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik
sebagai berikut!
Tugasmu!
Gambarlah dan Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!
Beri warna yang sesuai pada simbol-simbol berikut!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar