day / Date: :Senin, 21 Oktober 2024
Lesson : Tematik
Tema 5 :Wirausaha
Muatan Pelajaran : IPS (KD 3.3), IPA (KD 3.5) dan Bahasa Indonesia (KD 3.6)
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar
2. Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci
3.Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat
Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kalian telah menyelesaikan PTS GAnjil selama 1 minggu yang lalu, semoga hasil yang kalian kerjakan dengan sungguh-sungguh kemarin sangat memuaskan ya nak.
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 1 & 2 di Tema 5 Subtema 1 kita akan mempelajari tentang Wirausaha.
Mari kita simak materi pembelajaran hari ini
RINGKASAN MATERI
Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN
Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.
Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.
Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.
Terdapat juga anjungan
khusus yang dikelola oleh
sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini.
Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk
wirausaha dari tiap negara.
Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.
Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.
Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer,
di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh ia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.
Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.
Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.
Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi
antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia.
Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam
bentuk peta pikiran.
Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu
agar lebih memahami materi tentang magnet, yuk perhatika video berikut ini
Apakah kamu masih ingat berbagai lomba dalam pameran negara-negara ASEAN?
Sebagai syarat untuk mengikuti lomba, kamu harus mengisi formulir pendaftaran.
Amati dan baca contoh-contoh formulir berikut.
Formulir A
latihan Soal
1. Salah satu peran Indonesia dalam bidang ekonomi ASEAN adalah ….
a. Sebagai negara dengan pendapatan tertinggi di ASEAN
b. Sebagai negara penyedia cadangan pangan di ASEAN
c. Sebagai negara pengatur kebijakan ekonomi ASEAN
d. Sebagai pengekspor hasil industri terbesar di ASEAN
2. Kerja sama antar negara ASEAN dalam bidang olahraga adalah dengan diadakannya ….
a. Asian Games
b. PON
c. Olimpiade
d. Sea Games
3. ASEAN Urea Project merupakan kerja sama negara-negara ASEAN dengan mendirikan pabrik pupuk yang berlokasi di negara ….
a. Indonesia
b. Malaysia
c. Filipina
d. Thailand
4. Setiap magnet mempunyai dua bagian yang sangat kuat gaya magnetnya, bagian tersebut dinamakan ….
a. Pusat magnet
b. Kutub magnet
c. Arus magnet
d. Magnetik
5. Benda yang dapat ditarik oleh magnet juga disebut dengan istilah ….
a. Feromagnetik
b. Diamagnetik
c. Isomagnetik
d. Non Magnetik
6.Salah satu pemanfaatan magnet jarum adalah pada alat ….
a. Kompas
b. Gagang pintu
c. Jarum jam
d. Tapal kuda
7. Di bawah ini merupakan data-data yang biasanya terdapat dalam formulir, kecuali ….
a. Nama lengkap
b. Jenis kelamin
c. Alamat
d. Jenis rambut
8. Cara mengisi formulir yang baik dan benar adalah ….
a. Mengisi dengan jujur sesuai yang sebenarnya
b. Mengisi dengan dilebih-lebihkan agar nampak hebat
c. Cukup mengisi nama dan tanggal lahir saja
d. Mengisi bagian yang disukai saja
9. Agar pengisian formulir tidak terjadi kesalahan, maka pada formulir diberikan ….
a. Tanda tangan
b. Materai
c. Penghapus
d. Petunjuk pengisian
10.Formulir memuat data-data identitas diri yang bersifat ….
a. Lucu
b. Penting
c. Rahasia
d. Jelas
KEsimpulan
dari pembelajaran hari ini di tema 5 subtema 1 telah didapat sekitar 3 orang siswa yaitu 15 % dari 20 orang jumlah siswa 6A yang beum dapat memahami tetnang medan magnet. dan hari ini telah diberikan pelajaran tambahan sebagai bimbingan untuk siswa tersebut.
PEnutup
besok kita akan melanjutkan pelajaran di pembelajaran 2 & 3 ya nakk,, semoga tetap selalu semangat dan rajin sholatnya,
Sekian untuk pembelajran hari ini semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar